3886
  2017-05-28       keperawatanreligionrismalatifa.wordpress.com

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang Sakit

Sakit merupakan keadaan di mana tubuh bahkan pikiran kita sedang melemah. Moeslemates perlu tahu nih hal-hal apa saja yang wajib dihindari saat sedang sakit.

Lidya O. 78 views

Assalamu'alaikum Moeslemates. Pastinya kita pernah merasakan sakit dong? Baik itu sakit yang ringan maupun sakit yang sampai harus dirawat di rumah sakit. Tapi ada beberapa hal penting yang wajib dihindari lho! Tahu kan Moeslemates kalau bisikan setan itu bisa datang di saat-saat iman atau keadaan tubuh kita sedang tidak baik? Kalau begitu, langsung saja simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Berburuk Sangka Kepada Allah

Kalau lagi sakit, pasti bawaannya pengen marah-marah, kecewa, sebal atau yang semacamnya. Saya pun sering kok merasakan yang seperti ini. Tapi ingat Moeslemates, kita tetap tidak boleh berburuk sangka terhadap apa yang sedang kita alami kepada Allah. Biarpun sakit, anggap itu sebagai hadiah untuk mendapatkan reward, dosa yang diampuni dan cara Allah menegur kita supaya kita tidak 'jatuh' lagi.

Orang yang berbaik sangka kepada Allah, ia tidak akan mudah putus asa. Maka dari itu, berbaik sangkalah kepada Allah karena Rasulullah SAW pun bersabda: Allah berfirman bahwa "Aku sesuai dengan prasangka hamba kepada-Ku, jika ia berprasangka baik, maka aku akan berbuat demikian kepadanya. Jika ia berprasangka buruk, maka aku pun akan berbuat demikian kepadanya."

2. Membuang-buang Waktu

Duh, memang saat sedang sakit pasti kita suka bingung deh mau melakukan apa. Aktivitas pun berkurang karena ketidakmampuan tubuh atau panca indera, dan rasa malas pasti datang dengan sendirinya. Tapi, akan jauh lebih baik jika kita tidak membuang waktu sia-sia untuk hal-hal yang tidak bermanfaat ya Moeslemates. Misalnya, terlalu banyak menonton TV, mendengarkan musik, membaca novel, bermain sosial media, dll. Coba deh isi waktu luangmu saat sakit dengan berdzikir kepada Allah, lebih banyak membaca Al-Qur'an, membaca buku-buku Islam supaya ilmu pengetahuan tentang agama kita pun bertambah.

3. Menyebarluaskan Kabar Sakit

Source: islamidia.com

Menyebarluaskan berita sakit sebenarnya tidak dilarang. Apalagi jika diberitahukan ke keluarga dekat dan teman-teman. Justru ini bermanfaat agar kita mendapat doa dari saudara-saudara kita supaya cepat sembuh. Tapi yang tidak baik adalah terlalu menyebarkan dan mengeluhkannya kepada orang lain maupun di sosial media.

4. Tidak Memperhatikan Kewajiban Menutup Aurat

Bagi muslimah, kewajiban menutup aurat tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jangan hanya karena sedang sakit atau mendapat luka di bagian lengan menjadikan kita tidak menutup aurat. Apalagi, foto luka tersebut diunggah ke sosial media. Pernah saya pun ditegur oleh seorang teman perkara kekhilafan saya mengunggah foto sakit beberapa waktu lalu. Saya pun menyadari bahwa mengeluhkan dan memberitakan semua orang tentang foto sakit membuat seakan-akan ingin mendapat perhatian dari manusia. Tapi jika niatnya untuk memberikan informasi bermanfaat, insyaAllah tidak menjadi masalah besar.

5. Berobat Dengan Yang Haram

Yang terakhir adalah berobat dengan yang haram. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mempercayai dukun, paranormal dan sebagainya sudah termasuk perbuatan syirik. Usahakan untuk selalu berobat ke orang-orang yang terpercaya dan tidak menggunakan alat atau obat yang mengandung unsur haram.


Nah, kira-kira seperti itulah yang bisa saya jabarkan dari kelima poin penting yang harus dihindari saat kita sedang sakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah untuk mendapatkan kesembuhan dari sakit ya Moeslemates. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS