3273
  2017-03-02       images-na.ssl-images-amazon.com

Review Film The Ghost Writer 2010

Seorang penulis buku biografi yang berada ditengah-tengah kejamnya dunia politik serta bahaya yang mengancam keselamatan dirinya.

Deane Lene 530 views

Tentang film

The Ghost Writer adalah sebuah film berasal dari Negara Inggris ini resmi rilis pada tahun 2010. Disutradarai oleh Roman Polanski, film ini mengangkat genre thriller-politik. Film the ghost writer merupakan sebuah karya yang merupakan adaptasi dari sebuah novel Robert Harris, "The Ghost", dengan skenario yang ditulis oleh Polanski dan Harris.

Film ini memenangkan berbagai penghargaan sinematik termasuk Sutradara Terbaik untuk Polanski di Berlin International Film Festival ke-60 dan juga pada Penghargaan Film Eropa 23 pada tahun 2010.

Sinopsis

Source: i.ytimg.com

Seorang pengarang untuk orang Inggris yang disewa oleh perusahaan penerbitan Rhinehart, Inc untuk menyelesaikan otobiografi mantan Perdana Menteri Adam Lang. Mike McAra, adalah seseorang yang menjadi penulis otobiografi sebelum dirinya. McAra baru-baru ini dikabarkan meninggal dalam kecelakaan pada saat dirinya kembali dalam perjalanan mengunjungi seseorang menggunakan kapal feri.

Sang penulis merasa kebingungan bahwa antara manuscript yang ada tidak sesuai dengan kenyataanya. Sang penulis juga melakukan wawancara ulang mengenai Adam Lang agar buku yang ia buat sesuai dengan kenyataannya. Sementara sang penulis melakukan pekerjaanya, sang penulis mulai menyadari bahwa ada sekelompok orang yang menganggu dirinya.

Ketidak nyamanannya sang penulis berada dipenginapan, membuat asisten pribadi Adam Lang menjemputnya dan memindahkannya ke rumah Lang dan menempati kamar yang sebelumnya di huni oleh McAra. Sementara Lang adalah di Washington, penulis menemukan sebuah amplop di kamar McAra. McAra menemukan sebuah rahasia gelap tentang masa lalu Lang. Sebuah amplop berisi foto-foto dan nomor telepon penulis dan ada sebuah nomer telpon tertera dibalik amplop tersebut, nomer telpon tersebut miliki Rycart.

Untuk menjawab seluruh pertanyaan tentang masa lalu Adam Lang, sang penulis memutuskan untuk bepergian dengan menggunakan mobil yang disediakan oleh Adam Lang khusus bagi para tamu. Sang penulis memulai perjalanannya menuju sebuah rumah yang dihuni oleh Profesor Paul Emmett. Sesampainya disana, ia melakukan perbincangan singkat dengan sang profesor. Namun sang penulis tidak menyadari bahaya yang sedang mengintai dirinya sesaat setelah sang penulis keluar dari gerbang rumah tersebut.

Sang penulis mempertaruhkan nyawannya untuk bisa sampai kedalam feri menuju rumah Lang dengan selamat. Namun sayangnya orang yang berniat jahat pada dirinya juga bisa masuk pada perjalanan tersebut. Sang penulis memutuskan untuk kembali ke dermaga dan membiarkan dirinya tinggal semalam di sebuah penginapan.

Malam itu, sang penulis menghubungi Rycart dan menceritakan segalanya. Di malam itu pula sang penulis diminta untuk menemani perjalanan Adam Lang menggunakan jet pribadinya. Selama perjalanan itu pula ia menceritakan pertemuannya dengan sang profesor dan memberikan tuduhan Lang bekerjasama dengan CIA. Namun hal itu dibantah oleh dirinya.

Tidak disangka bahwa pertemuannya dengan Lang di dalam pesawat merupakan pertemuan mereka yang terakhir. Lang tewas akibat tembakan yang tepat mengenai kepalannya. Namun demikian sang penulis masih harus menyelesaikan tugasnya untuk membuat buku tersebut sebagai publikasi anumerta.

Pada hari peluncuran buku tersebut, sang penulis baru menyadari kebenaran yang selama ini dirahasiakan McAra. Sang penulis memberikan sebuah surat yang menyatakan sebenarnya kepada istri Lang. Setelah itu sang penulis pergi meninggalkan acara tersebut yang juga menjadi jalan terakhirnya didunia penulis.

Review Film

Film ini sungguh luar biasa. Film ini menyajikan hal lain dari dunia penulis. Jika biasanya sang penulis hanya seseorang yang berdiam diri disuatu tempat, kali ini sang penulis harus pergi keberbagai tempat untuk mengumpulkan berbagai bukti dan fakta agar buku yang akan dia buat tidak hanya sekedar sebuah buku.

Alur film ini sangat sulit untuk ditebak. Banyak kejadian-kejadian tidak terduga terjadi dalam film ini. Konfliknya pun beragam. Walaupun point utama permasalahannya sudah terlihat namun cara sang penulis menyelesaikan teka-teki rumit ini sangat beragam sehingga film ini sagat bagus dan tidak membosankan untuk ditonton.

Peran para aktor dalam film ini sangat maksimal. Maka tidak heran bahwa para film ini mendapatkan nilai yang cukup memuaskan. Permainan emosi para tokoh dibuat seakan terkesan datar karena ingin menunjukkan bahwa film ini bersifat teka-teki dan permainan emosi yang menonjol merupakan kesalahan besar jika hal itu disertakan. Hal yang paling aku suka adalah sinematografinya. Sinematografi dalam film ini sangat indah sekali. Secara pribadi aku sangat menyukainya.

Rating

Aku memberikan nilai 8.0/10. Film ini sangat aku rekomendasikan untuk kalian tonton. Buat kalian yang ingin tahu dunia para penulis seperti apa, film ini kurang lebih menggambarkannya.

Para Pemain

- Ewan McGregor sebagai The Ghost
- Pierce Brosnan sebagai Adam Peter Bennett Lang
- Olivia Williams sebagai Ruth Lang
- Kim Cattrall sebagai Amelia Bly
- Timothy Hutton sebagai Sidney Kroll
- Tom Wilkinson sebagai Paul Emmett
- Jon Bernthal sebagai Rick Ricardelli
- James Belushi sebagai John Maddox
- Robert Pugh sebagai Richard Rycart
- Tim Preece sebagai Roy
- David Rintoul sebagai The Stranger
Eli Wallach sebagai The Old Man

The Ghost Writer - Official Trailer

Apakah direkomendasikan?

Secara keseluruhan, aku merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Terlebih jika kalian memiliki ketertarikan dan senang dengan tantangan dunia jurnalistik, penulis, politis dan beberapa unsur dalam film ini. Film ini sungguh mengesankan.

Selamat menonton moeslemates...

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS