363
  2016-08-02    

Sholat Tahajud Tidak Hanya Sebuah Sunnah

sudah tahu apa saja manfaat utama dari sholat tahajud? sungguh menenangkan hati bila mengetahui hal ini.

Deane Lene 1,653 views

Assalamualaikum moeslemates.

Kali ini aku akan membahas mengenai apa saja manfaat utama shalat tahajud. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya tetapi juga mungkin ada yang belum. Seperti yang kita ketahui bahwa shalat tahajud bukan salah satu shalat yang wajib melainkan shalat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan di tengah malam. Jika di jalani dengan penuh ketekunan dan keikhlasan, shalat tahajud niscaya akan memberikan begitu banyak manfaat yang amat berlimpah bagi kita semua. Dalam uraian berikut ini kita akan memetakan tiga diantaranya. Tiga dimensi manfaat yang layak kita resapi dengan penuh kesungguhan dan kelapangan hati tentunya.

1. Memuliakan diri untuk berada di sisi-Nya

Sebuah janji yang pasti dan tidak mungkin diingkari, adalah janji Allah Swt. Allah SWT berjanji akan menempatkan para umatnya ke tempat yang terpuji bagi mereka yang senang melakukan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharap ridha Sang Ilahi (QS: Al-Isro’79).

Maka terbentanglah jalan kebahagiaan yang paling hakiki, jalan yang lurus menuju surga yang abadi dan dimuliakan oleh Allah SWT.

2. Sebaik-baiknya sholat sunnah pengantar doa

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah Sunnah yang utama dan merupakan media yang mustajab untuk menghantarkan doa-doa kita kepada Yang Maha Memberi segalanya.

Dengan keyakinan yang teguh, hati yang ikhlas berharap ridhonya, berdoa sebaik-baiknya dari hati kepada Allah SWT akan hal-hal yang baik maka Allah SWT akan senantiasa menuntun kita untuk tetap berada dijalannya serta menjaga kita dari hal-hal yang Allah tidak sukai juga menimbulkan dosa.

Seperti yang dikatakan oleh hadits HR Bukhari dan Muslimah bahwa “pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman “barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa yang meminta ampunan-Ku, maka Aku ampuni dia”
Sebagaimana tercantum dalam hadits diatas, dalam sepertiga malam terakhir Allah SWT berserta para malaikat-Nya turun kelangit dunia dan mendengarkan serta memperkenankan segenap doa yang dihantarkan oleh mereka yang menjalankan shalat tahajud secara khusyu.

3. Menjalin kedekatan dengan Allah SWT

Melakukan shalat tahajud secara tekun dan konsisten juga akan membuat kita makin dekat dengan sang ilahi.

Kedekatan ini niscaya akan membuat hati dan batin kita semakin hari semakin merasa tenang dalam menghadapi kehidupan yang penuh dinamika ini.

Ketenangan hati hanya akan bisa kita dapatkan ketika kita merasa dekat dengan Allah SWT. Ketenangan hati, ketentraman pikiran dan kejernihan nurani sedikit demi sedikit akan tertanam dalam diri kita jika telah menjalani shalat tahajud dengan tekun maka hal tersebut memberikan pengaruh positf dalam kehidupan kita.

Ketenangan hati dan ketentraman pikiran yang hakiki akan memberikan bahan dasar yang penting untuk merajut kebahagiaan hidup yang sejati Kebahagiaan lantaran ia bisa merasakan kedekatan dan membangun interaksi yang intens dengan sang pemberi hidup.

Perasaan nyaman dalam menjalani kehidupan akan terus ada di dalam jiwanya secara permanen manakala seorang hamba mampu menjalani shalat tahajudnya dengan konsisten.

Bagaimana perasaan moeslemates setelah membaca artikel ini? Merasa tergugah untuk mencoba melaksanakannya bagi yang belum pernah melaksanakan shalat tahajud atau mungkin moeslemates sudah pernah melaksanakannya namun hanya sekali waktu saja dan lebih tergugah untuk meningkatkan itensitas shalat tahajudnya? Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi moeslemates untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Wassalamualaikum.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS