3209
  2017-02-26       upload.wikimedia.org

Review Film A.I. Artificial Intelligence 2001

Seorang anak tetaplah anak yang membutuhkan kasih sayang seorang ibu.

Deane Lene 447 views

Tentang film

A.I. Artificial Intelligence, juga dikenal sebagai A.I., adalah sebuah film asal Amerika yang resmi rilis pada tahun 2001. Film yang mengangkat genre drama-fiksi ini disutradarai oleh Steven Spielberg. Sekenario pada film ini berdasarkan Ian Watson dan sebuah film pendek pada tahun 1969 "Super-Toys Last All Summer Long" oleh Brian Aldiss.

Film yang berdurasi selama 146 menit ini telah dinominasikan untuk dua Academy Awards pada Academy Awards ke 47 untuk Visual Effects Terbaik dan Best Original Score (oleh John Williams). A.I. didedikasikan untuk Stanley Kubrick.

Sinopsis

Source: fanart.tv

Pada akhir abad ke-22, pemanasan global telah membanjiri garis pantai, memusnahkan kota-kota pesisir (seperti Amsterdam, Venice, dan New York City) dan secara drastis mengurangi populasi manusia. Sebuah inovasi baru dalam dunia teknologi yang memfokuskan penelitiannya pada mengembangkan sebuah robot yang disebut Mecha. Sebuah robot yang dirancang seperti humanoids. Mecha mampu meniru pikiran dan emosi seseorang hampir sempurna namun memang tidak sesempurna dan sekompleks manusia aslinya.

David, adalah sebuah model prototipe yang dibuat oleh Cybertronics dari New Jersey, dirancang untuk menyerupai seorang anak manusia yang telah dirancang untuk menampilkan cinta yang cukup nyata untuk pemiliknya, manusia. Mereka menguji penciptaan mereka pertama kali dengan salah satu karyawan mereka, Henry Swinton, dan istrinya Monica. Sepasang suami istri yang hampir putus asa dengan kondisi penyakit anaknya yang langka.

Sebuah penemuan dunia medis mampu mengembalikan kondisi sang anak, Martin kembali sehat dan dapat kembali kerumah. Sesampainya dirumah, Martin tidak senang dengan keberadaan David dirumah. Ia mengetahui bahwa David suatu waktu akan mengambil alih perhatian kedua orang tuanya. Martin yang mengalami kecemburuan sosial akhirnya melakukan segala cara agar David dibuang oleh orang tuanya.

Usaha Martin ternyata berhasil dan David kini terasingkan dalam sebuah hutan tempat para Mecha usang dibuang. David begitu ingin sekali menjadi anak manusia layaknya dongeng pinokio. Namun sayangnya hal tersebut sulit untuk terwujud. Hingga akhirnya David mengetahui identitas dirinya yang sebenar-benarnnya.

Review Film

Film ini adalah sebuah film dengan penggambaran yang begitu cerdas. Film ini memaksa otak para penontonnya untuk berpikir bahwa:

Di dunia ini tidak selalu apa yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan.
Terkadang apa yang kamu pikirkan tidak sejalan dengan kenyataan.

Seringkali hati sulit untuk bisa menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.
Namun kenyataan yang memaksa hati untuk menerimanya.

Sekeras apapun berusaha tanpa menggunakan logika,
Sekeras itu pula apa yang diharapkan tidak akan mungkin terwujud.

Ini bukan sekedar film, ini adalah seni megah. Jalan cerita yang sulit untuk ditebak dan banyak sekali kejadian tidak terduga sehingga film ini membiarkan para penontonnya memutuskan sendiri apa yang akan terjadi selanjutnya. Perpaduang yang sangat tepat dan sempurna dalam film ini antara kenyataan dan surealism. Benar-benar sempurna akting para pemainnya. Sountracknya juga luar biasa.

Namun ada beberapa part dari film ini terkesan begitu datar dan sehingga beberapa kali menimbulkan rasa bosan. Selebihnya luar biasa.

Rating

Sepertinya aku hanya bisa memberikan nilai 7.8/10 untuk film ini. Sebuah nilai yang cukup tinggi yang bisa dikatakan baik dan direkomendasikan untuk ditonton.

Para Pemain

Source: whysoblu.com

- Haley Joel Osment sebagai David
- Jude Law sebagai Gigolo Joe
- Frances O'Connor sebagai Monica Swinton
- Sam Robards sebagai Henry Swinton
- Jake Thomas sebagai Martin Swinton
- William Hurt sebagai Professor Allen Hobby
- Brendan Gleeson sebagai Lord Johnson-Johnson
- Ashley Scott sebagai Gigolo Jane

A.I. Artificial Intelligence - Official Trailer

Apakah direkomendasikan?

Tentu saja aku masih merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Terlebih bagi kalian yang memiliki ketertarikan pada dunia teknologi, alien dan masa depan. Film ini sangat tepat untuk kalian tonton. Jadi jangan samapi terlewatkan ya moeslemates.

Selamat menonton...

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS