3851
  2017-06-02       sketchesofmine.com

4 Anjuran Berbusana Bagi Muslimah

Disadari atau tidak, para muslimah masih sering melakukan kesalahan dalam berpakaian. Yuk simak 4 anjuran berbusana bagi seorang muslimah!

Fany Darrienda 249 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!
Sehari-hari pastinya kita ingin terlihat oke dalam berpenampilan ya. Tapi ternyata ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dalam berpakaian loh.
Apa aja ya?

Memperlihatkan Bentuk Tubuh

Pernah dengar istilah berpakaian tapi telanjang?
Ya, maksudnya adalah berpakaian tapi memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh.

Islam melarang keras cara berpakaian yang seperti ini.
Ancamannya nggak main-main loh Moeslemates, nggak masuk surga!

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat, satu kaum yang selalu bersama cambuk bagaikan ekor-ekor sapi, dengannya mereka memukul manusia, dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka berjalan dengan melenggak-lenggok menimbulkan fitnah (godaan). Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring. Mereka tidak masuk ke dalam surga. Dan mereka tidak mencium baunya. Dan sungguh bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian” [HR. Muslim]

Tuh kan, jangankan masuk surga, mencium baunya aja nggak.
Nggak mau dong nggak jadi masuk surga cuma gara-gara pakaian?
Lagipula kalau seperti itu namanya bukan menutup aurat tapi membungkus aurat hehe.

Menerawang

Sama seperti poin sebelumnya, memakai baju atau jilbab tapi dengan bahan yang tipis sama aja kayak telanjang! Ups.

Iya dong.
Pakai baju tapi kulit lengannya terlihat karena bahan bajunya bolong-bolong.
Berjilbab tapi rambutnya terlihat saking tipisnya bahan jilbab.
Duh...

Tenang Moeslemates, ada solusinya kok.
Allah kan tidak pernah mempersulit hambaNya.
Kalau bajunya berbahan tipis misalnya dari sifon atau malah bolong-bolong karena terbuat dari brokat, tinggal pakai manset, inner, atau kaos polos saja.
Kalau jilbabnya yang tipis, jilbabnya pakai dua lapis ya agar nggak terlalu tipis.
Mudah kan?

Source: kasturibiru92.blogspot.com

Jilbab Tidak Menutup Dada

Baju tidak longgar, jilbab juga tidak menerawang, tapi pakai jilbabnya masih belum menutup dada. Yah, sama aja dong.

Source: justtrendygirl.com

Nggak tahu kenapa, jilbab yang menutup dada masih dianggap old fashioned atau kesannya emak-emak banget oleh banyak orang.
Padahal dengan berjilbab menutup dada menghindari kita dari pandangan tidak sopan bahkan godaan dari laki-laki iseng dan terhindar dari dosa juga loh, Moeslemates.
Kok bisa terhindar dari dosa juga?
Iya, karena kalau ada laki-laki memikirkan hal yang tidak-tidak tentang kita akibat cara berpakaian kita yang belum benar, kita juga ikut dosa! Naudzubillah.

Source: pinterest.com

"Bajuku kan udah longgar, nggak apa-apa ah jilbabnya nggak menutup dada,"
Eits, hati dan niat seseorang kan nggak ada yang tahu.
Belum jaminan deh pakai baju longgar lalu langsung terhindar dari tatapan iseng.
Agar lebih aman, sebaiknya ditutupi juga ya, Moeslemates.

Jilbab yang menutup dada nggak kuno kok, Moeslemates. Berjilbab yang menutup dada juga masih bisa tampil kece loh. Nih ada tutorialnya.

Source: pinterest.com

Memakai Celana

Ini kesalahan yang sering tidak disadari.
Demi alasan kepraktisan, banyak muslimah memilih menggunakan celana daripada rok dalam kehidupan sehari-harinya.
Baik itu saat bekerja, kuliah, atau hang out.
Memakai rok dianggap ribet.
Padahal nih Moeslemates, dalam Islam muslimah tidak boleh memakai celana karena celana dianggap sebagai pakaian laki-laki sedangkan muslimah juga dilarang bertingkah laku dan berpakaian menyerupai laki-laki.

Nabi SAW bersabda:
"Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita, begitu pula wanita yang menyerupai laki-laki," [HR. Ahmad]

Apalagi, skinny jeans yang masih hits sampai sekarang, sangat dilarang bagi muslimah untuk dikenakan karena memperlihatkan lekuk tubuh.

Fany Darrienda Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mo...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Fany Darrienda
Fany Darrienda
Postgraduate Student | Half-time house-wife | Fulltime mother

no comments

Follow Moeslema on SNS