3901
  2017-05-30       expertbeacon.com

5 Menu Favorit Ala Anak Kost Saat Berbuka Puasa

Berbuka puasa adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tidak jarang hidangan puasa terkesan lebih menggiurkan dibanding saat sahur. Meskipun keuangan yang terbatas, anak kost memiliki hidangan yang ekonomis namun tetap menggugah selera loh.

Deane Lene 122 views

1. Air mineral

Berbuka dengan air mineral adalah pilihan pertama bagi para anak kost yang hanya memiliki sedikit waktu antara kegiatannya dan kewajibannya untuk beribadah atau sedang berada dalam perjalanan atau dimanapun saat para anak kost ini tidak sempat untuk menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa.

Air mineral sejatinya adalah air yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah kerusakan organ vital namun sering diabaikan saat berbuka puasa. Meskipun air mineral tidak memiliki rasa namun khasiatnya lebih baik dibandingkan dengan minuman lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika berbuka puasa dengan air mineral sebagai pembukanya.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

2. Teh manis

Source: cdn.brilio.net

Teh manis adalah pilihan kedua bagi para anak kost. Mereka bisa membeli atau membuatnya sendiri. Jika dibandingkan dengan membeli teh yang sudah siap minum setiap kali saat berbuka, anak kost cenderung membeli tehnya saja dan kemudian di seduh sendiri. Selain ditujukan untuk menghemat pengeluaran, menyeduh teh sendiri juga bisa memperhatikan takaran gula sesuai dengan kebutuhan.

Sebagian dari anak kost senang mengkonsumsi teh manis dingin saat berbuka dan adapula yang memilih teh manis hangat. Ada baiknya saat berbuka puasa mengkonsumsi teh manis hangat sebab teh manis hangat mampu menyiapkan lambung setelah seharian kosong saat berpuasa dan rasa manis itu sendiri mampu menguatkan orang setelah seharian berpuasa sehingga teh manis hangat juga mampu meminimalisir terjadinya kram perut atau penyakit pencernaan lainnya.

3. Es buah

Selain menyegarkan, buah-buahan yang terkandung dalam es buah juga menyehatkan. Campuran susu dalam makanan yang satu ini cukup menambah nutrisi untuk tubuh kita setelah seharian berpuasa sehingga tak jarang seseorang akan merasa kenyang setelah mengkonsumsi semangkuk es buah segar ini. Tetapi, sepertinya untuk anak kost mereka tidak bisa merasakan berbuka dengan es buah setiap hari karena selain tidak bisa dibuat sendiri (bagi yang tidak memiliki mesin pendingin) harganya pun cukup menguras kantong.

4. Gorengan

Source: cdn.klimg.com

Gorengan menempati urutan keempat dimana makanan ini bernilai ekonomis dan mengenyangkan. Selain itu gorengan juga bisa dimakan bersama dengan nasi ataupun makanan lainnya. Gorengan yang hangat dengan beragam jenisnya pun membuat makanan yang satu ini selalu diburu oleh anak kost. Meskipun gorengan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menganggu kesehatan terlebih jika kalian mengkonsumsi gorengan bersamaan dengan berbagai macam olahan es tentunya kalian akan mengalami radang tenggorokan di awal pekan puasa.

5. Nasi + lauk-pauk yang menggugah selera

Source: www.getdoc.co

Terakhir, makanan yang satu ini adalah makanan yang hanya akan dipilih oleh anak kost pada minggu pertama dan kedua saja atau minggu ketiga saja. Pemilihan hidangan nasi lengkap bersama dengan lauk pauknya pada minggu pertama sebagian besar didasari pada pola makan yang berubah dan belum terbiasa akan hal itu sehingga kebutuhan makanan dengan porsi cukup banyak menjadi pilihan para anak kost diawal bulan puasa.

Pada minggu kedua bulan puasa, biasanya sebagian besar anak kost sudah mampu beradaptasi dengan pola makan saat berpuasa sehingga pemilihan makan nasi beserta lauk pauknya pun masih dipilih hanya saja porisinya dikurangi.

Pada minggu kedua atau ketiga biasanya para anak kost telah memiliki jadwal tersendiri untuk berbuka puasa bersama dengan teman-temannya di sebuah tempat makan meskipun sudah tidak lagi sangat membutuhkan asupan nasi dan lauk pauknya dalam jumlah besar. Disamping itu juga pada minggu ketiga dan keempat banyak anak kost sudah meninggalkan kamar kost untuk pulang ke daerah asalnya.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS