3241
  2017-02-09    

IDFW 2017: Jeny Tjahyawati "Rarigami Recontruction (Ragidup Ulos Origami)"

Terinspirasi dari origami dan ulos ragidup dari batak, Jeny Tjahyawati mengeluarkan koleksi manis bernuansa putih.

Official Moeslema Team 98 views

Assalaamu'alaikum Moeslemates,

Jeny Tjahyawati adalah seorang disainer yang sudah berkiprah di industri fashion tanah air lebih dari satu dekade. Tahun ini, Jeny Tjahyawati bersama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menampilkan busana dengan style feminine elegant dengan siluet H-Line dengan warna utama broken white, dan aksen detail Ulos Ragidup berwarna hitam dan merah.

Jeny Tjahyawati Present,

Jeny Tjahyawati menggunakan Ulos Ragidup, salah satu jenis Ulos dari Batak Toba, yang juga merupakan Ulos yang paling tinggi derajatnya dalam tradisi Batak Toba. Ragi berarti corak, dan ragidup berarti lambang kehidupan.

Diberi nama Ragidup karena warna, lukisan serta coraknya memberi kesan seolah-olah ulos ini benar-benar hidup. "Ragidup" (ragi hidup) dan dibuat menjadi simbol hidup (penghidupan). Ulos ini terdiri dari 3 bagian, yaitu 2 bagian sisi dan sebuah bagian tengah.

Origami diambil untuk digunakan sebagai detail hiasan pada koleksi ini, teknik origami ini memberikan detail 3D pada pakaian sehingga memberikan kesan hidup yang dipadukan dengan bahan Ulos Ragidup.

Origami itu sendiri merupakan sebuah seni lipat asal dari Jepang yang dimulai pada pertengahan 1900-an dan telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni modern. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi.

Jeny Tjahyawati dan Muse

“Saya menggabungkan dua budaya yang bertolak belakang ini menjadi satu dan menciptakan jenis etnik baru yang tetap khas Indonesia" -Jeny Tjahyawati
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS