3239
  2017-02-27       kesehatankulit.info

5 Do and Don't Terhadap Telinga Kamu!

Ternyata telinga satu-satunya panca indra yang tidak boleh diusik oleh tangan-tangan jahil kita lhoh!

Novia Causal 138 views

Dear Moeslemates, Allah telah menganugerahkan manusia panca indra yang lengkap untuk membuat hidup manusia lebih bermakna. Mata untuk melihat, lidah untuk pengecap, telinga untuk mendengar, hidung untuk membau atau mencium, kulit untuk meraba. Dari 5 indra manusia, hanya telinga yang tidak boleh secara sembarangan kita bersihkan.

Saya sedikit share pengalaman saya saat mengalami infeksi telinga. Saat itu, saya merasa telinga saya gatal dan tidak nyaman. Di rumah, saya telah menyimpan beberapa stok cutton bud yang nantinya saya gunakan untuk membersihkan telinga. Saya berinisiatif membersihkan telinga saya dengan cutton bud. Awalnya setelah telinga saya bersihkan dengan cutton bud, saya merasa 'nyaman', tapi sehari setelahnya telinga saya sakit sekali sampai dalam. Akhirnya saya memberanikan diri ke dokter THT yang ada di rumah sakit Mayapada Jakarta Selatan. Setelah diperiksa menggunakan kamera micro yang dimasukkan ke liang telinga, ternyata telinga saya bengkak dan memerah. Dokter mengatakan bahwa telinga saya infeksi. Nah dari saya konsultasi dengan dokter THT, ada beberapa tips yang dapat saya share ke moeslemates untuk mencegah telinga kita rusak.

DON'T!

1. Bersihkan Telinga Dengan Cutton Bud

Source: merdeka siana

Jangan masukan benda asing untuk membersihkan telinga

FYI, bentuk saluran telinga setiap manusia berbeda-beda lhoh moeslemates. Ada yang lurus dan lebar, ada yang sempit dan berkelok-kelok, ada yang sempit dan lurus dll. Apabila asal membeli cutton bud yang tidak sesuai dengan bentuk saluran telinga kita, kotoran telinga bukannya keluar tetapi akan terdorong ke dalam. Cutton bud sangat tidak dianjurkan oleh dokter,karena kebanyakan kasus infeksi berawal dari personal yang iseng membersihkan telinga dengan cutton bud.

2. Dikorek Dengan Tangan

Memang terkesan jorok yah, tapi menurut dokter kasus ini sering terjadi moeslemates. Sebenarnya kotoran telinga itu bermanfaat untuk menjaga telinga agar tetap lembap dan menangkal hewan asing masuk ke lubang telinga. Apabila telinga kering, maka akan terasa gatal. Namanya manusia tidak pernah luput dari kesalahan, iseng menggaruk bagian dalam telinga dengan jari. Padahal kita kan tidak tahu, apakah tangan kita higienis atau tidak.

Source: alodokter.com

Jangan masukan jari ke telinga

3. Terlalu Lama Pasang Earphone atau Headset

Memang mendengarkan musik melalui headset atau earphone mengasikan. Namun mendengarkan melalui headset atau earphone tidak boleh lebih dari 1 jam. Musik atau suara yang didengarkan melalui earphone rata-rata memiliki kekuatan 90-100 DB, apabila selama 2 jam terus menerus digunakan, maka pendengaran kita akan rusak.

Source: metrotv.news

Contoh penggunaan earphone

4. Jangan bertukar earphone dengan orang lain

Earphone berbeda dengan headset. Earphone harus dimasukkan ke dalam lubang telinga untuk dapat mendengar dengan jelas. Otomatis kuman yang ada ditelinga akan menempel pada earphone kita. Apa jadinya bisa kita meminjam earphone orang lain? Kuman yang ada diearphone itu akan masuk ke telinga kita. Sebenarnya bisa apabila ingin tetap meminjam, earphone yang dipinjam, bersihkan dahulu dengan alkohol untuk mematikan kuman-kumannya.Agak ribet yah, tapi kalau untuk kesehatan apa salahnya?

Source: sekedarinfo.com

5. Telinga Sering Kemasukan Air

Jaga telinga kita dari kemasukan air, lebih-lebih air sabun yang mengandung bahan kimia. Ternyata teralalu sering kemasukan air tidak bagus. Telinga manusia didalamnya kan cekung, otomatis apabila kemasukan air, air tersebut akan menggenang, dan apabila tidak segera dikeluarkan akan memicu kuman untuk tumbuh.

DO!

1. Bersihkan Telinga ke Dokter THT

Ingin telinga bersih? Langsung saja ke dokter THT. Di dokter THT, telinga kita akan dicek organ-organ di dalamnya sehat atau tidak. Selain itu dibersihkan juga kotoran telinganya. Moeslemates hanya duduk, dokter THT yang membersihkan. Apabila kotoran telinga sudah sangat banyak dan masuk di dalam,maka akan diberikan semacam cairan disaluran telinga lalu disedot menggunakan alat yang sudah disterilkan. Tidak akan sakit, dan yang jelas lebih aman daripada cutton bud.

Source: wolipop-detik.com

Ke dokter THT yah kalau mau bersih

2. Konsul ke Dokter THT 6 bulan sekali

Sama hal nya ke dokter gigi, kita juga perlu lhoh setiap 6 bulan sekali kontrol ke dokter THT. Kita bisa konsultasi dengan dokter tentang keadaan telinga kita. Dokter akan mengecek apakah telinga kotor atau tidak. Sebenarnya kotoran telinga tanpa dibersihkan akan keluar dengan sendirinya , kecuali apabila kita tidak yakin dan mulai risih kalau tidak dibersihkan, kita bisa ke dokter THT.

3. Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur

Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Novia Causal
Novia Causal
A precious woman with a great husband

no comments

Follow Moeslema on SNS