3721
  2017-04-22       dhekkazone.blogspot.co.id

6 Kesalahan-Kesalahan dalam Berwudhu

Berwudhu yang baik sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW merupakan keharusan dalam agama Islam. Namun demikian, masih banyak muslim dan muslimah yang masih keliru dalam berwudhu yang baik. Yuk simak di sini apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam berwudhu.

Fi'it Rachmawati 195 views

1. Mengusap Kepala Hanya Sedikit Saja

Menurut ulama kenamaan dari Bandung, Aceng Zakaria, masih banyak umat Islam yang mempraktikkan wudu tidak benar yang tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Salah-satunya mengusap kepala sedikit saja tidak seluruhnya.

“Seperti mengusap kepala tiga kali tetapi hanya sedikit, dan seperti mengusap kepala tiga kali serta telinga tiga kali secara terpisah.” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

Padahal praktik yang benar adalah mengusap atau membasuh kepala dan telinga dalam satu kali ciduk, dan hanya dilakukan satu kali saja dengan usapan yang menyeluruh dari wajah sampai kebelakang kepala dan diakhiri dengan mengusap telinga.

2. Berdoa untuk Setiap Gerakan Wudu

Kesalahan wudu yang kedua yaitu, berdoa untuk setiap gerakan berwudu. Seperti membaca doa-doa saat membasuh kepala, dan berdoa lagi saat membasuh tangan serta lainnya.

“Praktik tersebut jelas tidak sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW, sehingga tidak boleh dilakukan. Maka, sebaiknya berwudu dengan praktik sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW saja jangan menambah-nambah atau mengada-ngada” katanya.

3. Berlebih-Lebihan dalam Menggunakan Air

Lalu kesalahan lainnya tambah Aceng, yaitu umat Islam masih menggunakan air secara berlebihan saat berwudu. Padahal praktik tersebut tidak dicontohkan, dan tidak diperbolehkan oleh Rasulullah SAW.

“Rasulullah SAW berwudu hanya menggunakan air satu ciduk atau sedikit saja.” tambahnya.

4. Mengucapkan Niat

Kemudian kesalahan lain yang biasanya dilakukan dalam berwudu adalah mengucapkan niat seperti “Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari...” di saat akan mulai berwudu. Hal ini dinilai salah karena jelas Rasulullah SAW tidak pernah mengucapkan niat saat berwudu.

“Sehingga, jelas mengucapkan niat tersebut bukan contoh dari Rasulullah SAW. Maka, amalan tersebut ditolak.” tegasnya.

5. Berdoa dengan Diakhiri Bacaan

Selain itu, kesalahan lainnya yaitu berdoa dengan diakhiri bacaan seperti “Alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina”.

6. Tidak Sempurna Saat Membasuh Salah-Satu Bagian Tubuh

Selanjutnya, kesalahan yang sering dilakukan adalah membasuh bagian tubuh seperti tangan tidak sempurna.

“Terkadang salah-satu anggota tubuh seperti tangan atau wajah tidak sampai basah atau hanya membasuh sebagian saat berwudu. Sehingga, kondisinya masih kering bahkan terkadang tidak terkena air,” ujarnya.

Demikian moeslemates penjelasan mengenai kesalahan-kesalahan dalam berwudu. Semoga setelah penjelasan tersebut Kita dapat mulai lebih baik dalam berwudu, sehingga shalat yang Kita kerjakan pun diterima oleh Allah SWT amien amien ya rabbalalamin.

Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS