3282
  2017-03-02       3.bp.blogspot.com

4 Cara Mengenal Cinta Melalui Pasanganmu

Kenali pasanganmu terlebih dahulu lalu kamu akan mengenal arti cinta yang sebenarnya.

Deane Lene 98 views

Sebagian orang masih bertanya-tanya tentang:

apa itu cinta?
bagaimana cinta itu hadir?
bagaimana cinta bisa mengubah dunia?
bagaimana cara cinta bekerja pada seseorang?

Masih banyak lagi pertanyaan tentang cinta. Terkadang cinta yang didapatkan dari orang tua tidak semuanya menjawab pertanyaan tentang definisi cinta yang kalian inginkan dan untuk menjawab pertanyaan kalian pastinya kalian akan menemukannya pada pasangan yang telah kalian pilih.

Lalu bagaimana cara memahami cinta melalui pasangan? Pasangan yang baik untuk kalian adalah pasangan yang mengajarkan kalian tentang banyak hal. Dimulai dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang tidak pernah kalian pikirkan sebelumnya. Dia yang mendorong kalian untuk selalu berbuat baik menurut jalan yang kalian anggap baik. Pasangan yang baik adalah pasangan yang saling melengkapi satu sama lain. Pasangan yang berani untuk menegur kalian ketika kalian salah. Mengajarkan kalian untuk lebih memaknai nilai-nilai kehidupan dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kamu pelajari darinya.

Lalu bagaimana semua hal itu bisa kalian tanamkan dalam diri kalian? Inilah gunannya sebuah pasangan. Mereka akan sama-sama berjalan menuju satu tujuan dengan saling memperbaiki diri. Empat hal yang bisa membantu kalian untuk mengenal cinta melalui pasangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berpikir positif

Source: stream.org

Ini adalah kunci utama dari mempelajari cinta, berpikir positif. Tidak hanya berlaku pada pasangan kalian saja tetapi ini berlaku kepada semua orang yang ada disekitar kalian. Berpikir positif dimulai dari diri kalian sendiri. Mengapa? Ketika kalian sudah bisa berpikir positif tetang diri dan juga kehidupan yang sedang kalian jalani maka secara otomatis kalian juga akan berpikir positif pada semua orang yang ada sekeliling kalian.

Manfaat dari berpikir positif in adalah kalian bisa lebih terbuka satu sama lain tentang segala hal. Tidak jarang sebuah hubungan salah satu diantaranya membeirkan komentar pada pasangannya baik bersifat positif maupun negatif. Jika kita berpikir positif maka segala tanggapan tersebut bisa kalian terima dan menyanggah apabila hal itu tidak sesuai dengan kenyataannya.

Berpikir positif juga sangat berguna pada saat kalian LDR (Long Distance Relationship). Selama kalian menjaga untuk tetap berpikir positif, kalian akan tetapi merasa tenang dan yakin bahwa dia yang jauh disana juga sedang melakukan hal baik. Jika memang hal ini tidak berjalan dengan baik, dalam artian dia yang jauh disana melakukan hal yang tidak kalian inginkan, iklhaskan saja. ambillah sisi positifnya, dia bukan yang terbaik untukmu.

Berpikir positif terhadap pasangan juga membantu kita untuk menjauhkan diri dari keinginan untuk bertengkar ketika mendengar sebuah berita yang tidak baik tentangnya. Dengan berpikir positif juga kalian akan mencoba untuk mengkonfirmasinya terlebih dahulu secara baik-baik benar atau tidak berita tersebut. Jika memang benar, bukan berarti kalian boleh langsung menghakiminya, ada baiknya carilah solusi yang terbaik secara bersama.

Suatu hubungan yang dilandasi oleh pikiran positif akan berlangsung lama dan mampu meminimalisir terjadinya pertengkaran diantara kalian.

Jika kalian pernah mengalami trauma akan suatu hubungan yang tidak menyenangkan dimasa lalu, ada baiknya kalian mengungkapkan segala hal pada pasangan kalian sejujur-jujurnya dengan harapan pasangan kalian akan bisa lebih menerima dan mengerti kondisi kalian. Terlebih dengan kejujuran yang kalian lakukan membuat pasangan akan mencoba untuk memperbaikinya. Jadi, jangan takut untuk berkata jujur pada pasangan kalian. Karena kejujuran membuat diri kalian merasa nyaman ketika berada didekatnya.

2. Evaluasi diri

Banyak orang yang beranggapan bahwa pasangan yang kita pilih adalah cerminan diri kita yang sebenarnya. Pernyataan tersebut bisa dikatakan hampir mendekati kebenarannya. Sejatinya dia yang telah kalian pilih adalah orang yang kalian anggap memiliki suatu hal yang tidak kalian miliki atau bisa dikatakan sebagai pelengkap.

Memang sebagian besar kalian memiliki kesamaan prinsip, pola pikir, kesukaan dan sebagainya. Tetapi tidak dengan sifat dasar dari seseorang. Sifat dasar seseorang tidak pernah sama bahkan anak kembar identik pun tidak memiliki sifat dasar yang sama. Nah ini adalah bagian unik dari suatu individu.

Dia yang selama ini sudah bersama denganmu mulai "tampak sifat aslinya" dan sebagian besar beranggapan bahwa hal tersebut menyebalkan dan bersiap untuk meninggalkannya. Kalian harus pikir ulang keinginan tersebut. Mengapa?

Seseorang yang telah menampilkan sifat aslinya adalah mereka-mereka yang telah mempercayai hubungan tersebut dengan baik. Mereka yakin terhadap pasangannya yang tidak akan meninggalkan dirinya dalam keadaaan apapun. Mereka telah meyakini bahwa kalian adalah orang yang tepat untuk membantunya memperbaiki diri.

Inilah suatu perjalanan baru tentang cinta, membantunya untuk mengevaluasi dirinya. Kalian pun juga tidak sempurna tetapi dia mempercayakan dirinya untuk kalian susun kembali menjadi pribadi yang lebih baik. Begitu juga kalian, secara tidak langsung kalian akan memberikan izin untuknya memperbaiki apa yang salah dalam diri kalian.

Evaluasi diri tidak terjadi pada saat kalian melakukan suatu kesalahan atau hubungan kalian memburuk saja. Evaluasi diri terjadi setiap saat, setiap kalin kalian melakukan hal yang tidak ia sukai, setiap kalian lalai akan suatu hal, setiap kali kalian membuatnya bahagia dan sebagainya. Evaluasi tidak melulu bersifat negatif tetapi hal yang positif juga bisa menjadi bahan evaluasi karena semakin kalian mengevaluasi diri, kalian akan semakin tahu apa yang sebenarnya yang sedang dijalani dalam hubungan ini dan akan diarahkan kemana hubungan ini, apakah hanya untuk senang-senang atau diarahkan ke jenjang yang lebih serius.

3. Belajar mengungkapkan pendapat

Source: i.huffpost.com

Walaupun sebuah hubungan terlihat sangat indah diluar, mereka telah melewati dan mengorbankan banyak hal untuk terlihat indah. Salah satu diantaranya adalah berargumentasi. Masing-masing dari kalian memiliki hak yang sama untuk mengeluarkan pendapat dan mendapat hak yang sama untuk mempertahankan pendapat kalian masing-masing.

Ambil sisi positifnya saja. Pasangan kalian sedang mengajarkan kalian untuk tidak harus mengalah jika kalian anggap suatu hal itu memang benar adanya. Ia juga sedang mengajarkan kalian bahwa mengungkapkan pendapat itu baik. Karena dengan mengungkapkan apa yang dipikirkan membuat orang lain lebih memahami diri kalian dan bagaimana cara kalian berpikir. Berani mengungkapkan apa yang kalian pikirkan, hal itu juga membatu kalian untuk mengasah pemikiran kritis kalian agar tetap tajam. Berani berpendapat membantu kalian untuk memberikan nilai lebih pada diri kalian.

4. Belajar berpikir dewasa

Sering-sering lah berkomnunikasi pada pasangan kalian. Sebab dengan komunikasi yang kalian lakukan, kalian akan tumbuh bersama untuk mendewasakan diri satu sama lain. Berpikir dewasa adalah suatu keadaan dimana kalian merencanakan, memikirkan, dan memutuskan segala hal dengan penuh pertimbangan baik dan buruknya keputusa tersebut termasuk dengan konsekuensi apa yang akan kalian hadapi kedepannya. Segala hal yang kalian putuskan secara bersama harus pula ditanggung bersama. Dengan demikian kalian akan saling menguatkan satu sama lain.

Cinta bukan semata-mata sebuah kata, namun
Cinta yang sebenarnya adalah sebuah kasih sayang tanpa batas

Memiliki pasangan tidak hanya sekedar berbagi suka dan kebahagiaan saja. Namun pasangan yang telah kalian pilih juga sebagai tempat kalian berkeluh kesah. Cinta akan hadir dengan sendirinya tanpa perlu kalian rekayasa. Karena dengan kenyamanan, cinta akan timbul dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Empat hal diatas adalah sebuah jalan kecil untuk menemukan kenyamanan dan membangun cinta diantara kalian. Empat hal tersebut juga membantu kalian untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Empat hal tersebut juga menjadi jalan untuk kalian menemukan kebahagiaan dan yang terpenting adalah empat hal tersebut membantu kalian menemukan siapa diri kalian yang sebenarnnya.

Cinta tidak mengenal kekerasan didalamnya. Meskipun pasangan kalian melakukan suatu hal yang tidak menyenangkan, kalian tidak perlu memarahi atau berbuat hal yang sama kepadanya. Tegurlah dengan cara yang halus dan sebaik mungkin agar pasangan kalian mengerti bahwa makna cinta yang sebenarnya adalah kasih sayang tanpa batas.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS