3178
  2017-02-23       www.cleanandclear.co.id

7 Hal Efektif Untuk Hadapi Ujian

Apa saja sih tips menghadapi ujian? Yuk simak 7 hal efektif yang bisa kamu lakukan saat menghadapi ujian!

Safira Al Khansa 43 views

Assalamualaikum, Moeslemates!!

Tidak terasa ya saat ini sudah memasuki bulan Februari. Itu artinya bagi kalian yang sedang duduk di kelas XII maupun kelas IX akan segera menjalani serangkaian ujian sebagai syarat kelulusan. Kali ini aku akan berbagi tips yang dapat kalian gunakan untuk menghadapi ujian nanti. Simak yuk moeslemates :)

1. Membaca Kembali

Sepulang sekolah, biasakan untuk membaca kembali apa yang sudah diajari guru di sekolah ya moeslemates. Kalian juga bisa membuat jadwal belajar rutin di rumah. Jadi, kalau nanti ada ulangan atau ujian kalian tidak akan merasa tertekan dan bosan dengan pelajaran tersebut.

2. Rajin Membuat PR

Memang sih terkadang PR atau tugas rumah itu terasa berat untuk dikerjakan. Tetapi, jika kita rajin untuk mengerjakannya kita bisa sekalian mengulang dan melatih kita untuk memahami apa yang sudah dipelajari di sekolah lho moeslemates. Eiits, tidak ada PR bukan berarti kita dak dapat berlatih. kita dapat mengerjakan latihan soal yang terdapat pada buku Bank Soal.

3. Buatlah Rangkuman

Bosan dan jenuh melihat materi pelajaran yang banyak sekali? Kalian dapat mengakalinya nih moeslemates dengan cara membuat rangkuman. Belajar dari rangkuman itu lebih mudah dan singkat. Kalian juga jadi bisa mengingat dengan baik materi pelajaran. Apalagi jika kalian membuatnya dalam bentuk yang unik seperti ‘mind mapping’, jangan lupa untuk menambahkan warna agar kalian senang untuk membacanya ya.

4. Jaga Kesehatan

Source: vistabunda.com

Jaga kesehatan juga gak kalah penting nih moeslemates. Biasakan makan makanan yang bergizi ya, seperti sayur-sayuran, buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Pastikan badan fit saat ulangan atau ujian berlangsung. Olahraga juga dapat kita lakukan untuk tetap menjaga tubuh kita tetap sehat.

5. Istirahat yang Cukup

Jangan sampai kalian kekurangan tidur ya. Hal ini bisa berdampak sangat buruk bagi ujian yang akan kalian hadapi.

Kalau sudah menjelang ujian berlangsung jangan lupa untuk mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat. Kenapa? Karena istirahat yang cukup itu sangat penting moeslemates. Setelah lelah belajar sepanjang waktu, otak dan badan kita butuh istirahat. Istirahat terbaikadalah tidur. Sebab, kelelahan bisa membuat kita jatuh sakit. Waduh, jangan sampai ketika hari ujian tiba kita malah sakit lagi, hii naudzubillah.

6. Tenang dan Jangan Panik

Source: i0.wp.com

Saat ujian kalian harus tenang dan tak perlu panik moeslemates. Sebab panik itu membuat napas menjadi pendek. Akibatnya, paru-paru hanya menghasilkan sedikit oksigen. Kalau sudah begitu, otak tak bisa bekerja dengan baik karena kekurangan oksigen. Otomatis membuat kalian lupa terhadap apa yang sudah kalian pelajari selama ini.

7. Berdoa

Ini nih yang terakhir moeslemates. Tips terakhir dari aku. Setelah segala usaha sudah kita lakukan dengan baik. Satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian kita adalah berdoa. Kalian dapat memohon kepada Allah SWT agar diberikan ketenangan dan kemudahan dalam menghadapi ulangan atau ujian. Jika semua sudah kalian lakukan kalian dapat memasrahkannya pada Allah, sebab tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah jika kita berusaha dan berdoa kepada-Nya.

Nah itu adalah ketujuh tips yang bisa aku berikan untuk kalian. Eitss, meskipun mungkin tidak bermanfaat untuk kalian karena sudah lulus atau bahkan sudah kerja, tapi tips tadi bisa banget loh kalian bagikan untuk adik, saudara, teman, maupun murid kalian. Hihi :D

Semoga bermanfaat ya, moeslemates!
Selamat menempuh ujian.. :)

Wassalamualaikum...

Safira Al Khansa Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Safira Al Khansa
Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"

no comments

Follow Moeslema on SNS