3719
  2017-04-21    

5 Pahlawan Wanita Muslim Di Indonesia

Selain Ibu Kartini ternyata ada banyak wanita muslim yang menjadi pahlawan nasional di Indonesia. Yuk ketahui selengkapnya di sini :)

Official Moeslema Team 7,960 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Kita ketahui hari ini bertepatan dengan hari Kartini sebagai pahlawan Nasional. Banyak dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa banyak pahlawan selain Ibu Kartini yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan membahas beberapa pahlawan wanita muslim yang juga turut andil dalam perjuangan dan perkembangan Indonesia.

1. CUT NYAK DIEN

Source: wikimedia.org

Pahlawan wanita yang satu ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Beliau bersama suaminya mencoba melawan penjajahan Belanda. Dan ketika suaminya Ibrahim Lamnga sudah meninggal, beliau dengan gagah berani tetap melawan Belanda dibarisan depan hingga menjadi tahanan belanda dan sempat diasingkan Sumedang hingga akhir hayatnya. Untuk mengenang jasa kepahlawanan tersebut, nama beliau saat dijadikan nama jalan di beberapa daerah di Indonesia, serta dijadikan nama sebuah masjid didaerah di Jakarta.

2. HJ. R RASUNA SAID

Source: wikimedia.org

Pahlawan Islam selanjutnya adalah HJ. R RASUNA SAID Pahlawan wanita ini berasal dari Sumtera Barat. Beliau merupakan salah satu pahlawan yang memperjuangkan kesetaraan gender. Beliau ingin adanya kesataraan antara Wanita dengan pria, beliau juga pernah memprotes atas ketidak adilan pemerintah Hindia – Belanda yang menyebabkan beliau di Tahan. Dan saat ini untuk mengenang jasa kepahlawanannya, nama beliau sering menjadi nama Jalan di beberapa daerah di Indonesia.

3. RADEN DEWI SARTIKA

Source: wikipedia.org

Pada zaman dulu, adat istiadat menjadi rantai pengekang wanita untuk mengenyam pendidikan. Raden Dewi Sartika berkeinginan untuk memutus rantai itu agar seluruh wanita dapat melek pendidikan dan ilmu pengetahuan. Wanita berdarah Sunda ini menjadi perintis pendidikan untuk kaum wanita dengan mendirikan sekolah perempuan atau Sakola Istri pertama se-Hindia-Belanda di Jawa Barat dengan pendidikan membaca, menulis, menjahit, memasak, dll.

4. CUT NYAK MEUTIA

Source: wikipedia.org

Pahlawan yang satu ini juga berasal dari Aceh. Ia bersatu juga dengan pasukan perang dan memiliki semangat juang yang tinggi dengan melawan belanda demi pembebasan dari tanah kelahirannya pasai. Beliau berserta suami dan pasukan melakukan penyerangan langsung ke markas belanda. Perjuangan melawan penjajah dilakukan Cut Meutia lakukan bersama pasukannya. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara. Namun pada tanggal 24 Oktober 1910, Cut Meutia gugur dalam pertempuran.

5 .Nyi Ageng Serang

Source: wikipedia.org

Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi atau yang lebih di kenal sebagai Nyi Ageng Serang ini merupakan pahlawan Nasional serta salah satu keturunan Sunan Kalijaga. mungkin Moeslemates tidak begitu mengenalnya tapi beliau adalah jika kalian singgah ke Kulon Progo Kota Wates akan ada patung yang menggambarkan beliau. Semangat juang beliau yang mengalahkan belanda . Berkat keahliannya dalam strategi perang, ia diangkat menjadi penasihat siasat perang Pangeran Diponegoro. Hingga usia senja, ia masih memimpin pasukan melawan kolonial.

Masya Allah, hebat ya para pahlawan wanita kita. Meski terkungkung dengan stigma wanita namun mereka tetap gagah berani membela tanah air kita dari penjajahan dan tertutupnya akses pendidikan bagi kaum perempuan. Semoga kisah-kisah perjuangan mereka dapat menginspirasi kita untuk menjadi muslimah yang hebat seperti mereka.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS