3765
  2017-05-03       private collection

Pondok Rasamala, Resort Bernuansa Alam Di Kaki Gunung Salak

Tinggalkan rutinitasmu yang padat dan mari menikmati keindahan alam sejenak.

Deane Lene 931 views

Assalamualaikum Moeslemates

Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang terutama bagi para pekerja kantoran, hari libur adalah hari yang sangat berharga dan tidak boleh berlalu begitu saja. Ada banyak hal yang ingin dilakukan saat hari libur tersebut mulai dari pergi kesalon, mengunjungi sanak saudara, pergi bersama teman, pergi keluar kota, atau hanya berdiam diri dirumah untuk beristirahat.

Kali ini aku memilih untuk mengunjungi sebuah tempat yang berada di Bogor, Jawa Barat. Sebuah resort indah di kaki gunung salak ini menjanjikan hal lain daripada penginapan lainnya yang berada disana.

Penasaran bagaimana ceritanya? Baca terus sampai akhir ya.

Perjalanan menuju pondok rasamala

Aku tidak akan menceritakan bagian perjalanan selama di dalam tol atau jalan raya protokol disana sebab tidak ada yang begitu istimewa untuk diceritakan mengingat setiap hari aku telah melalui banyak sekali jalan raya tanpa suasana hijau diantaranya.

Sebelumnya aku harus memberitahu kalian bahwa perjalanan ini bebas dari kemacetan sebab daerah yang dituju jauh dari pusat kota sehingga aman untuk bepergian kapanpun tanpa harus merasa risau terjebak kemacetan.

Aku akan memulai dari gerbang masuk utama wisata alam Gunung Salak. Perjalananku terhenti sejenak tak jauh dari gerbang masuk utama tersebut untuk menikmati alam sejenak. Hamparan hutan pinus yang memanjakan mata membuatku sangat ingin mengabadikannya. Udara yang sangat sejuk, lembab dan embusan angin dingin khas pegunungan membuat tempat ini begitu nyaman untuk berlama-lama diluar kendaraan.

Source: private collection

Hutan pinus tersebut tidak hanya terdapat di gerbang masuk utama saja tetapi kalian bisa melihatnya sepanjang perjalanan hingga sampai di tempat penginapan tersebut.

Jika kalian lelah berkendara, jangan khawatir. Kalian akan menemukan beberapa gubuk persinggahan di sisi kanan dan kiri jalan. Sambil menikmati bekal yang kalian bawa atau bisa juga membeli di gubuk tersebut, kalian bebas berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang indah tersebut.

Saat memasuki daerah ini, kalian tidak akan lagi menemukan tempat penjualan bahan bakar. Jika kalian kehabisan bahan bakar dan jika kalian beruntung, kalian akan menemukan beberapa pedagang yang menjual bahan bakar di tempat tersebut namun jangan harap harga yang ditawarkannya cukup murah ya.

Bermalam di pondok rasamala

Selama bermalam di pondok rasamala, aku merasakan pengalaman baru yang tak terlupakan meskipun aku berada dalam sebuah hunian, tetapi aku tetap merasa menyatu dengan alam. Jauh dari ingar-bingar kota membuatku melupakan sejenak rutinitas padat ditengah kota.

Konsep yang mengedepankan kebersamaan diantara sesama membuat hunian ini jauh dari benda-benda elektronik canggih. Bahkan kalian akan sulit mendapatkan sinyal untuk ponse. Jangan terlalu bersedih dengan keterbatasan ini. Sisi baiknya adalah kalian bisa lebih fokus untuk menikmati keindahan alam dan mengistirahatkan pikiran kalian dari penatnya rutinitas.

Source: private collection

Terdapat beberapa macam tipe hunian di area pondok rasamala. Tipe hunian tersebut disesuaikan dengan kapasitas pengunjung yang akan menggunakan hunian tersebut. Kalian bisa memilihnya secara bebas namun dari pihak pengelola sebelumnya akan meberikan saran yang terbaik untuk kalian. Tipe hunian tersebut ada yang berbentuk bangunan kokoh dan adapula yang berbentuk tenda.

Kelebihan dari bangunan berbentuk rumah adalah:
- Kamar mandi didalam rumah.
- Kamar yang disediakan cukup luas.
- Ruang tamu/ ruang kumpul keluarga luas.
- Balkon yang cukup luas untuk bersantai.
- Material kayu yang membuat suasana dialam banguan terasa lebi hangat.
- Terdapat dapur beserta ruang makan di luar bagunan utama namun jaraknya tidak begitu jauh. Hanya beberapa langkah saja.

Kekurangan dari bangunan berbentuk rumah adalah:
- material kayu pada bagunan tersebut tidak terdapat pada lantai. material yang digunaknan sebagai ubin adalah ubin yang memiliki tekstur tanah sehingga ketika lantai dipijak akan terasa sangat dingin.

Source: private collection

Kelebihan dari tenda adalah:
- Disuguhkan lebih banyak pemandangan alam.
- Memiliki balkon pirbadi dengan dipan sebagai alas untuk duduk.
- Lantai berupa susunan kayu yang tertata rapih
- Tempat tidur yang ada didalam tenda cukup luas sehingga bisa menampung 6-8 orang.
- Disediakan api unggun
- Terdapat hammock disetiap tenda

Kekuarnagan dari tenda adalah:
- Kamar mandi terpisah.

Source: private collection

Secara keseluruhan untuk kedua tipe hunian tersebut cukup nyaman untuk bermalam. Kalian juga bisa bermain di sungai-sungai kecil yang dekat dengan hunian tersebut. Airnya yang yang bersih, dingin dan segar sangat aman untuk bermain dalam sungai kecil tersebut. Kalian juga akan menemukan pondok-pondok kecil yang unik diantara taman bermain tersebut.

Jangan khawatir, bagi kalian yang memiliki hobi fotografi kalian juga bisa menambah koleksi foto tanpa harus keluar dari komplek penginapan pondok rasamala sebab pemandangan yang unik nan cantik selalu ada disetiap sisi dari penginapan ini. Selain itu kalian juga bisa melihat salah satu air terjun terdekat dari sisi terluar pondok rasamala. Jadi kebayang kan betapa dekatnya dengan air terjun?

Tanpa harus bekendara untuk sampai ke tempat air terjun tersebut kalian sudah bisa sampai kesana hanya dengan beberapa menit berjalan kaki saja.

Wisata alam terdekat

Source: private collection

Ini adalah salah satu air terjun yang jaraknya paling dekat dengan tempat penginapan. Hanya jalan beberapa meter dari sebelah kiri penginapan, kalian sudah menemukan gerbang pintu masuk menuju air terjun ini. Air terjun atau yang disebut juga curug pangeran ini berada di bawah dari jalan utama.

Jalan menuju air terjun tersebut begitu curam. Terdapat puluhan bahkan ratusan anak tangga untuk menuju air terjun tersebut. Tangga yang cukup kokoh sebagai pijakan yang terbuat dari campuran material semen dan batu besar sehingga aman untuk memijak namun kalian harus tetap berhati-hati sebab tidak ada pagar penghalang disetiap sisi pijakan tersebut. Selain itu kalian juga harus berhati-hati pada bagian tangga yang semakin dekat dengan air terjun tersebut sebab tangga-tangga tersebut basah dan hampir semua tangga berlumut, jadi pastikan langkahmu tepat ya jika tidak inggin tergelincir disana. Ada baiknya kalian menggunakan sepatu atau sendal outdoor untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Selama diperjalanan menuju air terjun tersebut, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan sangat indah di salah satu sisinya.

Source: private collection

Mata kita akan dimanjakan oleh sebuah pemandangan hutan hijau lebat yang terhampar luas sejauh mata memandang. sungguh, pemandangan yang sangat luar biasa. Rasa lelah terbayar sudah dengan pemandangan-pemandangan indah disekitar sana.

Bagi kalian para pecinta fotografi, kalian akan mendapatkan kepuasan tersendiri untuk mengabadikan pemandangan-pemandangan disana yang sangat jarang kalian temui di tempat lainnya. Jadi pastikan perlengkapan kalian mendukung kegiatan disana ya.

Selain air terjun ini, ada pula beberapa curug lainnya yang berada tidak jauh dari curug pangeran. Jika kalian masih bersemangat untuk mejelajah tempat baru, tidak ada salahnya kalian mengunjungin beberapa curug lainnya.

Fasilitas

Dibandrol dengan harga Rp.390.000++/malam sangat sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan. Beberapa diantaranya adalah:

- Sebuah hunian dengan berbagai macam tipe yang bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan.
- Kamar mandi yang dilengkapi dengan shower head.
- Tersedia air panas.
- Toilet duduk.
- Wastafel.
- Tempat tidur nyaman.
- Api unggun.
- Makan.
- Dapur(pada hunian rumah) dan dispenser (pada hunian tenda).
- Akses gratis masuk ari terjun terdekat (terdapat tiga air terjun disekitar penginapan).
- Parkiran Luas.
- Pemandangan alam yang menakjubkan.
- Playground area

Denah Lokasi

Lokasi tempat penginapan initidak begitu sulit untuk dijangkau. Meskipun ada beberapa bagian jalan yang berada dalam kondisi cukup rusak namun masih dapat dilalui begitu pula terdapat jalan yang cukup lebar juga sempit.

Source: privare collection

Sangat disarankan untuk kalian membawa kendaraan pribadi baik kendaraan beroda dua (motor) atau kendaraan beroda empat (mini bus/ mobil pribadi). Jika kalian membawa rombongan atau bepergian secara grup, ada baiknya menggunakan bus berukuran sedang sebab rute perjalanan yang akan ditempuh sebagian besar berupa tikungan tajam dan jalan yang berkelok.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS