3173
  2017-03-01       .ivycoach.com

Mengenal TOEFL dan Jenis-Jenisnya Lebih Dalam

Apa sih bedanya TOEFL PBT, CBT, dan IBT?

Syanin Ss 167 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Bahasa Inggris bisa dibilang merupakan bahasa kedua di dunia yang biasa diterapkan di kehidupan sehari-hari selain bahasa ibu. Karena itu tidak perlu heran lagi jika standar untuk bersekolah keluar negri, melamar pekerjaan, menaikkan pangkat, dan sebagainya didasarkan pada nilai TOEFL (Test of English as Foreign Language).

Mengapa Harus TOEFL?

Kamu tentu tidak inginkan terjebak di sebuah negara asing tanpa faham apa yang mereka bicarakan? Untuk itulah perguruan tinggi bergengsi diluar sana ingin memastikan kalau kamu mampu mengikuti pelajaran yang diberikan. Karena itulah test TOEFL sendiri terdiri atas 3 bagian, listening, reading, dan structure. Sedangkan khusus untuk TOEFL IBT terdapat tambahan speaking skill.



• Listening : Test ini untuk memastikan kalau kamu faham dan mampu menangkap apa yang dibicarakan dalam bahasa Inggris.

• Reading : Test ini memastikan kalau kamu mampu memahami dan menguasai buku dan jurnal dalam bahasa Inggris.

• Structure : Structure terbagi menjadi dua bagian lagi yaitu, writing dan grammar. Di bagian test ini kamu dituntut untuk mampu memahami struktur kalimat yang benar dan baik dalam bahasa Inggris.

• Speaking : Bagian ini diujikan dalam TOEFL IBT, test speaking memastikan kalau kamu mampu berbicara bahasa inggris dengan baik dan benar.


Sedangkan dalam TOEFL sendiri telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hingga akhirnya Test TOEFL terbagi menjadi 4 bagian.

Jenis-Jenis TOEFL

• TOEFL PBT (Paper Based Test) : Test PBT terdiri dari 140 soal.
Listening : 50 soal
Structure : 40 soal
Reading : 50 soal

Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan 140 soal tersebut adalah 2 jam.


• TOEFL CBT (Computer Based Test)
Toefl CBT terdiri dari 94-139 soal. Waktu yang diberikan pun cukup sebentar sekitar 2 hingga 2,5 jam tergantung penyelenggara TOEFLnya.

Listening : 30 hingga 49 soal
Structure : 20 hingga 25 soal
Reading : 44 hingga 45 soal

• TOEFL IBT (Internet Based Test)
TOEFL IBT berbeda dengan 2 test TOEFL sebelumnya, test ini terdiri dari 140 soal yang terbagi menjadi 4 sesi. Selain itu TOEFL IBT biasanya digunakan untuk menghindari kecurangan, karena test ini dilakukan dengan kamera webcam yang menyala, jadi kamu tidak mungkin melakukan kecurangan dalam berbagai bentuk.

Listening : 5 soal
Writing : 2 soal
Reading : 12 hingga 15 soal
Speaking : 5 soal

Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan TOEFL IBT biasanya 2 hingga 3,5 jam tergantung dimana kamu melakikan test TOEFL.

Nah Moeslemates, itu tadi pembahasan soal TOEFL. Semoga membantu bagi Moeslemates yang masih bingung ingin melakukan tes TOEFL.

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Related Tags
Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS