3514
  2017-03-31    

Makeup dan Busana Untuk Kondangan yang Membuat Kamu Terlihat Lebih 'Berbeda' #MyHijabDiary

Mari membuat teman-teman lama terpukau dengan penampilan yang 'berbeda"!

Septiyani Wafda 570 views

Assalamu'alaikum Moeslemates! Untuk para moeslemates yang berumur 20-an tentu kondangan adalah kegiatan yang hampir selalu dilakukan di setiap bulan kan? Mulai dari teman-teman SD, SMP, SMA, Kuliah sampai teman satu kantor pasti sudah banyak yang membuka lembaran baru kehidupan. Nah, saat bertemu teman lama pasti ada saja hal-hal yang berubah. Terlebih dari segi penampilan. Lalu bagaimana cara membuat teman-teman kita terkesima dengan penampilan kita saat bertemu di acara kondangan? Aku punya beberapa tipsnya loh! Yuk disimak!
Simple tapi ngga polos, mewah tapi ngga lebay

1. ALAS BEDAK (FOUNDATION)

Menggunakan alas bedak atau foundation adalah basic pertama saat kita akan mulai merias wajah. Untuk muka yang berjerawat, pemilihan foundation yang tepat sangat penting untuk menutupi bekas-bekas jerawat. Sedangkan untuk pemakaiannya, foundation ini sendiri bisa disesuaikan dengan waktu dan tempat kondangan. Ketika kondangan pada pagi atau siang hari, alangkah baiknya menggunakan foundation secukupnya saja. Karena biasanya jika terkena sinar matahari, muka akan terlihat terlalu "medok" dan ketika berkeringat akan membuat foundation tersebut terlihat "pecah" di wajah. Hal ini pun berlaku untuk tempat kondangan di rumah. Karena jika menggunakan foundation berlebihan, penampilan kita akan terlihat terlalu mencolok di bandingkan yang lainnya. Untuk kondangan pada malam hari ataupun kondangan di dalam gedung, menggunakan foundation yang lebih tebal tidaklah masalah salama masih dalam batas "normal". Maksudnya disini, jangan sampai tebalnya foundation kita mengalahkan tebalnya foundation pengantin ya. Nanti tamu undangan malah menyalami kita lagi. Nah loh! dan untuk warna, pilih warna foundation yang cocok dengan kulitmu yaa.

2. RIASAN DI DAERAH MATA

Salah satu hal yang paling membedakan saat perempuan berdandan atau tidak adalah riasan di daerah mata. Yang pertama adalah alis. Zaman sekarang sepertinya 'membentuk' alis adalah pelajaran yang paling sering di pelajari oleh para perempuan, dibandingkan pelajaran memasak di dapur. Karena dengan alis yang lebih rapih, bentuk muka pun terlihat lebih cerah dan berbeda. Beberapa orang bahkan menyulam alisnya demi wajah yang lebih menarik. Namun sebagai seorang muslimah, jangankan menyulam, membentuk alis dengan memotongnya pun tidak diperbolehkan. Namun jangan kecewa, karena ada banyak cara atau tutorial yang bisa kita lihat di youtube untuk membuat alis yang rapih tanpa perlu memotongnya.

Kedua adalah eyeshadow. Pergunakanlah eyeshadow dengan warna-warna yang cocok dengan mata dan busana kita. Jika kita mempunyai mata yang kecil atau sipit, menggunakan eyeshadow dengan warna gelap di ujung kelopak mata akan membuat mata terlihat lebih besar. Sedangkan warna-warna yang lebih terang bisa digunakan oleh perempuan yang mempunyai mata yang sudah 'besar' agar terlihat lebih fresh.

Ketiga adalah penggunaan eyeliner dan maskara. Untuk perempuan yang bermata kecil, menggunakan eyeliner dengan agak tebal dan di tambahkan 'wing' diujungnya akan membuat mata terlihat besar dan lebar. Sedangkan untuk perempuan yang bermata besar, cukup usapkan eyeliner secara tipis dari ujung ke pangkal mata. Kemudian gunakan maskara pada bulu mata untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik. Untuk yang mempunyai mata kecil dan bulu mata yang tipis, menggunakan bulu mata dengan bentuk yang 'natural' pun dapat digunakan untuk menunjang penampilan.

3. PERONA PIPI (BLUSH ON)

Agar wajah tidak terlihat pucat setelah menggunakan foundation, kita sebaiknya menggunakan blush on agar pipi terlihat lebih merona. Usapkan blush on pada pipi secukupnya dengan lembut menggunakan kuas khusus blush on agar penggunaan blush on merata dan tidak terlalu tebal. Bagi yang memiliki kulit putih, blush on berwarna pink muda cocok di gunakan agar wajah terlihat 'imut' sedangkan untuk kulit muka yang lebih gelap, blush on berwarna orange atau kecoklatan bisa membuat wajah lebih merona. Untuk shading, jika tidak terlalu di perlukan, lebih baik tidak di gunakan karena akan membuat riasan wajah terlalu menonjol.

4. LIPSTICK

Lipstik adalah alat make up yang sudah biasa dipakai di keseharian oleh hampir seluruh perempuan. Memilih warna lipstik untuk kondangan pun ada tipsnya loh. Untuk acara kondangan yang di adakan pada siang hari, kita bisa menggunakan lipstik dengan warna soft sehingga terkesan lebih kalem dan feminim. Sedangkan untuk kondangan pada malam hari, kita bisa menggunakan warna yang lebih menyala seperti warna merah. Lipstik dengan warna merah bisa memberikan kesan mewah dan glamor walaupun make up yang kita gunakan hanyalah make up yg simple. Lipstik warna inu pun cocok untuk kita pakai ketika acara kondangan di langsungkan di gedung.

5. BUSANA

Tips yang terakhir adalah pemilihan busana. Hal ini lumayan penting juga looh, jangan sampai mood kamu rusak karena kamu merasa busana yang kamu pakai itu salah alias saltum atau salah kostum. Untuk yang bertubuh mungil mungkin lebih mudah menentukan busana apa yag harus mereka kenakan, sedangkan untuk yang bertubuh 'agak' besar seperti saya pasti bingung kaan mau memakai busana apa. Jangan khawatir, selagi kita bisa memadu padankan busana dengan baik, kita bisa juga kok terlihat menarik. Tips untuk yang bertubuh gemuk seperti saya, hendaknya menggunakan long dress dibanding menggunakan kebaya seperti kutu baru. Karena dengan menggunakan kebaya seperti kutu baru akan membuat kamu terlihat lebih berisi!

Demikanlah beberapa tips yang bisa aku bagiin buat kalian. Semoga setelah membaca ini semoga penampilan kalian menjadi semakin menarik ya saat menghadiri acara pernikahan. Good luck!

Septiyani Wafda
Septiyani Wafda
Teacher || cooking enthusiast 💕
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Septiyani Wafda
Septiyani Wafda
Teacher || cooking enthusiast 💕

no comments

Follow Moeslema on SNS