3897
  2017-06-03       www.webkesehatan.com

Tips Agar Puasa Tetap Semangat

Ada yang merasa disaat puasa jadi letih, lunglai, loyo dan bawaanya males gerak? Bisa jadi ada yang salah dengan persiapan ramadhan kamu. Ini dia tips agar puasa tetap semangat!

Indah Gumala Andirasdini 75 views

Assalamu'alaykum Moeslemates,

Secara Istilah, berpuasa adalah menahan diri dari makan dan minum dan hal lain yang bisa membuatnya batal, namun bukan berarti puasa menjadikan kita tidak bersemangat karena kurangnya asumsi makanan atau menjadikan rutinitas berkurang. Puasa bukan ajang untuk tidur-tiduran berlama-lama walaupun ada hadist yang mengatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, bukan berarti puasa hanya diisi dengan tidur ya moeslemates.

Jadi, apa nih yang perlu diperhatikan agar saat berpuasa badan kita ga lotoy, hilang nafsu, mager-mageran atau males-malesan ? Ini nih tips-tips yang perlu moeslemates perhatikan :

1. Persiapan jasadiyah (Fisik)

Moeslemates tahu kan ada hadist yang mengatakan bahwa anggota tubuh itu, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain juga ikut merasakan sakit. Dari sini kita sadar bahwa persiapan fisik / jasadiyah merupakan persiapan yang paling penting. Karena fisiklah yang akan menggerakkan, moeslemates tentu ga mau kan aktivitas nya terganggu karena tubuh yang kurang fit. Oleh karena itu, kita perlu fisik yang kuat untuk suplemen ramadhan yang hebat :p

Persiapan jasadiyah ini bisa kita kelompokkan sebagai berikut :

Source: hellohijabers.files.wordpress.com

Sahur dan berbuka dengan makanan yang sehat

Source: www.l-men.com

Pemilihan menu sahur dan berbuka puasa adalah bagian dari persiapan jasadiyah yang menjadi faktor terpenting dalam menjalankan rutinitas selama berpuasa. Terutama dalam berbuka puasa, jangan lah kita berlebihan hingga mengganggu rutinitas ibadah selanjutnya ya moeslemates.

Berikut tips pemilihan menu sahur dan berbuka yang sehat ^^/

Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A’raaf: 31)

Mau tau menu sahur dan buka puasa Rasulullah dulu ?coba baca ini deh..

Berolahraga ? Yupss..

Source: www.muslimarket.com

Kata siapa olahraga disaat puasa malah membuat kita jadi lemes dan capek berlebihan ? Puasa seharusnya tidak menghambat seseorang melakukan olahraga lho moeslemates, cukup olahraga ringan seperti jalan dan jogging selama 20 sampai 30 menit. Olahraga seperti ini bertujuan untuk pemeliharaan tubur agar tetap sehat dan bugar, seminimalnya mampu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot-otot.

Berikut ada tipe-tipe olahraga yang bisa moeslemates lakukan di saat bulan Ramadhan :)

2. Persiapan Rohani (Ma'nawiyah)

Persiapan ruhiyah atau dikenal juga dengan ma'nawiyah juga sangat berperan dalam rutinitas puasa kita. Perlunya capaian-capaian yang perlu kita gapai akan membuat ramadhan memiliki target sehingga muncul motivasi untuk menyelesaikan target. Bagaimana tilwahnya, qiyamul-lail, rawatib, dzikir, tarawih, witir, pun amalan sunnah lainnya.

Source: fadlikadn.files.wordpress.com

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (diatidak berpuasa), maka (wajiblah baginya mengganti), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Baqarah: 185)

Semoga setiap waktu kita bernilai ibadah disisi Allah, dan memperoleh maghfirah di bulan Ramadhan :)

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS