3900
  2017-05-29       www.adoracommunity.com

5 Makanan Favorit Ala Anak Kost Saat Sahur

Sebagai anak kost, pilihan makanan yang beragam tidak berbanding lurus dengan kondisi uang yang serba pas-pasan untuk tetap bisa bertahan hingga akhir bulan. Berikut 5 jenis makanan favorit ala anak kost yang serig di konsumsi saat sahur selama bulan ramadhan.

Deane Lene 576 views

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa para anak kost ini memiliki budget pas-pasan demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya sehingga meskipun terdapat berbagai macam jenis makanan, mereka akan kembali pada makan yang berbasis ekonomis dan praktis.

Saat bulan puasa, tentnunya merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para anak kost terlebih saat sahur. Jauh dari orang tua merupakan kendala tersendiri bagi mereka sebab sebagian dari anak kost tidak terbiasa dengan bagun malam kemudian menyiapkan kebutuhan untuk santap sahur sendiri dan sebagainya. Terkadang mereka cenderung untuk melewatkan santap sahur karena hal tersebut.

Nah buat kalian para anak kost atau yang baru mulai mandiri, ternyata ada lima jenis makanan andalan yang sering dibuat atau dibeli untuk di konsumsi saat sahur. Berikut lima makanan yang sering di konsumsi anak kost saat sahur.

1. Mie instan

Mie menempati urutan pertama sebagai makanan yang dipilih oleh para anak kost untuk bisa tetap sahur meski hampir mendekati waktu imsak. Selain harganya yang ekonomis, cara pembuatannya pun tergolong sangat praktis. Tetapi sayangnya, mie memang mengenyangkan namun juga cepat menimbulkan rasa lapar di pertengahan hari saat jam berpuasa.

Jadi ada baiknya saat memutuskan untuk memilih mie sebagai menu santap sahur kalian, tambahkan berbagai macam bahan makanan seperti bakso, sayuran, telur dan sebagainya agar rasa kenyang lebih tahan lama dibandingkan hanya mengkonsumsi mie saja. Selain itu kalian juga mendapatkan tambahan nutrisi loh.

2. Makanan siap saji

Pada urutan kedua, makanan siap saji adalah pilihan favorit para anak kost. Mereka hanya perlu memasak nasi saja. Terdapat aneka macam makanan olahan siap saji seperti abon, daging dendeng, keripik kentang dan masih banyak lagi.

Biasanya anak kost memilih jenis makanan ini selain harganya yang murah, rasanya yang enak, cara penyajiannya yang praktis dan tentunya menjadi investasi jangka menengah selama bulan puasa berlangsung sebab makanan jenis ini memiliki daya tahan yang cukup lama dan rasanya tidak berubah sebelum masa kadaluarsanya.

3. Olahan sayuran

Pada urutan ketiga, jenis makanan yang dipilih adalah olahan sayuran. Meskipun membutuhkan waktu khusus untuk menyiapkannya, sayuran tetapi dipilih oleh para anak kost dengan alasan lebih ekonomis. Mereka akan memasaknya atau membelinya di warung makan dekat dengan tempat kost mereka. DIbandingkan dengan harga lauk, sayuran bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah namun jumlahnya cukup banyak dalam satu porsi. Disamping itu, sayuran juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh selama berpuasa.

4. Makanan kaleng dan makanan beku

Source: img.itdg.com.br

Makanan kaleng adalah jenis makanan yang juga dipilih oleh para anak kost untuk memenuhi persediaan bahan makanan selama bulan puasa. Ada beragam jenis pilihan makanan kaleng dengan cara penyajian yang berbeda seperti harus di masak terlebih dahulu, cukup di hangatkan saja atau bisa langsung dimakan.

Perlu di perhatikan bahwa makanan kaleng adalah makanan siap saji yang cenderung basah sehingga tidak menutup kemungkinan timbulnya jamur atau berkembangnya bakteri tidak sehat dalam kaleng. Oleh sebab itu perhatikan tanggal kadaluarsanya saat membeli dan juga saat penyajian. Terkadang makanan kaleng yang belum melewati tanggal kadaluarsa juga memiliki peluang yang besar timbulnya jamur atau bakteri berbahaya bagi kesehatan. Jadi berhati-hatilah saat memilih makanan kaleng sebagai menu pilihan saat santap sahur.

Sedangkan untuk makanan beku, pastikan kalian memiliki mesin pendingin di dalam kamar kost kalian sebab makanan beku ini harus tetap tersimpan dan terjaga pada suhu yang dianjurkan oleh pihak produksi makanan tersebut. Jika suhu yang dianjurkan tidak terpenuhi maka makanan tersebut akan mudah rusak dan kalian membuang uang secara sia-sia.

5. Nasi atau gandum

Source: img.itdg.com.br

Sebagain anak kost telah memahami dan mengetahui bahwa gandum memiliki karbohidrat yang lebih kompleks dibandingkan nasi. Karbohidrat yang kompleks juga berarti mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Cara penyajiannyapun tergolong cukup mudah. Gandum bisa disandingkan dengan susu atau bisa juga menemain lauk-pauk bahkan sayur sekalipun. Jadi dengan kata lain gandum bisa menggantikan posisi nasi sebagai sumber karbohidrat. Selain itu gandum sangat baik untuk kesehatan dan juga menjadi pendukung utama bagi kalian yang sedang diet.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS