3728
  2017-04-29       health.liputan6.com

3 Keutamaan Meminta Maaf Lebih Dulu

Kendati kita tidak bersalah, meminta Meminta maaf terlebih dahulu ternyata bukan saja merupakan sikap yang mulia tetapi sikap tersebut pun memiliki banyak faedah atau keutamaannya. Berikut penjelasannya.

Fi'it Rachmawati 11,026 views

1. Meminta Maaf Buat Perasaan Lebih Tenang

Menurut Ustad kenamaan dari Garut, Yayat Ruhiat, meminta maaf terlebih dahulu meskipun kita tidak bersalah merupakan sikap yang mulia dan sikap tersebut akan membuat hati tenang dan damai, karena tidak ada lagi kekesalan atau kemarahan kepada orang yang telah berbuat salah kepada Anda.

2. Meminimalisir Konflik

Selain itu jelas Yayat, manfaat meminta maaf lebih dulu pun akan berdampak terhadap meredanya konflik. Sehingga hubungan silaturahmi akan lebih terjaga.

“Maka dari itu sikap tersebut (pemaaf) dalam Islam menjadi utama demi menghindari konflik dan lebih memanjangkan silaturahmi antar umat Islam.” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

Source: bukubiruku.com

3. Melatih Kesabaran

Lalu meminta maaf terlebih dahulu pun melatih kita kesabaran. Terutama jika orang yang diminta maafnya justru merespon dengan caci maki.

“Itu bukan saja sebagai ujian tetapi juga melatih kesabaran Anda.” katanya.

Sehingga tidak salah dan justru lebih baik meminta maaf terlebih dahulu meskipun Anda tidak bersalah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Imran ayat 133-134 yaitu;

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Kemudian dijelaskan juga dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 199 yaitu;

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang yang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

Nah moeslemates itulah penjelasan mengenai keutamaan meminta maaf lebih dulu. Semoga bermanfaat dan ayo berusaha menjadi pribadi yang pemaaf.

Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

1 comments

Devry Segeman Svensk
Devry Segeman Svensk 2018-04-18 16:02:58

sangat bermanfaat

Follow Moeslema on SNS