3397
  2017-03-04       aecnitiv.com

Bekraf Luncurkan Indonesia Trend Forecasting

Berawal dari dorongan agar Indonesia menjadi tren dunia, Bekraf luncurkan Indonesia Trend Forecasting pada 28 Februari lalu. Simak selengkapnya di sini!

Official Moeslema Team 315 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan pembenahan guna mendorong peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia, terutama dalam aspek riset dan pengembangan. Salah satu langkahnya adalah dengan meluncurkan buku Indonesia Trend Forecasting (ITF) 2017-2018 untuk subsektor desain interior, desain produk, fesyen, dan kriya.

Buku ITF ini mengulas pembagian subtema tren yang melekat pada keempat subsektor tersebut, yakni Archean, Vigilant, Cryptic, dan Digitarian. Dengan ulasan ini, diharapkan kebutuhan informasi akan update tren diharapkan dapat terjawab. Menurut Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Adhi Nugraha, peran utama prediksi tren yakni untuk menyuguhkan pilihan dalam arahan gaya, penampilan, maupun performa produk, termasuk dalam membangkitkan pengalaman atau feeling tertentu kepada pengguna.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, bahwa melalui serangkaian riset dan tinjauan berbagai literatur, buku ini dapat menjadi referensi yang baik serta strategis bagi pertumbuhan industri kreatif di Tanah Air. Kurangnya riset dan pengembangan merupakan tantangan dalam subsektor tersebut, sehingga produk-produk yang dihasilkan kurang memiliki daya saing. Kehadiran ITF diharapkan dapat menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi subsektor desain interior, desain produk, fesyen, dan kriya.

Indonesia Trend Forecasting Subsector

ARCHEAN mempresentasikan bentuk-bentuk dan sistem yang mengingatkan pada material alamiah dan mentah dari segala lapisan bumi: bebatuan, kayu, mineral, metal, berdampingan dengan bentuk-bentuk dan warna organisme sederhana namun berdaya hidup kuat seperti lumut, jamur dan bakteri.

VIGILANT, perpaduan kontras namun tenang, antara gaya konservatif dengan modern, gaya timur dengan barat, kesederhanaan dan kemewahan. Ditampilkan melalui bentuk-bentuk basic dan potongan yang sederhana, dengan dominasi warna-warna kalem dan muram, serta tekstur yang alami.

CRYPTIC, diilhami oleh Bioengineering yang sifatnya lebih hybrid dan dengan aplikasi yang lebih fungsional. Mempresentasikan gaya hidup dengan dasar ilmu pengetahuan tinggi dan bertanggungjawab dengan habitat dan lingkungan sekitarnya. Aktif, dinamis dan mampu mencari solusi dengan metoda yang cerdas dan sistematis serta kreatif.

DIGITARIAN, diilhami oleh Generasi Z, yang tidak pernah mengenal dunia tanpa internet dan memiliki kehidupan pararel antara virtual dan nyata dan memiliki interaksi menarik dengan generasi pendahulunya. Mempresentasikan campuran gaya estetis dari beberapa generasi.

Kemampuan membaca tren merupakan kunci dalam penciptaan produk yang berdaya saing guna memenangkan persaingan global. Dengan demikian trend forecasting yang diluncurkan Bekraf diharapkan dapat menjadi langkah strategis Bekraf dalam menjawab tantangan guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat inspirasi tren dunia. Buku ini dapat diunduh secara gratis di sini!

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS