3385
  2017-03-06       www.dekoruma.com

Yuk, Kenali Lima Jenis Sofa Minimalis Berikut!

Rutinitas padat, tidak dapat diingkari “memangkas” waktu untuk saling bersilaturahmi. Belum lagi, perihal gaya hidup individualis; yang kentara lewat keberadaan pagar pemisah antara satu rumah dengan rumah lainnya. Yuk, jadikan sofa minimalis sebagai saran berkumpul bersama orang-orang tercinta.

Kania 382 views

Rutinitas padat, tidak dapat diingkari “memangkas” waktu untuk saling bersilaturahmi. Belum lagi, perihal gaya hidup individualis; yang kentara lewat keberadaan pagar pemisah antara satu rumah dengan rumah lainnya. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada menghilangnya peran ruang tamu sebagai tempat “menerima” kunjungan. Pada rumah-rumah bertipe minimalis, misalnya--kerap terlihat adanya penggabungan fungsi ruang tamu dan ruang keluarga.
Harus diakui, masalah bujet dan kepraktisan menjadi alasan, mengapa kini, banyak orang cenderung menyukai rumah mungil bertipe minimalis. Sayang, pilihan tersebut bukan tanpa risiko. Tantangan lantas muncul, ketika penghuninya--dituntut untuk mampu menata ruang mungil, agar tetap nyaman dan tidak terasa sesak. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan, yakni dengan menerapkan perabot (furnitur) bertema minimalis; salah satunya sofa atau kursi ruang tamu.

Sofa Minimalis

Pada akhirnya, sofa yang serasi dengan konsep ruang tamu (atau ruang keluarga) dapat dipastikan akan menciptakan nuansa tersendiri yang nyaman, lagi menyenangkan. Tidak hanya sekadar tempat duduk; pemilihan sofa yang tepat juga mampu menunjang konsep ruang Anda menjadi lebih baik, lho. Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memilih sofa minimalis, mencakup:
1. Praktis dan simpel. Sofa minimalis cocok ditempatkan di mana saja; di setiap sudut ruangan--lantaran bentuknya yang fleksibel dan simpel. Keberadaannya sendiri dianggap mampu menunjang estetika ruang dengan sederhana; tidak berlebihan, namun tetap sedap dipandang.
2. Harga terjangkau. Tidak perlu bingung mencari sofa minimalis murah. Di pasaran, Anda akan menjumpai beragam jenis bentuk, corak, maupun ukuran yang dijual dengan harga terjangkau, kok.
3. Multifungsi. Entah untuk duduk, rebahan, atau justru tidur betulan--sofa minimalis bisa jadi tempat yang nyaman, lho.
4. Perawatan mudah. Untuk membersihkan noda maupun debu yang menempel, Anda cukup menggunakan pengisap debu (vacuum cleaner), lap kering, maupun cairan pembersih sofa.
5. Ada banyak jenis. Anda bisa memilih beragam jenis, ukuran, corak, maupun warna sofa minimalis. Kuncinya, hanya perlu sesuaikan dengan tema ruangan, kok.
Nah, setelah membahas lima alasan mengapa Anda harus membeli sofa minimalis murah, berikut adalah lima jenis sofa di pasaran, yang harus Anda ketahui.

1. Single Seater

Sofa Casa Bella 1 Seater

Biasanya, jenis ini hanya muat untuk diduduki oleh satu orang. Namun jangan khawatir. Sebagai pelengkapnya, toko furnitur biasanya cenderung melengkapi single seater dengan sofa double seater; bahkan menjualnya dalam satu paket. Nah, bila Anda ingin membeli satuan, ada juga lho toko yang menjualnya secara terpisah.

2. Sofa “L”

Murakami Hori Sofa Set Hijau Neptune

Sesuai sebutannya, jika diperhatikan, bentuk sofa ini memang menyerupai huruf “L”, kok. Biasanya, sofa ini akan ditempatkan di ruang tamu atau justru ruang keluarga--yang sekiranya akan “dihuni” oleh banyak orang. Oh ya, sofa jenis ini juga mampu menampung empat hingga lima orang, lho!
Adapun secara umum, sofa “L” ini terdiri atas rangkaian sofa kecil tanpa sandar--meski tidak menutup kemungkinan, juga dapat dijual satu paket dengan sofa-sofa kecil lainnya (tiga dudukan dengan satu dudukan memanjang ke depan). Di sisi lain, inilah yang lantas mengakibatkan, harga sofa “L” ini bisa dikatakan cukup mahal.
Pada dasarnya, sofa “L” ini sangat membantu untuk menghemat ruang; terutama ketika ditempatkan di ruangan yang mungil. Tidak hanya itu, fungsinya juga bisa meluas menjadi “pembatas” antara ruang tamu dengan ruang lainnya. Sebagai informasi, jenis sofa yang bernama lain “sofa sudut” ini juga bisa digunakan untuk berselonjor atau justru tidur sungguhan--sembari menonton acara televisi di ruang keluarga.

3. Sofa Cangkang Telur

Source: sc01.alicdn.com

Sofa Cangkang Telur

Disebut demikian, sebab sofa ini memiliki bentuk oval--atau yang lebih tepatnya, menyerupai cangkang telur. Dengan bentuk yang demikian, maka wajar saja jika setiap dudukan hanya bisa ditempati oleh satu orang saja. Adapun kelebihannya, terletak pada peran sofa yang mampu menciptakan kesan yang lebih santai--terutama akibat posisi sandarannya yang berbentuk cekung.
Nah, bagi Anda yang ingin menikmati waktu bersantai, entah untuk beristirahat, minum kopi, atau justru sekadar membaca buku--jenis sofa ini amat cocok ditempatkan di teras (depan atau belakang) dan balkon rumah, lho. Penasaran ingin mencoba?

4. Sofa Bed

Furnio Alaska Sofa Bed

Kehadiran sofa bed pada dasarnya bisa menjadi solusi--terutama jika rumah Anda sering kali menjadi tempat aktivitas kumpul-kumpul. Dalam hal ini, sofa bed bukan hanya berfungsi sebagai tempat duduk semata; melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersandar, rebahan, atau justru tidur betulan!
Dalam kondisi normal, bentuk sofa ini memang akan tampak seperti sofa pada umumnya. Namun, jika Anda cermat--terdapat satu bagian di bawah sofa yang bisa Anda tarik memanjang; lalu digunakan sebagai tempat tidur yang nyaman. Namun, harus diingat, ada pula jenis sofa bed yang rupanya tidak memiliki bagian lain di bagian bawah. Adapun secara umum, sofa bed memiliki ciri umum seperti berukuran panjang, memiliki permukaan yang cukup luas, serta terbuat dari bahan yang nyaman untuk duduk maupun tidur.

5. Sofa Bundar

Sofa Bundar / Ottoman

Sesuai namanya, sofa ini memiliki bentuk bundar. Nah, bentuk bundar ini sendiri memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan keluarga atau justru orang terdekat dengan leluasa. Apalagi, hal ini juga ditunjang dengan ukurannya yang cukup besar, serta berbahan lembut--sehingga memungkinkan lebih dari satu orang duduk di sana.
Nah, selain di ruang keluarga, Anda juga bisa menempatkan sofa bundar ini di ruang baca, lho.
Di tengah beragamnya toko yang melayani jasa jual kursi tamu, itulah lima jenis sofa di pasaran yang harus Anda ketahui. Adapun pemilihan sofa pada banyak ruang biasanya berbeda-beda; disesuaikan dengan bentuk dan fungsi ruang itu sendiri. Dalam hal ini, Anda tidak diharuskan membeli sofa minimalis murah untuk menjamin kualitasnya, kok. Sebaliknya, penting untuk tetap memastikan sofa yang dipilih terbuat dari bahan yang aman dan nyaman--meski itu tidak berarti harus berharga mahal.

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction

2 comments

Follow Moeslema on SNS