364
  2016-08-02       2.bp.blogspot.com

Cara Mengobati Sakit Gigi Geraham Bungsu

Teman-teman ada yang sudah mengalami tumbuh gigi geraham bungsu? Tahukah bagaimana cara meredakan nyerinya? Simak ulasan berikut ini.

Lidya O. 1,053 views

Memiliki gigi yang sehat adalah impian semua orang. Namun pada kenyataannya, masih banyak juga beberapa masalah yang timbul setelah gigi susu berhenti. Misalnya: pertumbuhan gigi yang tidak rata, renggang pada gigi, warna gigi yang tidak putih, dan yang pasti akan dialami kita semua adalah sakit karena pertumbuhan gigi geraham terakhir. Hal ini tidak bisa dihindari karena pada dasarnya manusia memiliki 32 buah gigi tetap yang terdiri dari: gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah, gigi geraham depan 8 buah dan gigi geraham belakang 12 buah. Sedangkan gigi geraham bungsu akan tumbuh pada manusia menjelang usia dewasa. Saat sakit dan pembengkakan pada gusi menyerang, apa-apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana cara mengobatinya nih, Moeslemates?

Apa Itu Gigi Geraham Bungsu?

Gigi geraham bungsu merupakan gigi yang tumbuh terakhir dan sering menimbulkan beberapa masalah di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti dan tidak memiliki cukup ruang lagi untuk erupsi. Oleh karena itu, tidak jarang gigi yang sering disebut gigi geraham ketiga ini tumbuh tidak sempurna bahkan ada pula kasus penabrakan gigi sehingga jalan keluarnya adalah gigi ini harus dicabut.

Konsultasikan dengan Dokter Gigi

Jika sudah merasa tidak enak serta nyeri yang berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan pada dokter gigi sehingga kita tahu kebenarannya. Terkadang, sakit gigi atau gusi bengkak tidak hanya disebabkan oleh tumbuhnya gigi geraham bungsu ini melainkan ada hal-hal lain yang bermasalah di bagian tersebut. Jika dokter sudah mengatakan bahwa gejala sakit gigi tersebut adalah karena gigi geraham bungsu, biasanya dokter akan menyarankan untuk rontgen gigi terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya dokter bisa mengetahui di mana letak dan posisi gigi geraham bungsu itu tumbuh.

Rontgen Gigi

Saya merekomendasikan untuk melakukan rontgen gigi di Laboratorium Klinik Utama Bio Medika. Selain tempat ini memiliki beberapa cabang di Jakarta dan sekitarnya, laboratorium ini sudah terpercaya dan berdiri cukup lama sejak tahun 1983.

Haruskah Operasi?

Setelah mendapatkan hasil rontgen, konsultasikan lagi dengan dokter gigi agar segera mendapatkan kepastian harus operasi atau tidak. Biasanya, kalau tidak bahaya tidak perlu memaksakan untuk pencabutan gigi. Tapi sebaliknya, jika dibiarkan tidak dicabut akan menjadi masalah besar, segeralah melakukan operasi dan persiapkan mental sejak awal.

Pembedahan Gigi Geraham Bungsu

Proses pencabutan gigi ini disebut juga bedah kecil pada gigi geraham bungsu yang membutuhkan tenaga ahli yang sudah profesional di bidang perbedahan gigi. Dari beberapa pengalaman teman saya, hampir semuanya mengatakan puas dengan hasilnya karena bengkak atau sakit pada gigi tidak datang lagi. Kebetulan saya baru mengalami sakit yang luar biasa akhir-akhir ini merasakan pembengkakan selama lebih dari seminggu. Ketika saya konsultasikan ke dokter kepercayaan saya, beliau mengatakan gigi geraham bungsu saya tidak begitu membahayakan karena tumbuhnya berdiri tegap. Ada juga beberapa teman saya yang terpaksa harus dioperasi karena gigi bungsunya sudah menabrak gigi sebelahnya sehingga semua gigi jadi mirip ke samping. Bahaya bukan? Nah, kasus setiap orang memang berbeda-beda, tapi kita tetap harus waspada untuk segera melakukan operasi. Sambil menunggu sakitnya sembuh, ada baiknya konsumsi pil yang direkomendasikan dari dokter dan obat kumur-kumur untuk pereda bengkak pada gusi.

Pil Pereda Nyeri pada Gigi

Saya mengkonsumsi Cataflam saat masih merasa sakit dan diminumnya setelah makan. Obat ini dapat berpengaruh pada lambung jadi harus dipastikan perut kita tidak kosong.

Obat Kumur Pereda Nyeri pada Gigi

Sikat gigi dengan benar menjadi kewajiban kita semua baik pada saat sakit gigi kambuh atau pun tidak. Setelah itu saya biasa berkumur dengan Minosep setiap habis sikat gigi.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang masih bingung untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi geraham bungsu ini.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS