3242
  2017-02-27       lifestyle.bisnis.com

Pentingnya Edukasi Seks Pada Anak Sejak Dini

Seringkali orangtua menganggap edukasi seks pada anak adalah hal yang tabu. Yuk, simak bagaimana pentingnya edukasi seks pada anak bahkan sejak usia dini.

Triwitaan 76 views

Hallo Moeslemates

Source: MyKomms

Dewasa ini, meski zaman modern, masih banyak orang-orang yang sering merasa tabu membicarakan masalah seks, terlebih orang tua pada anaknya. Konteks masalah seks biasanya hanya bembicaraan pada soal larangan hubungan seks sebelum menikah. Padahal edukasi mengenai seks seharusnya menjadi proses pembekalan.

Sehingga anak bisa memahami seksualitasnya secara sehat, benar dan lurus,
Source: Hana Yasmira, MSi., Parental Communication Specialis, Prevention Child Sex Abuse Counselor.

Pendidikan seks sejak dini perlu dilakukan untuk menciptakan pribadi yang sehat. Orang tua tentu menjadi sumber edukasi pertamanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan seks. ketika anak mulai aktif secara seksual, diharapkan orang tua dapat tanggap dan cermat, dengan pertanyaan anak yang dilontarkan. Berikan respon yang baik. Sebab membicarakan hal yang terkesan tabu ini tentu harus disampaikan dalam kondisi santai. Artinya, informasi yang disampaikan berlangsung jujur, terbuka, informatif, dan lugas dengan tetap memperhatikan usia dan tingkat pemahaman anak.

Edukasi seks-Organ intim yang terjaga

Source: BP3AKB Jabar

Pada tahap ini orang tua dan anak saling bekerja sama untuk dapat terjaga organ intimnya. Anak harus menjaga organ intim miliknya. Tidak boleh ada yang menyentuh sembarangan, sekalipun orang tua. Beri pengertian anak agar tidak ada siapapun dapat melakukan hal itu. Ini tahap selanjutnya untuk mengedukasi anak agar selalu dalam kondisi sehat psikis maupun fisik.

Edukasi seks- Menjaga kebersihan organ intim

Source: Valentinus Donna Ariyanto

Sebagai orang tua, proses pembekalan dasar pertama anak bisa dilakukan dengan membekali anak untuk menjaga kebersihan organ intim. Hal dasar ini menjadi penentu untuk pribadi anak yang sehat. Sehat dari penyakit kelamin yang bersumber dari bakteri dan kuman. Anak diharapkan senantiasa dapat menjaga kebersihan organ intim sejak dini. Orang tua harus membimbing anak-anaknya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim, ini merupakan edukasi seks dasar yang anak terima.

Edukasi seks-Seks sebelum menikah

Source: VIVAlife

Untuk selanjutnya, edukasi seks bisa masuk kedalam tema seks sebelum menikah. Walaupun terlihat fulgar ini menjadi momok untuk perlu dibicarakan kepada anak, bersikap terbukalah dan berikan pengertian dan informasi yang anak butuhkan bagaimana seks sebelum menikah itu berbahaya bagi kesehatan dan masa depan anak-anak. Hal ini dilakukan agar Ketika anak menjadi bagian lebih luas dalam bersosialisasi di masyarakat, pendidikan seks sejak dini menjaganya untuk tidak melanggar aturan dan norma-norma sosialnya, seperti agama, budaya dan lingkungan.

Kini orang tua tidak usah khawatir akan reaksi anak mengenai keterbukaan kalian dalam pembahasan edukasi seks, yang perlu diperhatikan orang tua harus informatif dalam memberikan jawaban mengenai edukasi seks. setidaknya 3 hal diatas bisa dilakukan untuk orang tua saat membekali anak agar ketika secara seksual mulai produktif anak-anak akan tetap terjaga baik kesehatan psikis, dan fisiknya. Berikan juga penanaman nilai-nilai agama untuk anak, dan mengawasi serta mengontrolnya. pastikan juga anak tidak merasa terganggu dengan pengawasan orang tua. Jaga hubungan baik antara orang tua dengan anak.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS