3399
  2017-03-05       www.google.co.id

6 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Menginap di Hostel

Sedang mempertimbangkan untuk menginap di hostel selama jalan-jalan di Jepang? Yuk simak artikel berikut ini!

Airin Karima Ahmad 124 views

Assalamualaikum Moeslemates!

Di Jepang, menginap di hostel menjadi pilihan banyak backpackers karena memang bisa menekan pengeluaran dengan cukup signifikan. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan selama menginap di hostel. Yuk simak apa saja yang harus kamu perhatikan jika ingin menginap di hostel!

1. Sistem Kunci

Ketika check-in, kita akan diberi 2 buah kunci oleh petugas. Satu buah kunci untuk ruangan dormitory, dan satu buah kunci untuk security box yang bisa kita gunakan.

Selain dengan kunci manual, ada juga hostel yang menggunakan kode untuk membuka pintunya. Untuk hostel yang menggunakan pintu seperti ini, alih-alih diberikan kunci, kita akan diberi secarik kertas yang bertuliskan kode kombinasi huruf dan angka. Nantinya kita harus input kode tersebut untuk membuka pintu.

2. Menggunakan Linen Sheets Ketika Tidur

Source: aff.bstatic.com

Setelah menyelesaikan proses check-in, kita akan diantar ke kamar dormitory oleh petugas hostel. Kita akan ditunjukkan capsule room/bunk bed yang akan kita tempati. Nantinya diatas kasur, kita akan menemukan selimut, bantal, dan dua buah kain linen.

Yang baru pertama kali menginap di hostel mungkin bingung, kain linen ini untuk apa?

Jadi, kita diminta untuk menggunakan kain linen tersebut diantara kasur dan selimut yang kita gunakan saat tidur (Jadi kasur dan selimut tidak kena kontak langsung dengan badan kita). Tujuannya supaya kasur dan selimut tetap bersih. Nanti ketika check out, kain linen tersebut kita lepas, kemudian kita letakkan ke dalam laundry box yang disediakan hostel.

3. Tersedia Mesin Cuci

Jika kamu pergi ke Jepang menggunakan budget airlines dan tidak ambil add-ons bagasi sehingga tidak bisa membawa banyak pakaian, jangan khawatir! Setiap hostel memiliki fasilitas mesin cuci koin yang dapat kita gunakan. Biaya untuk memakai mesin cuci yaitu 200 yen, sedangkan untuk menggunakan mesin pengering yaitu 100 yen.

Untuk menggunakannya kedua mesin ini caranya cukup mudah. Masukan pakaian yang mau dicuci, tuang deterjen secukupnya, tutup mesin cucinya, lalu masukkan koin ke slot koinnya. Setelah itu mesin akan mulai bekerja. Untuk menggunakan mesin pengering caranya juga sama. Setelah pakaian dimasukkan, tutup mesinnya, lalu masukkan koin supaya mesinnya jalan. Mencuci pakaian makan waktu 60 menit, sedangkan untuk mengeringkan pakaian dengan mesin pengering butuh waktu 45 menit.

Kemarin waktu trip ke Jepang, aku coba untuk memakai kedua mesin ini, dan menurut aku pakai mesin cuci aja udah cukup kok. Dryer mesin cuci udah bikin pakaian jadi siap jemur. Untuk menjemur pakaian biasanya disediakan tempat di rooftop hostel.

Untuk menggunakan mesin cuci biasanya waktunya dibatasi pukul 9 pagi - 9 malam. Deterjen diberikan secara cuma-cuma, namun biasanya kamu harus minta ke staf yang ada di resepsionis.

4. Mencuci Peralatan Makan Sendiri

4. Ketika kita menggunakan fasilitas makan atau masak di hostel (piring, gelas, panci, dan lain-lain), peralatan tersebut harus dicuci, dikeringkan dengan lap, dan dikembalikan ke tempat semula. Di hostel jasa pembersih digunakan hanya untuk membersihkan ruangan-ruangan hostel. Jadi hal-hal kecil seperti mencuci piring dan peralatan masak, harus dilakukan sendiri oleh kita.

5. Menggunakan Pintu Samping

Pintu depan hostel dan resepsionis biasanya akan tutup setelah pukul 10/11 malam. Kalau kita pulang ke hostel lebih malam dari itu, kita harus masuk menggunakan pintu samping.

6. Waktu Check-In dan Check-Out

Waktu check-in untuk hostel biasanya setelah lewat jam makan siang yaitu pukul 1 atau 2 siang. Kalau kamu sudah tiba sebelum waktunya dan mau check-in biasanya boleh-boleh saja kalau memang ruangan yang mau kamu tempati sudah selesai dibersihkan. Kalau ternyata ruangan kamu belum selesai dibersihkan, kamu belum bisa masuk ruangan namun boleh menitipkan barang bawaan kamu di resepsionis.

Sedangkan untuk waktu check-out, biasanya pukul 10 pagi atau 11 siang. Setelah check out, kamu masih boleh menitipkan barang bawaan kamu di hostel sampai kira-kira pukul 8 malam (atau biasanya sampai resepsionis tutup).

Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang mencari infor mengenai hostel di Jepang ya Moeslemates. Pada artikel berikutnya, aku akan me-review hostel-hostel yang aku gunakan selama di Jepang.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Airin Karima Ahmad Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS