3379
  2017-04-20    

10 Cara Agar Shalat Khusyu

Shalat dengan khusyu merupakan keutamaan bagi umat Islam, karena sebagai salah-satu ciri orang yang beriman. Lalu bagaimana caranya agar shalat khusyu? Yuk simak caranya di sini, Moeslemates.

Fi'it Rachmawati 1,406 views

Arti Shalat Khusyu

Menurut ulama kenamaan dari Bandung Aceng Zakaria, shalat yang khusyu merupakan kondisi dimana hati dan anggota badannya fokus terhadap shalat yang dilaksanakan, ikhlas serta rendah hati dihadapan Allah SWT.

“Shalat khusyu bisa dilihat dalam Q.S Al-Mu’minun ayat 1 dan 2 yang menjelaskan khusyu itu merasa hina dan merendah diri kepada Allah S.W.T dengan hati dan anggota badannya,” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

Selain itu, masih banyak lagi penjelasan dari Al-Qur’an dan Hadist yang menerangkan mengenai shalat khusyu. Hal ini membuktikan dan menegaskan bahwa shalat dengan khusyu merupakan keutamaan bagi umat islam sebagai ciri orang yang beriman.

Lalu, bagaimana supaya shalat kita khusyu? Berikut hal-hal yang harus dilakukan a.l.

1. Lakukan dengan Sadar

Hal pertama yang harus dilakukan agar shalat khusyu adalah melakukan shalat dengan sadar, yaitu menyadari bahwa dirinya sedang mengabdi kepada Allah S.W.T.

Source: www.seruni.id

2. Menghayati dan Meresapi

Kedua tambah Aceng, cara agar shalat khusyu adalah dengan menghayati dan meresapi do’a atau bacaan-bacaan yang dibaca dalam shalat.

3. Lakukan dengan Penuh Harapan

Selain itu, berharaplah sungguh-sungguh untuk shalat yang dikerjakan tersebut diterima sebagai ibadah dan tentunya mendapatkan pahala dari Allah S.W.T.

4. Shalat Sesuai Aturan

Lalu, cara agar shalat khusyu lainnya adalah dengan mengerjakan shalat sesuai dengan petunjuk dan aturan Allah S.W.T serta Rasullah S.A.W.

5. Lakukan dengan Penuh Thuma’ninah

Kemudian kata Aceng, cara supaya shalat kita khusyu adalah dengan melaksanakan shalat penuh thuma’ninah atau sikap diam (tenang) saat shalat.

“Melakukan shalat dengan thuma’ninah dan tidak tergesa-gesa juga merupakan cara agar shalat bisa khusyu,” katanya.

6. Hindari Hal-Hal yang Membuat Buat Tidak Khusyu

Cara selanjutnya yaitu, dengan menghindari dari hal-hal yang akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan shalat.

“Seperti mematikan suara radio jika memang dirasa menganggu dan gangguan lainnya.” imbuhnya.

7. Harus Fokus

Disamping itu, supaya shalat khusyu yaitu dengan cara melaksanakan dengan fokus yang tinggi. Seperti tidak menoleh ke kanan dan ke kiri hingga melihat ke atas serta hal-hal lainnya yang mengganggu kefokusan kita saat shalat.

8. Shalat di Awal Waktu

Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS