3705
  2017-04-17    

Bridal Shower #2 by The Bride Sisters

Thebridesisters memberikan sebuah acara yang bertujuan untuk membantu pengantin muslim dalam menghadapi pernikahan mereka.

Official Moeslema Team 242 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menikah adalah bagian dari fitrah manusia dan menyempurnakan ibadah kita kepada Allah. Sebagai muslimah yang akan menikah tentunya kita memerlukan persiapan sebelum menikah. Karena itu The bride sisters yang didirikan oleh sekelompok wanita yang berbagi visi yang sama untuk berbagi ide-ide tentang pernikahan dengan cara Islam. The bride sisters menjadi media edukasi bagi muslimah untuk menemukan ide yang paling membantu & pengetahuan untuk pengantin muslim melalui cerita inspirasional agar menciptakan generasi muda yang peduli tentang Islam serta berlatih untuk menjadi soleh.

The Bride Sister kali ini mengadakan Bridal Shower class yang kedua . Acara ini merupakan Pre-Wedding Class atau Kelas Pra-Nikah untuk para Newly-Brides dan Brides-to-Be. Acara ini terdiri dari serangkaian acara talkshow mengenai keuangan, kesehatan dan peran istri dari sisi Islam oleh para ahli. Acara ini diadakan 15 April 2017 di Kenobi Coworking Kemang. Bagaimana acaranya yuk kita lihat sama-sama.

Pre-Wedding Financial Planning dan Manajemen Keuangan Syariah untuk Keluarga Muda

Pembicara pertama yaitu Ibu Henny, Dra, MM, CFP, ahli keuangan syariah yang mengajarkan mengenai financial planning bagi keluarga khususnya istri. Financial planning satu keluarga berbeda satu sama lain. Tergantung tipe orang dan kebutuhan masing-masing-masing. Dengan melakukan perencanaan keuangan bukan berarti pelit namun menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya.

Selain itu para Newly-Brides dan Brides-to-Be juga di ajarkan tentang pentingnya menabung dan mengalokasikan dana untuk rencana jangka panjang apalagi jangka pendek. Seperti emergency fund atau tabungan dana darurat yang perlu dibuat dengan isi minimal 3-6 bulan kali total pemasukan per bulan kita. Ada juga pembagian persentase investasi yang harus dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga.

Jadi walaupun suami bertanggung jawab atas nafkah kamu dan keluarga, kita sebagai istri juga harus membantu mereka untuk mengatur keuangan

The Role of Wife in Islam

Pada sesi kedua ada Umi Diana, MM yang mengajarkan tentang mahar yang menjadi syarat utama dalam menikah. Hendaknya calon istri meringankan mahar yg akan diberikan oleh calon suaminya, dan sebaliknya hendaknya calon suami memberikan mahar terbaik kepada calon istrinya. Karena dulu Rasulullah SAW memberikan mahar yang berupa 4 ekor unta merah yang nilainya sangat besar saat menikah dengan Aisyah RA.

Selain itu juga saat resepsi juga tidak perlu memaksakan untuk bermewah dan menghabiskan uang hingga melupakan kehidupan setelah pernikahan. Resepsi yang Islami sederhana, indah namun berkah contohnya dengan mengundang anak-anak yatim menjadi tamu agar mereka ikut mendoakan ibadah menikah.

Umi mengingatkan bahwa sebagai calon istri, sebagai perempuan, hendaklah menyiapkan lahiriah dan batin karena untuk membangun sebuah keluarga tidak mudah dan merupakan ibadah sepanjang hidup. Betapa pentingnya peran seorang istri dalam membangun ketahanan keluarga. Salah satunya yaitu dengan menjadi perempuan yg sholeh. Selain itu saat menjadi istri kita harus bisa menjaga kehormatan suami karena setelah ijab qabul terucap maka suami yang akan menanggung beban keluarga baik dunia maupun akhirat.

Pre-Marital Health Talkshow

Di penghujung sesi ada dr. Shabrina Aulia mengajarkan bagaimana cara menjadi perempuan sehat well-being balance dan mempersiapkan kesehatan pra-nikah. Merawat bagian tubuh wanita itu harus lebih jeli dan bersih, apalagi terkait organ reproduksi seperti miss V dan payudara. Banyak cara yang harus perempuan lakukan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Namun semua persiapan itu harus dibantu dengan pola makan yang teratur dan benar karena setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda moeslemates.

Dr. Shabrina juga memberikan tips and trick mengenai kesehatan wanita, khususnya kesehatan alat reproduksi saat sudah menikah. "Untuk premarital yang penting adalah organ reproduksi yang sehat" ujar dokter Shabrina. Pemeriksaan organ reproduksi secara berkala juga dapat membuat kita tepa aware terhadap bahaya penyakit seperti kanker serviks.

Secara keseluruhan acara ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para Newly-Brides dan Brides-to-Be yang bertanya pada narasumber. Banyak sekali ilmu yang di dapat ya dari acara ini. Tidak hanya talkshow saja bagi Brides-to-Be yang ingin mewujudkan dress impian di hari pernikahannya nanti juga mendapat penawaran khusus dari Aira Wedding

Nah Selesai sudah acara bridal shower pada batch ke 2 ini. Semoga acara ini dapat bermanfaat dan sampai ketemu diacara Bridal Shower by The Bride Sisters pada batch selanjutnya. Oh ya jangan lupa follow akun The Bride Sisters untuk inspirasi pernikahanmu.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS