3262
  2017-03-04       id.pinterest.com

Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Meremehkan Ibu Rumah Tangga

Siapa bilang pekerjaan ibu rumah tangga hanya sekedar itu?

Syanin Ss 47 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Di era sekarang banyak wanita yang lebih memilih berkarir di luar dibanding menjadi seorang ibu rumah tangga, padahal pekerjaan ibu rumah tangga termasuk pekerjaan yang mulia, lho. Simak 3 alasannya dibawah ini.

Menjauhkan Seorang Wanita dari Tabarruj

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى وَأَقِمْنَ الصَّلاةَ وآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا (٣٣)

Arti : 33. [7]Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu[8] dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang Jahiliyah dahulu[9], dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa[10] dari kamu[11], wahai ahlul bait[12] dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.
Source: www.tafsir.web.id

Keberadaan seorang wanita di rumah akan menjauhkan wanita tersebut dari tabarruj dan memamerkan kemolekan wajah dan tubuhnya kepada orang-orang diluar suami dan mahram atau orang-orang yang tidak berhak melihat semua itu. Karena itulah Allah memerintahkan seorang wanita sebaiknya berdiam diri di rumah saja dibanding berlama-lama keluar. Kalaupun keluar rumah hanya untuk urusan yang urgent saja ataupun membeli kebutuhan sehari-hari.

Ibadah Seorang Wanita di Rumah Lebih Besar Pahalanya

Dari Ummu Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ

Artinya : “Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah diam di rumah-rumah mereka.” (HR. Ahmad 6/297. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguatnya).
Source: muslim.or.id

Berbeda dengan laki-laki yang wajib solat ke mesjid, harus bekerja keras di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup anak dan istrinya. Ibadah seorang wanita di rumah pahalanya lebih besar dibanding diluar.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

صَلاَةُ الْمَرْأَةِ فِى بَيْتِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى حُجْرَتِهَا وَصَلاَتُهَا فِى مَخْدَعِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى بَيْتِهَا

Arti : “Shalat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya daripada shalatnya di pintu-pintu rumahnya, dan shalat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (HR. Abu Dawud 570. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Source: muslim.or.id
جئن النساء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلن: يا رسول الله، ذهب الرجال بالفضل والجهاد في سبيل الله تعالى، فما لنا عمل ندرك به عمل المجاهدين في سبيل الله؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “من قعد -أو كلمة نحوها -منكن في بيتها فإنها تدرك عمل المجاهدين في سبيل الله”.

Artinya : “Seorang wanita datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata : “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan dan mereka juga berjihad di jalan Allah. Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda : “ Brangsiapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya maka dia mendapatkan pahala mujahid di jalan Allah.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Adzim surat Al Ahzab 33)
Source: muslim.or.id

Keberadaan Seorang Wanita d i Rumah Menjauhkannya dari Setan

الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ فَإذَا خَرَجَتْ اِسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ

Terjemahan : “Wanita itu aurat maka bila ia keluar rumah syaitan menyambutnya.” (HR. At-Tirmidzi no. 1183, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Irwaul Ghalil no. 273, dan Asy-Syaikh Muqbil dalam Ash-Shahihul Musnad, 2/36
Source: muslim.or.id

Bila seorang wanita di rumah maka ia telah melindungi aurat dan kehormatannya dari mata jin, setan, dan juga manusia. Sebaliknya apabila seorang wanita keluar dari rumah dan melakukan sesuatu yang tidak pantas maka ia akan menjadi santapan mata-mata jahat setan, jin, dan manusia.

Nah Moeslemates, karena itulah kamu tidak boleh sembarangan meremehkan ibu rumah tangga.

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS