3639
  2017-04-04       www.instagram.com

6 Cara Berdo'a yang Baik Agar Dikabulkan

Merasa do'a Kamu belum terkabul? Mungkin Kamu harus baca 6 cara berdo'a yang baik agar dikabulkan ini yaaa!

Official Moeslema Team 2,055 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sudah berdo'a apa hari ini?
Sudah berdo'a tapi belum juga dikabulkan?
Tenang Moeslemates, mungkin kamu belum berdoa dengan benar! Kehidupan seorang muslim sudah diatur oleh Allah SWT beserta Rasul-Nya, dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi dalam Al-Qur'an dan Hadits. Salah satu yang juga diatur dalam Qur'an dan Hadits adalah etika ketika berdo'a. Do'a adalah alat komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya, kapan lagi berbisik ke arah bumi tapi didengar oleh langit? Namun layaknya berkomunikasi, kita juga seringkali mengalami miss comunication/cacat komunikasi, jadi gak salah dong kalau do'amu tidak didengar, karena Kamu tidak berkomunikasi dengan baik. So, yuk simak aja 6 cara berdo'a yang baik agar dikabulkan!

1. Berdo'a dengan Rendah Diri & Tidak dengan Suara yang Keras

Berdo'alah kalian pada Tuhan kalian, dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Q.S. Al-Araf: 55)

Cara yang baik dalam berdo'a yang pertama adalah dengan menggunakan etika yang baik pula, yakni berdo'a dengan rendah diri dan tidak dengan suara keras. Moeslemates, jika do'amu tidak dikabulkan, mungkin kamu tidak menempatkan posisimu pada posisi terendah ketika menghadap Allah SWT. Ketika berhadapan dengan atasan saja kamu sebegitu hormatnya, masa ketika berdo'a menghadap Allah, penciptamu beserta pemilik seluruh alam ini Kamu bersifat angkuh sih? Oh iya Moeslemates, Kamu gak perlu berteriak-teriak atau menggunakan suara yang keras agar do'amu dikabulkan, karena sesungguhnya Allah itu Maha Mendengar bukan?!

2. Jangan Berdo'a dengan Disertai Menyekutukan Sesuatu Kepada Allah

Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Q.S. Al-Qashash: 88)

Moeslemates, menyekutukan Allah kadang bisa saja tidak kita sadari. Salah satu penyebab do'a kita tidak dikabulkan oleh Allah adalah berdoa kepada-Nya namun sekaligus menyekutukannya. Misalnya saja ketika kita sakit, kita berdo'a meminta kesehatan, lalu pergi ke dokter dan tak jua diberi kesembuhan, lantas kita menyalahkan dokter. Padahal kita tahu bahwa yang memberikan kesembuhan itu adalah Allah, melalui perantara dokter. Nah Moeslemates, jangan lupa etika berdo'a seorang muslim yang diperintahkan oleh Allah SWT adalah berdo'a dengan tidak disertai menyekutukan sesuatu kepada Allah.

3. Berdo'a dengan Keyakinan Bahwa Allah Akan Mengabulkan

Dari Abu Hurairah r.a, berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Berdo'alah kalian kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan do'a dari hati yang lalai lagi tertutup" (H.R. Tirmidzi, Tuhfatu Al-Ahwadzi. 1: 45)

Moeslemates, cara berdo'a yang baik agar dikabulkan yang ketiga adalah berdo'a dengan keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan. Bagaimana do'amu akan dikabulkan jika dirimu saja tidak yakin dengan do'amu, Kamu tidak yakin bahwa Allah akan mengabulkannya, Kamu tidak yakin bahwa Allah Maha Berkehendak, Kamu tidak yakin bahwa Allah Maha Berkuasa. Berdo'a tanpa keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan, sama dengan kamu berdo'a tanpa keyakinan bahwa ketika Allah berkata jadi! Maka jadilah! Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah berkehendak. Dan Allah itu sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Maka berprasangkalah yang baik, berprasangkalah bahwa Allah akan mengabulkan!

4. Berdo'a Saat Susah Maupun Senang

Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan. (Q.S. Yunus: 12)

Moeslemates, berdo'a juga dilakukan bukan saat kita menghadapi masalah saja loh, namun ketika Kamu diberi kebahagiaan juga! Jika kita sering mendengar istilah "tidak tahu terimakasih" maka apa bedanya kita jika hanya berdo'a ketika kita dilanda masalah saja? Jadi jangan lupa berdo'a saat kamu sedang senang juga ya, karena mengatakan "Alhamdulillah" dan mensyukuri semua nikmat dari Allah SWT juga merupakan do'a. Karena do'a itu adalah alat komunikasi kita dengan Tuhan. Untuk ucapkan terima kasih, maka berdo'alah!

5. Jauhi Makanan Haram untuk Dikabulkannya Do'a

Dari Abu Hurairah r.a, berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah itu baik, tidak akan menerima kecuali yang baik, dan firman Allah (Wahai orang-orang yang beriman , makanlah dari apa yang baik-baik, yang telah kami rizkikan kepada kalian) Kemudian ia menyebut seorang laki-laki yang gembel dan berdebu, ia mengeluarkan tangannya ke langit; Ya Tuhan! makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan ia makan dengan yang haram, maka bagaimana mungkin do'anya itu dikabulkan". (H.R. Muslim, 1406)

Salah satu penyebab do'a kita tertolak atau tidak dikabulkan adalah mengalir hal-hal haram didalam darah kita. Bukan hanya dari makanan saja, namun ketika Kamu menggunakan barang-barang haram, atau meminum minuman haram juga secara otomatis do'amu akan tertolak. Sebagaimana sabda Rasul, ketika Kamu makan-makanan haram, atau menggunakan hal-hal yang haram, lantas bagaimana mungkin do'amu akan didengar? Yuk waspadai makanan, minuman dan hal-hal haram lainnya agar do'amu dikabulkan!

6. Mematuhi Segala Perintah Allah

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah: 186)

Cara berdo'a yang baik agar dikabulkan yang terakhir adalah mematuhi segala perintah-Nya! Jika perintah-Nya saja tidak Kamu indahkan, maka apa pantas mengharapkan-Nya mengabulkan do'amu? Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang dan Maha Pengasih, kadang Allah memberikan kita begitu banyak nikmat tanpa perlu kita minta. Maka jangan ragu untuk meminta kepada-Nya dengan mengindahkan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya terlebih dahulu yaaa moeslemates!


Moeslemates, itu dia 6 cara berdo'a yang baik agar dikabulkan yang bisa jadi referensi Kamu dalam berdo'a. Jangan ragu untuk terus meminta dan memohon kepada-Nya tentang segala sesuatu, karena semua do'a itu belum tentu ditolak atau tidak didengar, melainkan Allah menyiapkannya untuk di waktu yang lebih tepat, atau menggantinya dengan hal-hal yang lebih baik bagi Kamu. Semoga bermanfaat yaaa! ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS