325
  2016-07-15    

Cantik itu Aku, Kamu, dan Kita

Wardah #CantikDariHati Blog Writing Competition : Makna cantik dari hati menurut saya dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

dhianitha_12 107 views

Moeslema.com – Setiap wanita pasti ingin terlihat paling cantik dan menarik di antara wanita-wanita lainnya, padahal sebenarnya semua wanita itu memang sudah memiliki kecantikan. Bahkan banyak di antara kita yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk membeli beberapa produk kecantikan, meluangkan waktu untuk melakukan perawatan, hingga menahan rasa sakit akibat proses kecantikan yang menyakitkan. Tapi, tahukan Anda dari mana asalnya kecantikan sejati itu berasal? Kecantikan sejati sesungguhnya berasal dari dalam hati seseorang. Hati yang baik secara otomatis akan terpancar keluar melalui pancaran wajah yang cerah.

Membahas tentang cantik dari hati, saya tiba-tiba teringat dengan talkshow setahun yang lalu. Saat itu narasumbernya Bunda Sinta Yudisia, seorang penulis sekaligus psikolog. Beliau mencoba meyakinkan peserta yang hadir. Sebenarnya semua wanita itu cantik hanya saja kurang percaya diri. Cara sederhana untuk mengukurnya adalah cukup dengan bercermin. Perhatikan diri Anda sambil membayangkan sedang menarik garis lurus dari ujung kepala hingga ujung kaki, pastikan telah terbagi menjadi dua bagian yaitu sisi kanan dan kiri. Apakah sisi kanan dan kiri sama? Jika sama berarti Anda termasuk kategori wanita cantik secara fisik. Badan seimbang, tidak ada perbedaan ukuran atau bentuk antara sisi yang satu dengan sisi lainnya.
Bagaimana kalau seorang wanita memiliki sisi kanan dan kirinya berbeda, sebut saja mengalami cacat fisik? Apakah masih bisa disebut cantik? Tentu saja masih bisa dikatakan wanita cantik. Karena cara tersebut hanya sebagai penghibur hati agar mau bersyukur, bagi mereka yang merasa kurang cantik padahal tubuhnya sempurna. Pada hakikatnya kecantikan seorang wanita bukanlah perkara kesempurnaan fisik saja, tapi melupakan perkara hati. Justru kecantikan yang sejati terletak pada hati seorang wanita, sedangkan kecantikan fisik hanyalah sebagai nilai tambah dari seseorang. Hal tersebut telah dijelaskan pada Hadits Rasulullah.

”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tapi ia melihat hati dan amal kalian.”
(HR.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

Masih tentang cantik dari hati, pernahkah Anda melihat seorang wanita yang mungkin tidak cantik tapi hati terasa teduh saat melihatnya? Saya pernah bertemu dengan sosok wanita seperti itu. Dia hanya hadir dalam suatu kegiatan, tapi hanya mendengar tutur kata dan melihat sikapnya hati terasa damai. Tak jarang banyak lelaki yang menginginkan sosok pendamping hidup seperti itu. Hal tersebut rupanya juga dijelaskan dalam Hadits lain. Rasulullah mengatakan bahwa wanita salehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia.

Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah."
(HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Secara pribadi, ketika saya bertemu dengan seseorang seperti itu justru saya merasa iri. Bukan karena dia cantik dan banyak yang mengagumi, tapi iri kepada aura positif yang dipancarkannya. Banyak orang yang suka berinteraksi dengannya, sehingga rezekinya pun secara tidak langsung akan terus mengalir. Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa menjadi seperti dia? Berikut poin-poin penting cantik dari hati menurut pendapat saya.

1. Akhlak dan Budi Pekerti

Akhlak dan budi pekerti merupakan sikap dasar yang wajib ditanamkan kepada seseorang, terlebih kepada seorang Muslimah dimana kelak akan menjadi calon Ibu. Keduanya harus ditanamkan dan diajarkan sejak usia dini oleh orang tua, karena akan membentuk sikap dan perilaku yang baik pada seseorang.

2. Tutur Kata

Tutur kata yang lembut merupakan salah satu identitas utama seorang Muslimah. Tutur kata yang lembut bukan berarti berkata dengan nada seksi atau manja sehingga menggoda lawan jenis, tapi bertutur kata dengan sopan santun dan tidak mudah terpancing emosi.

3. Senantiasa Memperbaiki Iman

Perbaikan iman tentu harus selalu diperbarui setiap waktu, mengingat kita hanyalah manusia yang sering tak luput dari dosa dan khilaf. Hanya dengan memperbaiki iman, secara otomatis aura positif bisa terpancar keluar pada kecantikan wajah seorang Muslimah.

4. Berpikir Positif

Berpikir positif terhadap segala sesuatu yang terjadi pada diri sendiri maupun lingkungan di sekitar kita, ternyata mampu memancarkan kecerahan pada wajah seseorang. Tidak ada beban seperti iri dan dengki sehingga hati marasa bebas, tak terbebani oleh prasangka-prasangka buruk.

Kesimpulannya adalah jangan merasa minder ketika Anda merasa kurang cantik dan menarik secara fisik. Sesungguhnya kecantikan sejati berasal dari dalam hati seseorang. Ada seseorang yang tidak cantik secara fisik namun memiliki hati yang baik, sehingga membuat dia menjadi orang yang cantik karena akhlaknya. Sebaliknya, seseorang yang cantik secara fisik namun hatinya buruk membuat dia menjadi orang dibenci karena akhlaknya. Boleh saja kita mempercantik diri dengan melakukan perawatan fisik secara maksimal, tapi alangkah baiknya jika kecantikan dimulai dari hati. Sehingga kecantikan itu tak akan pernah lekang oleh waktu, senantiasa wajah akan memancarkan cahaya cerah karena aura positif dari dalam hati.

dhianitha_12
dhianitha_12
• La vie est un voyage • E-mail : hittah.dhianitha@gmail....
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
dhianitha_12
dhianitha_12
• La vie est un voyage • E-mail : hittah.dhianitha@gmail.com • LinkedIn : https://id.li...

1 comments

tokian
tokian 2016-10-14 14:32:34

Interesting.

Follow Moeslema on SNS