3290
  2017-03-10       GRIYAQURAN

Virus Konsentrasi Penghafal Al-Quran (Jilid 1)

Sebagai seorang muslimah, pasti pengen dong masuk dalam jajaran orang-orang istimewa yang bisa menghafal Al-Qur’an. Meski bukan 30 juz, minimal juz 30 deh.

Hikmawati Chotyun 114 views

Assalamu’alaikum Moeslemates!

seringkali kita merasa atau menyaksikan para penghafal Al-Qur’an yang menganggap “menghafal Al-Qur’an itu sulit”, “males mengulang-ngulang”, “tiap mengulang pasti lupa lagi”. Nah, pikiran-pikiran negatif itu tentu adalah penghalang konsentrasi kita ketika menghafal lembaran-lembaran suci penyejuk nurani. So, untuk menghempaskan pikiran-pikiran negatif itu berikut adalah para musuh yang menghalangi konsentrasi kita.

1. Pikiran yang Kesana-sini

Dalam menghafal Al-Qur’an, dibutuhkan suasana yang nyaman dan jauh dari keramaian. Suara-suara bising seperti kendaraan bermotor, orang yang lalu lalang, musik-musik tetangga akan membuat memori otak terganggu dan susah fokus. Akibatnya, pikiran kita jadi panik dan kesana-sini mengikuti alur suara bising tadi.

Source: perwickstrom.com

2. Kurang Latihan dan Praktik

Source: Annida-online

Kita tidak mungkin menaklukkan konsentrasi jika kurang berlatih, belajar, dan praktik setiap hari. Latihan rutin adalah ramuan untuk meningkatkan daya konsentrasi dan fokus otak. Dalam menghafal Al-Qur’an, diwajibkan adanya latihan yang konsisten. So, rencanakan dan rapikan kegiatan harian kalian dengan bijak dan baik ya.

3. Minimnya Perhatian dan Gagal Fokus

Di zaman kekinian, muslimah sekarang pasti memiliki kegiatan yang bergudang-gudang. Padatnya kegiatan membuat kita harus bisa memikirkan banyak hal dalam kurun satu waktu. Minimnya perhatian dan motivasi yang kerdil adalah penghalang yang membuat kita gagal fokus. Akhirnya kita jadi mudah bosan dan enggan berkonsentrasi deh. So, yuk kita tabung motivasi biar konsentrasi tetap mengikuti. Jika mau menjadikan Al-Qur’an sebagai motivasi, kumpulkan dulu motivasi untuk memperhatikannya.

Source: Hasansadili

4. Menunda-nunda

Penundaan adalah godaan terbesar yang mendatangkan kegagalan. Biasanya, kita melakukan penundaan karena hal tersebut tidak menarik bagi kita. Iya kan? Bukan hanya untuk menghafal Al-Qur’an, dalam rumpun pekerjaan lain pun penundaan akan berujung penyesalan. Moeslemates, ingatlah kita tak pernah tahu jatah waktu kita ada di deretan mana.

Source: ariesandi.com

Bersambung ke jilid 2 ya Moeslemates :-)

Penasaran dengan jilid 2? Kuy, klik linknya

Hikmawati Chotyun
Hikmawati Chotyun
Perindu Pelangi
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Hikmawati Chotyun
Hikmawati Chotyun
Perindu Pelangi

no comments

Follow Moeslema on SNS