3905
  2017-05-29       i.ytimg.com

Tips Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Punya target khatam berapa kali di bulan Ramadhan ini, Moeslemates? Yuk ikuti tips berikut ini agar kamu dapat menjalani Ramadhan dengan penuh berkah.

Indah Gumala Andirasdini 147 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Tau kan bahwa Ramadhan adalah bulannya Al-quran ? diturunkan pada satu malam kemuliaan, yaitu malam lailatul qadar. Jadi ga heran kalo di bulan Ramadhan banyak kita mendengarkan lantunan Al-quran di mesjid, rumah, pun kantor. Yang menjadi heran adalah terasa sunyi nya Ramadhan saat lantunan Al-quran tak terdengar dan tak terucapkan dari bibir ini (*hiks T,T). Setiap kita pasti punya targetan sendiri untuk tilawah di bulan Ramadhan. Menghatamkannya menjadi level yang paling sering kita dengar, apalagi jika ada yang menambah hafalannya yah (MasyaAllah :D)

Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-quran pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar. (QS.Al-Qadr: 1-5)

Nah, saat Ramadhan ini adalah momen yang tepat untuk meningkatan intensitas kita dengan Al-quran nih moeslemates. Bagaimana tidak, untuk satu huruf Al-quran aja kita mendapat 10 kebaikan disisi Allah, apalagi kalo ditambah dibacanya dibulan Ramadhan yah, beratus-ratus kali lipat pahala yang akan didapatkan :") :")

Setiap amal anak Adam selama Ramadhan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat bahkan sampai tujuh ratus kali lipat Allah berfirman, " Kecuali puasa, ia adalah untuk-Ku dan Aku langsung yang akan memberikan pahala untuknya. (HR-Muslim)

Agar menguatkan tekad moeslemates kenapa sih kita harus baca qur'an, referensi keutamaan membaca Al-quran berikut bisa moeslemates baca-baca lagi nih

Next, yuk "berani" menghatamkan Al-quran. Kenapa "berani" ? masak buat nambah tabungan diakhirat kita ga berani sih, hayoloo...

Jadi apa nih yang perlu kita rancang agar khatam qurannya berjalan sesuai target, berikut tips yang bisa moeslemates coba dan sesuaikan :

Tuliskan Target Khatam

Source: pusatgratis.com/wp-content/uploads/2012/06/wishybox.jpg

satu kali, dua kali atau lima kali ? Adalah point yang paling awal direncanakan, tuliskan targetmu dan realisasikan. Jangan sampai hanya berkeinginan tapi tak dijalankan huhuu. Tahap awal yang terpenting disini adalah kuatkan tekad. Dari tekad yang kuat, insyAllah akan selaras dengan realisasi nanti.

Gandeng Teman Setargetan

Teman menjadi sarana pendukung dalam meningkatkan motivasi kita, reminder, dan saling mendukung untuk menghatamkan Al-quran.

Motivasi dalam "berlomba-lomba dalam kebaikan", apalagi buat moeslemates yang punya tipe kepribadian "ga mau kalah" dengan orang lain, tips ini akan membantu. Ga harus teman sebaya kamu lho, siapapun bisa digandeng, adik, kakak, ibu, ayah, tetangga misalnya (*tapi jangan gandeng yang belum halal yaah, upss)

Istiqomah Tilawah Setelah Shalat

Ini nih yang sering terabaikan. Trik dan tips seperti ini sangat membantu moeslemates sebenarnya agar membaca Al-quran terasa ringan. Misalnya saja untuk mengkhatamkan 1 kali Al-quran, berarti satu hari kita harus menghatamkan 1 juz, dan satu juz ternyata bisa kita baca cukup baca dua lembar loh, tetapi di setiap waktu shalat (Shubuh dua lembar, dzuhur dua lembar pun begitu sampai isya dua lembar). Jika dibandingkan dengan membaca nya sehari satu juz sekali duduk, pasti terasa berbeda. Merasa lebih ringan adalah kunci dari tips ini. Karena energi yang dikeluarkan saat membaca sekali duduk 1 juz tentu berbeda/lebih besar jika dibandingkan dibaca dengan cara membaginya, terutama dibaca per-waktu sholat (bener gaa ?)

Source: www.instagram.com/p/BUhqfDlATRT/?taken-by=tadabbur_

Tips Lengkap Biar Lebih Mantap!

Selamat berfastabiqul khairat Moeslemates, :)

Semoga kita menjadi hamba yang dicintai oleh Al-quran ^^

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS