3297
  2017-03-17       GRIYAQURAN

Virus Konsentrasi Penghafal Al-Quran (Jilid 2)

Sebagai seorang muslimah, pasti pengen dong masuk dalam jajaran orang-orang istimewa yang bisa menghafal Al-Qur’an. Jika tidak 30 juz, minimal juz 30 deh.

Hikmawati Chotyun 57 views

Assalamu’alaikum Moeslemates!

Sebelumnya kita pernah bahas virus-virus misterius yang menghalangi konsentrasi kita dalam menghafal Al-Qur'an. Nah, berikut lanjutan dari jilid 1 ya Moeslemates.

5. Rencana dan Tujuan tidak Jelas

Moeslemates, ketidakmampuan kita dalam berkonsentrasi bisa mengakibatkan sulitnya memetakan perencanaan lho. Kita sering dengar kan kalimat “Jalani saja hidup ini seperti air mengalir”. Eits, hati-hati. Tidak melulu kalimat tersebut baik lho. Bisa jadi hal tersebut terucap karena tidak adanya rencana dan tujuan hidup yang jelas. Pun, dalam menghafal Al-Qur’an, harus ada target dan tujuan yang gamblang.

Source: Ayopreneur.com

6. Hal Prioritas yang Menumpuk dalam Pikiran

Ketidakmampuan kita dalam berkonsentrasi, bisa jadi disebabkan karena kita terlalu banyak memilih rencana tanpa tahu mana yang harus diutamakan. Kita pasti sering kan mengalami situasi di mana ada banyak tumpukan tugas dalam waktu yang serentak dan semua itu meminta perhatian kita. So, tidak heran hal tersebut menunda kita untuk berupaya memulai menghafal Al-Qur’an karena dibatasi pekerjaan tanpa prioritas.

7. Ketika Letih, Lelah, dan Sakit Menyapa

Sudah menjadi alarm, ketika kita dilanda letih, lelah, ataupun sakit pasti konsentrasi akan menurun bahkan lenyap sesaat. Sedihnya, hal ini bisa menyebabkan tenaga di pikiran kita untuk menghafal Al-Qur’an tidak optimal.

Source: Cahayawahyu.com

8. Situasi Negatif

Situasi negatif adalah penghalang terkuat karena manusia dapat berubah sesuai yang diyakini. Apabila kita yakin bahwa akal tidak mampu berkonsentrasi, otomatis semesta akan mendukungnya agar kita tidak bisa konsentrasi. Ingat Moeslemates, apa yang kita pikirkan maka itulah kita. Yuk, pikirkan selalu hal positif ketika menghafal Al-Qur’an.

Source: Bekasiurbancity.com

Penasaran dengan jilid 1 dan belum baca? Klik linknya ya Moeslemates

Nah, udah tau kan para penjajah konsentrasi kita? Kuy, luruskan niat, perbanyak ikhtiar, perbanyak doa agar Sang Pemilik ayat-ayat Al-Qur’an memudahkan kita untuk menghafalkan kalam sucinya. Sekarang sudah siap kan jadi para calon hafidzhah yang dirindukan surga? 

Hikmawati Chotyun Hikmawati Chotyun
Perindu Pelangi
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Hikmawati Chotyun
Hikmawati Chotyun
Perindu Pelangi

no comments

Follow Moeslema on SNS