3293
  2017-03-16       www.impawards.com

Review Film The Edge of Seventeen 2016

Masa remaja itu sulit dipahami bahkan diri sendiri pun sulit memahami hal itu.

Deane Lene 1,882 views

Tentang film

The Edge of Seventeen adalah sebuah film asal Negara Amerika yang resmi rilis pada tahun 2016. Film yang mengangkat genre drama komedi dunia remaja ini disutradarai dan ditulis oleh Kelly Fremon Craig. Film ini ditayangkan di Festival Film Toronto International 2016 pada tanggal 18 September 2016 dan teatrikal dirilis pada 18 November 2016 oleh STX Entertainment.

Film ini telah melalui riset selama enam bulan yang dilakukan oleh sang sutradara agar mendapatkan penggambaran yang sangat natural dan mendapatkan nilai remaja yang sesungguhnya. Berdasarkan beberapa sumber mengatakan bahwa sang sutradara mendapat berbagai penghargaan atas film ini. Film ini juga menuai banyak sekali komentar dan pujian positif atas film ini.

Sinopsis

Nadine adalah seorang anak remaja perempuan berusia 17 tahun yang memiliki gangguan kecemasan sosial yang cukup menganggu dirinya karena hal itu, Nadine tidak memiliki satupun teman kecuali Krista. Krista adalah seorang anak perempuan yang telah berteman dengannya sejak kelas 2 SMP. Kecemasan sosialnya diperparah dengan depresi yang ia alami akibat kehilangan sang ayah, satu-satunya orang yang dapat mengerti dirinya.

Suatu waktu ketika ibu Nadine pergi, Nadine dan Krista malam itu berpesta begitu juga dengan Darian dan juga teman-temannya. Darian adalah kakak dari Nadine. Ketika Nadine tertidur di kamar mandi, Krista turun untuk mengambil obat aspirin untuk Nadine dan pada saat itu krista memiliki ketertarikan yang cukup singkat kepada Darian.

Pagi menjelang, Nadine mencari keberadaan Krista. Ternyata pagi itu memperburuk kondisi psikologis Nadine. Nadine memutuskan untuk tidak lagi berteman dengan Krista dan dia tidak memiliki siapapun untuk berteman.

Kehidupan Nadine begitu kacau. Hingga ia mulai berbicara dengan seorang anak laki-laki dari kelas sejarahnya, Erwin. Erwin yang juga memiliki dunia hampir serupa tapi tak sama dengan Nadine dalam berbagai bagian dalam kehidupannya memiliki kesamaan sehingga hal tersebut membuat mereka mampu berkomunikasi walaupun hanya pembicaraan ringan.

Namun ada kalannya Erwin sibuk mengurus festival film dan hal tersebut membuat Nadine kembali tidak memiliki teman untuk berbicara. Kali ini sang guru sejarah lah yang menjadi target Nadine untuk berteman dan guru tersebut kini menjadi salah seorang yang sukai untuk diajak berbicara karena saat berbicara dengan sang guru, Nadine merasa seperti berbicara dengan ayahnya.

Review Film

Sungguh ini adalah film remaja yang sangat luar biasa bagus sekali dan patut mendapatkan apresiasi lebih. Mengapa? Karena film ini adalah film yang menggambarkan dunia remaja yang sebenarnnya. Dimana setiap remaja melalui suatu fase pencarian jati dirinya. Dimana anak remaja mengalami kebingungan identitas dirinya dan peran keluarga, orang terdekat dan penerimaan sosial yang baik adalah hal yang penting dan sangat berpengaruh sehingga membuat fase ini berjalan dengan lancar dan berakir dengan baik.

Dalam filim ini sesungguhnya hanya menampilkan apa saja sih permasalahan yang sering terjadi pada anak-anak remaja dan apa sih yang mereka rasakan dan bagaimana cara mereka untuk melaluinya dan sebenarnya apa yang mereka harapkan. Sesimpel itu masalah yang disajikan dalam film ini namun konflik terberat dan yang menjadi point utama penggambaran film ini adalah bagaimana seorang remaja bergulat dengan perasaan dalam dirinya dan bagaimana caranya untuk mengungkapkan pada dunia luar tentang apa yang dia rasakan. Hal yang simpel namun rumit. Film ini juga menyadarkan kita semua baik para remaja maupun orang tua bahwa hubungan sosial yang hangat mampu memberikan dampak yang positif bagi seorang anak.

Penggambaran emosi dari setiap tokoh sangat tepat sekali. Permainan fluktuasi emosinya pun juga sangat tajam dan sangat lembut sehingga semua yang terjadi dalam film ini terasa begitu nyata dan begitu natural. Sungguh ini adalah film yang sangat bagus. Penggunaan suhu tepat pada gambar juga menjadi salah satu element yang sangat luar biasa mendukukng jalannya film ini agar sesuai dengan point utama yang ingin disampaikan. Lelucon-lelucon ringan yang disampaikan dalam film ini juga menjadi pemanis yang cukup manis dalam film ini sehingga tidak terkesan berlebihan atau dibuat-buat.

Sekeras apapun kalian menentang masa lalu, hal itu tidak akan mengubah apapun dimasa depan.
Maafkanlah masa lalu dan relakan apa yang seharusnya pergi.
Terimalah kenyataan bahwa hal itu telah terjadi.
Bersyukur dan iklhaslah dalam menjalani kehidupan.
Belajarlah untuk lebih terbuka dan lebih menerima segala perubahan.
Maka hidup akan terasa lebih indah.

Rating

Film ini patut diapresiasi sehingga layak mendapatkan nilai 9.0/10 sungguh pencapaian yang sangat luar biasa. Film ini sangat sukses.

Para Pemain

- Hailee Steinfeld sebagai 17-year-old Nadine Franklin
- Haley Lu Richardson sebagai Krista
- Blake Jenner sebagai Darian
- Woody Harrelson sebagai Mr. Bruner
- Kyra Sedgwick sebagai Mona
- Hayden Szeto sebagai Erwin Kim
- Eric Keenleyside sebagai Tom
- Laine MacNeil sebagai TCBY Yogurt Girl
- Katie Stuart v Jeannie
- Alexander Calvert sebagai Nick Mossman
- Meredith Monroe sebagai Greer

The Edge of Seventeen - Official Trailer

Apakah direkomendasikan?

Dengan sangat yakin aku merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Selain sebagai hiburan, film ini juga bisa menjadi bahan pelajaran dan pengetahuan lebih mengenai dunia remaja dan bagaimana pola pikirnya bekerja. Ini juga menjadi salah satu film yang direkomendasikan bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana sebuah trauma dapat berdampak dimasa yang akan datang. Film ini tidak hanya sebuah hiburan tetapi film ini juga mengedukasi para penontonnya dengan sangat baik.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

1 comments

kenkoiii 2018-07-18 16:48:27

very interesting , good job and thanks for sharing such a good blog.

bouncing balls , red ball

Follow Moeslema on SNS