3360
  2017-03-10    

4 Amalan Buat Manusia Masuk Surga dengan Damai

Dari berbagai macam amal sholeh yang diajarkan agama Islam, ternyata ada empat jenis amalan yang bisa membuat manusia masuk surga dengan damai. Mau tahu empat amalan tersebut? Yuk Kita simak penjelasannya Ustad Nur Ihsan Jundullah.

Fi'it Rachmawati 1,492 views

1. Menebarkan Salam

Menurut Ustad yang akrab disapa Kang Abe, empat amalan yang dapat membuat umat Islam masuk surga dengan damai yang pertama adalah menebarkan salam, baik menebarkan salam kepada yang dikenal maupun yang belum dikenal dengan cara salam sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW.

“Salam yang dicontohkan Rasul itu, seperti seluruh badan menghadap saat salam, mengulurkan tangan terlebih dahulu, menarik tangan lebih akhir dan mata memandang mata serta wajah yang penuh dengan senyum.”tuturnya, dalam acara Kajian Islam di Masjid Hotel Lingga, Bandung, belum lama ini.

2. Memberi Makan Fakir Miskin

Lalu amalan yang kedua, yaitu memberi makan fakir miskin. Sebagaimana pernah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan ahl suffah saling membagi makanan.

“Kita bisa melakukan amalan membagi makanan dengan selalu menyisihkan sebagian rejeki untuk memberikan makanan atau sekedar mentraktir teman atau mengagendakan makan bersama dengan kerabat atau orang yang membutuhkan.” tambahnya.

3. Menjaga Silaturahmi

Kemudian amalan lainnya tambah Kang Abe, yaitu menjaga silaturahmi sesama umat Islam. Seperti memperluas jaringan kekerabatan, menghindari pergaulan eksklusif, saling tolong menolong dan lain sebagainya.

“Hal ini penting dilakukan supaya ikatan kasih sayang antara sesama umat Islam semakin kuat.“ imbaunya.

Seperti dijelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari, yaitu ;

“Pelaku silaturahmi tidak sama dengan pelaku mukafi, pelaku silaturahmi adalah orang yang menyambungkan apa yang terputus.”

4. Perbanyak Shalat Malam

Selanjutnya amalan yang keempat yaitu perbanyak shalat malam, dimana shalat malan ini bukan saja membuat umat Islam masuk surga dengan damai, tetapi dapat juga melatih disiplin.

Itulah empat amalan yang membuat manusia masuk surga dengan damai. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam dijelaskan dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, yaitu:

“Wahai manusia tebarkanlah salam, bagikanlah makanan, jagalah silaturahim, shalatlah saat orang masih tidur. Maka, kalian akan masuk surga dengan kedamaian.”
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS