3640
  2017-04-05       www.cermati.com

Bekal untuk Sang Pencari Jodoh: 4 Hukum Menikah dalam Islam!

Menikah itu ibadah, tapi apa jadinya jika menikah yang harusnya ibadah itu berubah hukumnya menjadi haram? Yuk simak selengkapanya di sini!

Official Moeslema Team 451 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menikah itu menyempurnakan separuh agama, namun perkara hukumnya, apakah Moeslemates tahu kalau menikah itu memiliki hukum yang berbeda-beda bagi tiap individu? Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda bukan? Karena menikah itu menjadi salah satu kebutuhan manusia, tentunya setiap orang berbeda kebutuhan tentang menikah. Ada yang ingin segera menikah, ada yang belum siap menikah, dan bahkan ada yang tidak mau menikah. Islam juga memiliki hukum sendiri tentang pernikahan! Siapa yang sangka seseorang mungkin diharamkan untuk menikah. Kamu termasuk yang mana nih Moeslemates? Mending kamu simak 4 hukum menikah dalam Islam.

1. Wajib

Hukum menikah yang pertama adalah wajib. Moeslemates tahu kan hukum wajib itu, dikerjakan mendapat pahala, tidak dikerjakan mendapat dosa. Menikah itu dicontohkan oleh Nabi dan Rasul-Nya, jika Kamu sudah memiliki calon, lalu sudah mapan, maka kamu wajib untuk menikah Moeslemates! Menikah juga wajib bagi mereka yang memiliki libido yang tinggi, karena dikhawatirkan akan mengarah pada hal-hal yang diharamkan oleh Allah yakni perzinahan. Jangankan melakukan perzinahan, mendekatinya pun jelas dilarang yaaa. Menikah juga jadi wajib bagi Kamu yang sudah berkeinginan kuat dan takut akan dosa.

2. Sunnah

Hukum sunnah itu jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika tidak dikerjakan tidak dapat dosa. Menikah menjadi sunnah bagi Kamu yang masuk dalam kategori berikut. Pertama, Kamu memiliki keinginan untuk menikah. Kedua, Kamu memiliki bekal yang cukup untuk menikah. Ingat Moeslemates, bekal yang cukup loh! Bekal yang cukup bukan berarti Kamu harus mapan, harus sudah punya rumah, atau harus punya mobil dan sebagainya. Cukup di sini minimalnya Kamu sudah memiliki mahar/mas kawin untuk menikah. Jadi bagi Kamu yang sudah mau menikah namun merasa belum mapan, tenang Moeslemates! Kemapanan itu bisa dibangun bersama pendampingmu kelak. Karena menikah itu hakikatnya membukakan pintu rezeki.

3. Makruh

Hukum yang ketiga adalah makruh. Makruh ini adalah sesuatu yang dibenci oleh Allah apabila dilakukan, namun tidak mendapat hukuman apabila dikerjakan. Dengan kata lain, hukum makruh ini sebaiknya tidak dilakukan dong, karena sudah jelas perbuatan ini dibenci Allah. Menikah menjadi makruh apabila dia memiliki keinginan untuk menikah tapi tidak punya bekal yang cukup. Atau tidak punya keinginan menikah meskipun memiliki bekal yang cukup. Bagi Moeslemates yang sudah ingin menikah tapi belum punya bekal yang cukup, atau mungkin belum punya pendamping yang tepat, maka disunnahkan untuk menahannya dengan berpuasa.

4. Haram

Source: www.cermati.com

Hukum yang terakhir ini adalah haram. Menikah menjadi haram bagi Kamu yang memiliki niat menikah hanya untuk formalitas saja, atau dengan kata lain nikah kontrak. Di zaman modern ini kayaknya udah gak asing lagi mendengar kata "nikah kontrak" menikah itu bukan perjanjian diatas materai Moeslemates, tapi dihadapan penghulu dan sanak saudara, bahwa kita akan menjadi pasangannya yang mendampinginya dan mencintainya karena Allah. Menikah juga jadi haram bila ternyata Kamu dan pasanganmu adalah saudara sepersusuan, atau bahkan saudara sedarah.


Moeslemates, itu dia 4 hukum menikah dalam Islam. Hukum menikah dapat berubah sesuai dengan keadaan masing-masing orang, gak mungkin dong semua orang haram untuk menikah. Moeslemates, menikah itu bukan balap-balapan loh, bukan siapa cepat dia dapat, bukan pula siapa yang lebih tua. Menikah itu perkara waktu. Akan tiba masanya dipertemukan dengan jodoh yang tepat dan di waktu yang tepat. Menikah itu ibadah, jadi dilakukan dengan sepenuh hati, sekali seumur hidup yaaa! So, kamu masuk kategori hukum menikah yang mana?

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS