347
  2016-07-27       ferdfound.wordpress.com

Uji Coba Plat Ganjil-Genap di Mulai Hari Ini, Kamu Sudah Siap?

Beragam cara sudah dicoba untuk mengatasi kemacetan di pusat ibukota. Hari ini, uji coba sistem baru sedang dilaksanakan. Pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor kendaraan.

Official Moeslema Team 22 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Untuk mengatasi kemacetan di Ibukota, pemerintah mengeluarkan kebijakan nomor plat kendaraan ganjil-genap. Kebijakan serupa telah diterapkan di Negara-negara lain seperti Mexiko, Kolombia, China, Prancis, Korea Selatan, dan India dengan hasil yang bias dibilang tidak memuaskan. Setelah menyosialisasikan kebijakan ini dari tanggal 28 Juni hingga kemarin, hari ini uji coba mengenai peraturan ini akan dimulai sampai tanggal 26 Agustus 2016 mendatang.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas harian di Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan sampai Gerbang pemuda) dan sekitarnya, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal berikut:

Jam Berlaku

07.00 – 10.00 WIB dan 16.00 – 20.00 WIB

Tidak Berlaku Untuk

Kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI
Kendaraan Pejabat lembaga tinggi negara (plat RI beserta pengawal)
Kendaraan dinas (plat Dinas)
Mobil pemadam kebakaran
Mobil ambulans
Mobil angkutan umum (plat kuning)
Angkutan barang (dengan dispensasi)
Sepeda motor kecuali pada kawasan yang telah diberlakukan larangan (Jalan Merdeka Barat sampai Jalan Thamrin)

Sanksi

Selama masa uji coba, sanki yang diberikan masih berupa blanko peringatan. Blanko ini terdiri dari 3 salinan yang masing-masing untuk pelanggar, instansi dimana pelanggar bekerja, dan satu lagi untuk arsip.

FYI moeslemates, sanksi normal akan diterapkan setelah aturan resmi diberlakukan mulai tanggal 30 Agustus 2016. Jika kamu melanggar aturan ganjil genap, kamu akan dikenakan sanksi berdasarkan Pasal 280 ayat 1 yaitu pidana penjara 2 bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Sementara itu, jika kamu melanggar rambu, kamu akan dikenakan Pasal 287 ayat 1 dengan sanksi pidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu dan jika kamu tidak membawa STNK maka kamu akan dikenakan sanksi pidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu karena melanggar Pasal 288 ayat 1.

Yang pasti jangan coba-coba gunakan plat nomor dan stnk palsu yah moeslemates karena kamu bisa ditilang. Meskipun sedang masa uji coba, pemalsuan nomor kendaraan bermotor dan surat kendaraan adalah hal yang melanggar peraturan dan akan ditindak lanjut sesuai peraturan yang berlaku.

Pengalihan Arus

Jika kamu memiliki plat nomor yang tidak sesuai, bisa jadi kendaraanmu akan dialihkan ke jalan lain. Ini adalah rute pengalihan arus yang dilangsir dari Liputan6.com.

Jalur dari arah timur ke barat, yaitu Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof Dr Satrio-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan Gatot Subroto-Jalan S Parman/Slipi dan seterusnya.

Jalur dari arah barat mengarah ke timur/selatan, yaitu Jalan Gatot Subroto-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Dr Satrio-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto/Jalan Kapten Tendean dan seterusnya.

Jalur dari selatan mengarah ke utara, yaitu Jalan Panglima Polim-Jalan Bulungan-Jalan Pati Unus-Jalan Hamengku Buwono X-Jalan Hang Lekir-Jalan Asia Afrika-Jalan Gelora-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Penjernihan-Jalan KH mas Mansyur-Jalan Cideng Barat/Cideng Timur-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit dan seterusnya.

Sementara itu, kendaraan dari utara mengarah ke selatan melintasi Jalan Gajah Mada/Hayam Wuruk (Harmoni)-Jalan Ir H Juanda-Jalan Veteran III-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Ridwan Rais-Jalan Prapatan-Jalan Abdul Rahman Hakim (Tugu Tani)-Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan Teuku Umar-Jalan Sam Ratulangi-Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.



Bagaimana menurutmu moeslemates? Ada yang sudah mulai mersakan efeknya tadi pagi?
Semoga program ini bisa mengurangi kemacetan di Jakarta yaa. Amiin…

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS