3811
  2017-05-12       blog.duitpintar.com

Pernikahan Ideal dalam Islam

Setiap pasangan yang sudah menikah terutama yang masih penjajakan tentunya menginginkan pernikahan yang ideal, baik menurut penilaian masing-masing maupun menurut agama. Moeslemates ingin tahu penjelasannya? Yuk kita simak berikut ini;

Fi'it Rachmawati 77 views

1. Pernikahan Ideal: Sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung Miftah Faridl mengatakan, pernikahan yang ideal utamanya harus sesuai dengan ajaran Islam yaitu, yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.

“Salah-satunya seperti harus sesuai dengan rukun pernikahan, yaitu adanya calon pengantin laki-laki dan perempuan, ada walinya, ada dua orang saksi, ada ijab qabul.” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

Source: www.mohlimo.com

2. Pernikahan yang Menambah Ketaqwaan dan Keimanan Kepada Allah S.W.T

Selain itu, pernikahan ideal dalam pandangan islam tentunya yang dapat membawa pasangan suami isteri tersebut bertambah ketaqwaan dan keimanannya kepada Allah S.W.T atau hasanah di dunia dan di akhirat.

“Pernikahan itu harus membuahkan kehidupan yang lebih baik dari sebelum menikah, terutama taqwa dan iman,” katanya.

3. Pernikahan yang Membawa Kebahagian

Lalu, pernikahan ideal menurut islam adalah pernikahan yang membawa kebahagian antara suami isteri tersebut, dan orang tua serta keluarga masing-masing.

4. Pernikahan Ideal, Tidak Ada yang Dipaksa

Kemudian tambah Miftah, pernikahan ideal dalam islam tentu harus memperhatikan syariat salah-satunya masing-masing calon pengantin tidak ada yang dipaksakan atau karena terpaksa.

“Dan calon pengantin pun tidak dalam ihram haji atau umrah, serta calon pengantin pun bukan dalam masa iddah, juga masing-masing pihak tidak dalam ikatan perkawinan dengan orang lain,” tambahnya.

Tidak kalah penting pernikahan ideal pun harus memperhatikan rukun pernikahan pada aspek walinya, yaitu harus beragama Islam, laki-laki, baligh dan berakal bukan hamba sahaya, serta mampu bersifat adil.

“Begitupun dengan para saksi, agama islam jelas mengaturnya sehingga pernikahan yang diwujudkan merupakan pernikahan yang ideal.” tegasnya.

5. Pernikahan Ideal, Baiknya Lakukan Walimatur Urus

Disisi lain, pernikahan ideal dalam islam pun sebaiknya melakukan walimatur urus meskipun hanya memotong seekor kambing saja.


Nah moeslemates, itulah penjelasan pernikahan ideal menurut ajaran agama islam. Semoga setelah penjelasan diatas muslim dan muslimah bisa memahaminya dan mewujudkan pernikahan yang ideal menurut islam. amien amien.

Fi'it Rachmawati Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


no comments

Follow Moeslema on SNS