371
  2016-08-03       4.bp.blogspot.com

Tips Aman Memandikan Kucing di Rumah

Moeslemates suka dengan kucing? Mau memelihara kucing tapi bingung bagaimana cara merawatnya, terutama memandikannya setelah seharian main di luar? Berikut beberapa tips yang bisa Moeslemates lakukan di rumah.

Lidya O. 169 views

Kucing ras maupun non ras sama-sama memiliki hak untuk tetap bersih di lingkungan tempat tinggalnya. Ini menjadi kewajiban kita sebagai majikan untuk merawat mereka. Nah, terkadang kita tidak sempat dan tidak punya cukup waktu untuk memandikannya di rumah. Beberapa orang justru malah memilih salon kucing sebagai tempat destinasi memandikan si empus kesayangan agar tetap mendapat perawatan yang baik. Tapi, kalau Moeslemates ingin lebih akrab dengan si empus, ada baiknya Moeslemates tidak menitipkannya di salon walaupun untuk sekedar grooming. Kucing kita justru merasa jauh lebih nyaman kalau kita sendiri yang merawatnya, lho!

Sediakan Peralatan Mandi Kucing

Sebelum memandikan si empus, baiknya kita persiapkan dulu peralatannya. Antara lain:
1. Ember atau bak mandi kecil berisi air hangat
2. Shampo khusus kucing
3. Handuk
4. Sisir khusus kucing
5. Gunting kuku khusus kucing
6. Babyoil
7. Cuttonbuds
8. Tissue kering
9. Cologne, dan
10. Hair dryer
Setelah semuanya siap, kita mulai langkah pertama.

1. Basahi Tubuh Kucing dengan Air Hangat

Siapkan bak mandi yang sudah dituangkan air secukupnya dan basahi perlahan-lahan tubuh si empus. Kemudian, keluarkan kucing dari bak mandi, pakaikan shampo perlahan ke beberapa sudut tubuh: kepala, kedua telapak tangan, kaki, pundak dan perut. Gosok secara perlahan dan pijat jika perlu. Lakukan ini selama kurang lebih 5 menit supaya shampo yang dibalurkan ke tubuh kucing meresap ke dalam sehingga kuman-kuman dan kotoran terangkat keluar. Usahakan untuk tidak mengulur waktu karena biasanya kucing akan menggigil jika tidak cepat-cepat dikeringkan dengan handuk. Dan jangan lupa untuk perhatikan bagian tangan dan kaki. Biasanya kucing bulu putih akan lebih cepat terlihat kotor terutama bagian telapak tangan dan kakinya.

2. Keringkan Tubuh Kucing dengan Handuk

Kucing yang sudah selesai dimandikan akan merasa tidak betah dengan tubuh dan bulu yang basah. Jadi, kita harus cepat-cepat mengeringkannya dengan handuk ke seluruh tubuh. Terutama bagian perut yang biasanya terlupakan. Bawa keluar kamar mandi dan gendonglah dengan penuh kasih sayang.

3. Keringkan Bulu Kucing dengan Hair Dryer

Setelah mengeringkan tubuh kucing dengan handuk, gunakanlah hair dryer untuk mengeringkan bulu kucing yang tidak terjangkau. Ada kucing yang takut dengan suara hair dryer, ada juga yang tidak berekspesi pada saat drying. Jika kucing kabur dan menolak untuk dikeringkan, tunggulah beberapa saat sampai ia tenang sendiri. Biasanya, kucing yang sejak kecil sudah dibiasakan grooming tidak akan takut dengan suara hair dryer. Sehingga, ini akan memudahkan kita untuk memperkenalkan alat pengering tubuhnya itu.

4. Bersihkan Telinga Kucing dengan Cuttonbuds

Source: okdogi.com

Setelah bulu kucing kering dengan sempurna, ambil beberapa cuttonbuds yang sudah dibasahi dengan babyoil. Siapkan tissue kering untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di daun telinga. Tapi, hati-hati ya Moeslemates, jangan sampai kita mengorek telinga si empus terlalu dalam. Yang penting kelihatan bersih saja dari luarnya sudah cukup kok.

5. Gunting Kuku Kucing

Langkah berikutnya adalah menggunting kuku kucing dengan gunting kuku khusus. Nah, Moeslemates wajib punya gunting kuku seperti ini kalau ingin serius memelihara kucing. Karena kita tidak bisa menggunting kuku kucing dengan gunting kuku biasa. Kucing peliharaan yang kita rawat di rumah harus bersih dari kuman yang menempel di kukunya. Jadi, paling tidak dua minggu sekali cek ya Moeslemates, apakah kukunya sudah panjang atau belum.

Source: indomeow.com

Pada saat menggunting kuku si empus, perhatikan baik-baik di mana letak daging kukunya. Warnanya agak pink dan lebih besar dari ukuran kuku asli. Usahakan jangan sampai terkena daging tersebut ya, karena itu akan melukai si empus lho.

6. Semprotkan Cologne

Agar si empus merasa segar dari bau air setelah mandi, Moeslemates juga boleh semprotkan cologne secukupnya di tubuh si empus. Tapi jangan mengenai wajah ya karena insting kucing akan selalu mengarah untuk menjilat apa pun yang datang ke sekitar wajah mereka.

7. Sisir Bulu Kucing

Terakhir, jika si empus berbulu panjang, biasakanlah untuk menyisirnya perlahan agar tidak kusut. Sisir kucing ini juga bisa kita beli di Pet Shop. Moeslemates bisa mendapatkan segala jenis peralatan grooming, baju dan aksesoris lainnya di Pet Shop terdekat ya.

Nah, kalau si empus sudah bersih dan wangi seperti ini Moeslemates boleh ajak jalan-jalan sore dengan menggendongnya ya. Hal ini sangat mempengaruhi psikologis kucing lho. Dia akan berpikir dan merasa nyaman karena majikannya tidak hanya memandikannya saja, tapi juga memberikan kasih sayang yang tulus dengan bermain bersamanya.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS