3310
  2017-03-20       id.pinterest.com

4 Hal yang Membuat Karya Kamu dipertimbangkan Penerbit

Tak jarang para penulis yang baru memasuki kancah tulis menulis tidak mengetahui taktik berikut ini.

Syanin_ 60 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Bagi penulis pemula yang ingin menerbitkan karyanya pasti sering mengalami hambatan dalam berbagai hal. Bisa karena belum faham prosedurnya, bisa juga karena kesalahan internal yang membuat karya kamu di tolak. Karena itu sebelum kamu mengirim naskah ke penerbit. Kamu wajib mengetahui 4 tips berikut ini.

Mempelajari Ke-Khas-an Penerbit

Setiap penerbit memiliki ciri khasnya masing-masing, untuk itulah kamu perlu mempelajari ke khas-an penerbit yang akan kamu kirimi naskah. Semisal kamu ingin menerbitkan naskah di penerbit A, maka kamu wajib membaca terlebih dahulu buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit A. Setelah kamu mempelajari buku-buku apa saja, gaya penulisan bagaimana yang dilirik oleh penerbit tersebut maka kamu bisa memberanikan diri mengajukan naskah.

Tidak Kontroversional


Bagaimana bisa sebuah penerbit menerbitkan buku yang penuh kebencian ataupun terlalu rasis? Yang ada penerbit tersebut menerima imbas dari buku yang kamu tulis. Ntah mendapat teguran dari pemerintah, mendapat kritik tajam dari berbagai kalangan, atau yang terparah bisa banned tidak boleh menerbitkan buku-buku lagi karena di nilai tidak layak.

Sesuai Topik Hangat


Topik hangat apa saja yang tengah ramai diperbincangkan di dunia? Presiden unik yang baru dilantik kah? Monyet lucu yang bisa menyanyi kah? Domba lucu yang bisa menari kah? Perhatikan isu dan topik hangat yang akan kamu angkat. Tetapi jangan pernah berfikir untuk memplagiat hal tersebut.

Menyesuaikan Kategori

Sebelum menulis, kamu perlu menyesuaikan terlebih dahulu range usia mana yang akan kamu tuju. Untuk usia dewasakah? Usia remajakah? Atau untuk anak-anak kah? Kalau range usia anak yang kamu tuju, hindari menulis hal-hal yang berbau dewasa di karya kamu tersebut. Gambarkan keceriaan dan segaal sesuatu yang menarik.


Nah Moeslemates, itu tadi 4 Tips yang membuat penulis akan melirik karya kamu. Semoga membantu :D

Syanin_ Syanin_
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Syanin_
Syanin_
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS