3453
  2017-03-22       bellemichelle.com

Tips Agar Tidak Tersesat di Jepang Ala Backpacker

Moeslemates, berencana untuk backpackeran ke Jepang? Yuk intip di sini tips agar kamu tidak tersesat saat sedang travelling ke negara satu ini!

rianarianni 285 views

Assalamualaikum Moeslemates,

Berkunjung ke negara yang sama sekali asing bagi kita memang tidaklah mudah. Ditambah lagi jika kamu tidak mengerti native language dari negara yang akan kamu kunjungi. Namun, walaupun begitu ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kemungkinan tersesat terutama jika kamu sedang berencana berkunjung ke Jepang. Yuk simak 3 tips utama agar kamu tidak tersesat di Jepang ala backpacker:

1. Menyewa Pocket Wifi

Untuk Moeslemates yang khawatir mengenai akses internet di Jepang dan mempunya budget berlebih, kamu bisa menyewa pocket wifi sebagai penyelamat. Pocket wifi sendiri bisa kamu sewa langsung dari Indonesia di beberapa travel agent ataupun ketika sampai di Jepang.

Mengapa pocket wifi? Hal ini dikarenakan pocket wifi dapat digunakan untuk banyak gadget dan biasanya maksimal 10 devices. Jadi, akan sangat irit bagi kamu yang berpergian bersama rombongan teman backpacker lainnya. Selain itu, Moeslemates dapat menggunakannya di seluruh Jepang.

Harga yang ditawarkan pun beragam namun biasanya disewakan seharga 3,700 yen per minggu untuk harga termurah. Kekurangannya dari pocket wifi ini sendiri adalah Moeslemates harus mengembalikannya ke tempat di mana kamu meminjamnya. Selain itu, pada beberapa counter di bandara Jepang juga dibatasi dengan pembayaran credit card saja dan tidak bisa cash. Jadi, akan jauh lebih baik untuk menyewa pocket wifi saat berada di Indonesia.

2. Hunting Wifi Gratis

Source: en.japantravel.com

Kalau Moeslmates yang pergi ke Jepang dengan budget sangat terbatas, fasilitas free wifi bisa banget kamu manfaatkan. Free wifi di Jepang sendiri bisa kamu dapatkan di tempat-tempat strategis seperti stasiun kereta, bandara, 7-Eleven dan Family Mart. Biasanya kamu akan diminta untuk masuk ke dalam browser terlebih dahulu dan memasukkan email. Free wifi ini sendiri biasanya memiliki batasan waktu tertentu untuk mengaksesnya. Jadi pastikan diri kamu untuk mengakses hal-hal yang penting saja ya.

3. Manfaatkan Wifi Hostel

Selain di tempat-tempat yang strategis, free wifi biasanya juga disediakan di hostel tempat kamu menginap. Hampir sebagian besar hostel, hotel, ryokan atau penginapan jenis lainnya di Jepang telah dilengkapi oleh fasilitas yang menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap wisatawan asing.


Agar tidak kebingungan dalam perjalanan saat mengandalkan freewifi, cobalah untuk mencari tau jalur kereta ataupun bis untuk mencapai tempat tujuan terlebih dahulu sebelum kamu keluar dari hostel. Untuk negara Jepang sendiri, salah satu situs yang sering diakses oleh para turis asing adalah Hyperdia. Website ini sendiri menyediakan beragam informasi tentang rute dan jadwal kereta hingga pesawat. Dilengkapi dengan bahasa inggris, kamu bisa mencari tau jalur perjalanan secara lengkap bahkan sesuai tanggal dan jam perjalanan.

Selain Hyperdia kamu juga bisa mengandalkan Google Maps yang tidak kalah lengkapnya. Setelah mencari tau, pastikan untuk screenshot semua detail perjalanan untuk mengingatkan kamu. Selain itu, siapa tau kamu tidak mendapatkan akses free wifi saat sedang dalam perjalanan.

4. Jangan Panik

Jika ternyata kamu kebingungan dan merasa tersesat dalam perjalanan saat di Jepang, coba untuk tetap tenang dan bertanya dengan petugas stasiun ataupun orang yang kamu rasa dapat membantu kamu. Walaupun terkendala bahasa namun tidak jarang orang Jepang akan mengantarkan kamu ke tempat yang kamu tuju ataupun kepada seseorang yang mereka anggap dapat membantu kamu.

Sebagai salah satu contohnya adalah ketika teman saya tersesat saat mencari hostel di perjalanan pertama ke Jepang. Handphone yang mati dan hanya mengandalkan selembar alamat hostel membuatnya kehilangan arah sesampainya di stasiun terdekat. Walaupun hanya ada seorang nenek saat itu, teman saya mencoba untuk bertanya dengan bahasa Jepang ala kadarnya dan beliau mengantarkannya ke sebuah klinik terdekat dikarenakan ada seseorang yang bisa bahasa inggris di sana.

Selain itu, ada cerita lainnya dari seorang teman yang kebingungan akan platform kereta yang harus ia naiki kepada seorang Bapak. Dengan senang hati, Bapak tersebut justru mengantarkannya ke platform yang tepat dan bahkan diberikan minum karena teman saya terlihat kelelahan saat itu.

Source: vimeo.com

Kalau buat saya sendiri sih tersesat itu hanyalah proses pembelajaran untuk menambah pengalaman. Karena kamu belum sepenuhnya traveling kalau belum merasakan kebingungan karena terseat hehe :p Jadi, jangan pernah takut bertanya saat kamu berada di Jepang ya Moeslemates.

rianarianni
rianarianni
Piscean || 24/7 Fangirl || Cat Enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
rianarianni
rianarianni
Piscean || 24/7 Fangirl || Cat Enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS