3890
  2017-06-13       abiummi.com

4 Hal Lumrah Yang Terjadi Saat Buka Puasa Bersama

Buka puasa bersama atau yang biasa disebut bukber sudah menjadi tradisi kita setiap datang bulan Ramadhan. Tahukah kamu beberapa hal lumrah yang biasa terjadi saat bukber di bawah ini sebenarnya seharusnya dihindari lho.

Lidya O. 123 views

Bulan Ramadhan yang penuh berkah dimaknai umat muslim di seluruh dunia sebagai bulan pengampunan dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Maka tidak heran banyak dari kita yang sangat tidak sabar menunggu-nunggu kedatangannya. Tapi, sebenarnya apakah kita benar-benar memahami apa itu bulan Ramadhan? Ataukah hanya dijadikan bulannya reuni teman-teman SD, SMP, SMA sampai kuliah dan kerja saat buka puasa bersama?

Berkumpul bersama teman terdekat maupun keluarga saat buka puasa adalah hal biasa yang sudah dianggap sebagai tradisi setiap tahunnya. Apalagi kalau sudah banyak undangan bukber di beberapa tempat dan makanannya enak-enak. Wah, pasti kita juga ikut tergiur ya! Tapi sebenarnya Moeslemates, ada hal yang jauh lebih penting daripada buka puasanya. Dan kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa keempat hal di bawah ini seharusnya tidak dijadikan kebiasaan. Mau tahu apa saja itu? Yuk jabarkan satu per satu.

1. Buka Puasa Bukan Untuk Mengenyangkan Perut

Pernah nggak sih kalian datang ke acara buka puasa bersama tapi makanannya super banyak dan enak-enak banget? Pasti pernah dong! Sebenarnya buka puasa itu bukan bertujuan untuk mengenyangkan perut tetapi membatalkan puasa. Cukup dengan air putih atau teh hangat dan kurma sebenarnya sudah nikmat lho Moeslemates. Karena setelah berbuka kita diwajibkan untuk melaksanakan shalat Maghrib. Nah, ini nih poinnya. Jangan sampai meninggalkan shalat wajib karena alasan buka puasa ya!

2. Buka Puasa Bukan Untuk Ajang Bergosip

Source: www.selipan.com

Biasanya kalau lagi jalan sama teman-teman khususnya yang wanita, pasti nggak jauh deh dari gosip. Sadar atau tidak sadar kita senang membicarakan orang lain baik itu kebaikannya maupun keburukannya. Sebisa mungkin hindari percakapan yang menjurus ke arah gosip saat berbuka puasa ya Moeslemates. Berbincang-bincang apalagi untuk tujuan mengeratkan tali ukhuwah boleh, asal tahu batasannya dan tidak merugikan orang lain.

3. Shalat Tarawih Pun Ditinggalkan

Source: abiummi.com

Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia dihitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya.
Source: HR. Ahmad 5 163

Sayang banget lho Moeslemates kalau kita meninggalkan shalat tarawih hanya untuk alasan acara bukber. Padahal Allah sudah janjikan dan berikan kesempatan kita untuk bisa merasakan nikmatnya beribadah di bulan Ramadhan. Coba deh perhatikan di awal-awal bulan Ramadhan, hampir semua masjid dipenuhi oleh jama'ah. Tapi ini tidak berlangsung lama. Dari hari ke hari bahkan menjelang lebaran, orang-orang yang biasa datang shalat berjama'ah ke masjid makin lama makin sedikit.

4. Terlalu Lelah Karena Acara Bukber, Shalat Isya Ditinggalkan

Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada dalam kedua shalat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak. Sungguh aku bertekad untuk menyuruh orang melakukan shalat. Lalu shalat ditegakkan dan aku suruh ada yang mengimami orang-orang kala itu. Aku sendiri akan pergi bersama beberapa orang untuk membawa seikat kayu untuk membakar rumah orang yang tidak menghadiri shalat jama'ah.
Source: HR. Bukhari No. 657 dan Muslim No. 651 dari Abu Hurairah

Semoga Allah memberikan kemampuan kepada kita yang masih memiliki kebiasaan-kebiasaan kurang baik saat berbuka puasa seperti yang sudah dijabarkan di atas. Tentunya kita ingin kan menjadi pribadi yang lebih baik lagi? Yuk sama-sama kita memperbaiki gaya hidup yang tidak sesuai dengan syariah dan belajar memaknai lebih dalam tentang datangnya bulan Ramadhan.


Shalat Isya sering kita lupakan karena saat sedang berada di luar rumah karena suatu acara, pasti kita lebih memilih untuk melakukannya begitu sampai di rumah. Namun pada kenyataannya, shalat Isya yang dianggap sepele karena waktunya panjang ini justru menjadi salah satu pembeda antara kaum munafik dan kaum mukmin. Walaupun niatnya akan dilakukan sebelum tidur, banyak dari kita yang sudah kelelahan bahkan ketiduran sampai waktu Subuh. Alhasil, kita ketinggalan deh shalat Isyanya. Apakah aktivitas seperti ini yang ingin kita kerjakan selama bulan Ramadhan yang datangnya hanya sebentar dan sekali setahun?

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS