3313
  2017-03-10    

Kenali 5 Ciri-Ciri Kosmetik Palsu

Sebagai wanita, kita tidak pernah terlepas dari kosmetik sebagai penunjang penampilan kita sehari-hari. Walaupun kebutuhan tersebut sangat penting, kita tetap tidak boleh asal memilih produk. Cermati produk yang ada dipasaran agar wajahmu tetap sehat ya moeslemates.

Deane Lene 10,597 views

Sebagai seorang perempuan, make up adalah kebutuhan yang utama untuk menunjang penampilan agar lebih menarik dan memberikan kesan fresh. Meskipun ada beberapa perempuan yang tidak terlalu suka dengan make up, setidaknya mereka tetap menggunakan pelembap atau sun cream untuk tetap menjaga kesehatan kulitnya dan juga menggunakan bedak walaupun tipis.

Kosmetik yang beredar dipasaran sangat beragam sekali mulai dari produk lokal hingga produk impor. Dari mulai yang terkenal hingga tidak terkenal. Pada saat memilih kosmetik, kalian harus sadari bahwa tidak hanya produk kosmetik yang asli saja yang beredar di pasaran. Ternyata ada juga pedagang atau pun pemasok produk kosmetik palsu yang sangat berbahaya bagi para pemakainnya. Berbagai alasan yang menjadi latar belakang maraknya peredaran produk ini.

Beberapa waktu lalu aku mengalaminya sendiri. Ada sebuah produk kosmetik yang sudah lama aku inginkan dan kebetulan pada hari itu produk tersebut dijual dengan harga diskon yang cukup lumayan besar. Awalnya aku ragu dan penuh pertimbangan untuk memutuskan antara membelinya atau tidak. Aku meyakinkan diri karena si penjualnya menggunakan pakaian resmi dari produk tersebut. Hingga pada akhirnya aku membeli produk tersebut. Beberapa hari aku gunakan, ternyata aku baru menyadari bahwa produk ini tidak seperti produk aslinya. Setelah dicek ternyata benar bahwa produk tersebut palsu. Sungguh kecewanya aku mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk produk tersebut namun pada akhirnya tidak dapat digunakan.

Nah.... Dari kesalahan itu aku mempelajari beberapa hal untuk mendapatkan produk yang benar-benar asli dan aku juga ingin berbagi dengan kalian semua bagaimana mengetahui produk kosmetik yang palsu sehingga kalian tidak sia-sia ketika mengeluarkan uang.

Berikut 5 hal yang perlu kalian cek ketika ingin membeli suatu produk:

1. Pacakaging

Ini adalah hal utama yang harus kalian perhatikan. Ketika kalian membeli suatu produk kosmetik, perhatikan pacakagingnya terlebih dahulu. Perhatikan secara detail termasuk dengan penggunaan font terhadap kemasan tersebut apakah sama atau tidak dengan yang tertera pada website resminya. Kemudian perhatikan persisi bentuk logo dan penempatannya apakah sesuai atau tidak. Perhatikan pula tinta cetakan kemasannya jika terlihat lebih buram atau kusam atau tidak sama dengan produk yang sebelumnya sudah kalian miliki juga kemungkinan produk tersebut palsu. Biasanya hal ini sering kali ditemukan dipenjual-penjual produk kosmetik bukan di counter aslinya, jika hal-hal diatas kalian temukan pada produk kosmetik yang hendak kalian beli, ada baiknya kalian pikir ulang dan lebih baik mencari toko lainnya atau langsung pergi ke counter resmi dari produknnya jika memungkinkan.

2. Nomor seri varian

Perhatikan baik-seri dan warna dari produk yang hendak kalian beli. Cocokkan produk fisik yang hendak kalian beli dengan yang tertera di website resminya. Apakah sama atau tidak. Jika kalian kurang yakin, kalian bisa liat tampilan asli isi produk dari review para beauty blogger. Satu bukti fisik yang bisa membedakan antara yang asli dan yang palsu dari nomer serinya adalah produk asli akan mencantumkan nomer seri tersebut di kemasan luar dan juga pada wadah pelindung kosmetik itu sendiri. Sedangkan kosmetik yang palsu, nomer seri haya tertera pada kemasan luarnnya saja dan beberapa ada yang hanya menuliskan namannya saja, tidak disertai dengan nomer kode seri dari produk itu sendiri.

3. Nomor BPOM

Nah ini juga penting untuk kalian cek kebenarannya. Apakah produk yang kalian gunakan benar-benar menyertakan nomer BPOM asli atau hanya sekedar nomer acak yang disertakan dalam kemasan untuk meyakinkan para pembeli untuk membeli kosmetik palsu tersebut. Kalian bisa langsung cek di link yang sudah aku taruh diakhir bagian ini. Link tersebut akan langsung mengarahkan kalian pada website resmi BPOM dan kalian hanya tinggal memasukkan nama produkknya atau memasukkan nomer BPOM yang tertera pada kemasan kosmetik tersebut.

4. Tekstur dan aroma

Source: pirjopaulus.com

Saat membandingkan produk asli dengan yang palsu ternyata warnanya pun memiliki perbedaan. Ada yang berbeda tipis ada pula yang sangat jelas perbedaanya. Biasanya kosmetik palsu memilki warna yang lebih terang dibandingkan kosmetik aslinya. Selain itu tidak hanya warna saja yang menjadi pembeda, tesktur yang dimiliki pun berbeda. Pengalaman pribadiku untuk perbedaan tekstur aku mendapatkan tekstur yang lebih pekat dibandikan produk aslinya namun ada juga yang memiliki teksur lebih encer dibandingkan produk aslinya. Aroma pada produk palsu pun ternyata lebih menyengat dan lebih memiliki bau bahan kimia yang khas dibandingkan dengan produk aslinya.

5. Harga

Hati-hati dan tetap harus waspada ketika di salah satu pusat perbelanjaan produk kosmetik menyatakan diskon besar-besaran atau tertera tanda "cuci gudang". Biasanya harga yang dibandrol untuk produk palsu bisa diskon hingga 50% atau bahkan bisa lebih dari itu. Sedangkan pada kenyataanya, produk asli hanya paling maksimal memberikan diskon 10%-30% saja. Kalian harus mencari terlebih dahulu berapa harga asli dari produk tersebut kemudian kalian bandingkan dengan harga yang ditawarkan apakah wajar atau tidak. Jika harganya tidak terlalu jauh berbeda kalian bisa mencobanya terlebih dahulu dan putuskan secara matang apakah ingin membelinya atau tidak. Jika dirasa ragu, lebih baik tinggalkan tempat tersebut dan segera pergi ke outlet resminya.

Selain itu perlu kalian perhatikan bahwa produk asli tidak menjual produknya dengan harga grosir. Dengan artian tidak ada potongan beli 5 gratis 2 atau beli 12 gratis 4 dan sebagainya atau mendapat harga potongan yang cukup mengsankan. Hal ini disebabkan karena produk asli tetap menjualnya dengan harga perproduk dan tidak ingin mengambil resiko akan mengalami kerugian dari perilaku tersebut. Sedangkan produk palsu biasanya sang sales akan mengatakan "yang penting produk kita laku aja dulu" kalimat itu harus kalian curigai karena memiliki dua makna terselubung antara dipenghujung akan gulung tikar atau memang sang penjual berniat curang dengan menjual produk palsu dipasaran.

Lalu harus bagaimana?

Ada baiknya jika kalian membeli produk-produk yang ingin kalian beli di outlet resminya saja. Walaupun harganya cukup mahal, tidak jadi masalah selama produk tersebut asli dan aman untuk digunakan. Jika outlet resminya tidak ada disekitar tempat kalian tinggal, kalian bisa mengeceknnya di drugstore. Jika tidak ada, kalian bisa membelinya secara online di website resminya atau di situs penjualan yang memang sudah memiliki reputasi bagus dan dapat dipercaya. Ada baiknya sebelum kalian membeli suatu produk, carilah informasi sebanyak mungkin agar kalian terhindar dari produk-produk kosmetik palsu. Kalian juga bisa meminta saran dari teman-teman kalian yang sudah pernah menggunaan produk serupa dengan yang kalian inginkan.

INGAT!

Ketika kalian menginginkan suatu produk, bukan berarti kalian harus memilikinya sekarang juga.
Jika tidak memiliki cukup uang untuk membelinya, menabunglah terlebih dahulu atau kalian bisa menggantinya dengan produk yang berbeda namun memiliki khasiat yang sama.

Nah itu tadi tips dari aku untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik palsu yang beredar luas sekitar kita. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk berbelanja produk yang kalian inginkan dan menghindari produk palsu dari prodak tersebut. Produk palsu memang serupa tapi tak sama dengan produk aslinya.

Tetap waspada dan selamat berbelanja moeslemates.....

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS