3167
  2017-02-24       www.subs4free.com

Review Film A Brilliant Young Mind 2014

Pahamilah duniannya, maka dia akan mendekat kearahmu dengan sendirinya.

Deane Lene 2,771 views

Tentang film

Because I don't talk much, people think
I don't have anything to say. Or that I'm stupid.

and that's not true. I have lots thing to say.
I'm just afraid to say them.

A Brilliant Young Mind adalah sebuah film yang berasal dari Negara Inggris. Sebenarnnya judul asli film ini adalah X+Y, namun judul tersebut lebih dikenal dengan A Brilliant Young Mind di Amerika. Film yang resmi rilis pada tahun 2014 ini disutradarai oleh Morgan Matthews dan naskah skenario oleh James Graham.

Film yang berdurasi 1 jam 54 menit ini telah diikut sertakan pada berbagai festival film di Negara asalnya hingga kemudian resmi rilis dibioskop pada tahun 2015. Film yang luar biasa menceritakan keunikan seorang anak dan duniannya.

Sinopsis

Nathan Ellis, adalah seorang anak berusia 9 tahun yang memiliki kemampuan luar biasa di bidang matematika. Dibalik kecerdasannya, ia memiliki kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain termasuk dengan orang tuanya terutama ibunya. Dunia Nathan penuh dengan keteraturan. Ia melihat dunia dari sisi lain kebanyakan orang melihat dunia. Ia sangat tertarik dengan pergerakan, warna dan matematika.

Saat Nathan kecil, ia mengalami sebuah kecelakaan mobil yang merenggut nyawa ayahnya. Ayahnya adalah satu-satunya orang yang bisa membuatnya tertawa dan satu-satunya orang yang bisa berbicara dengannya. Kehilangan ayahnya membuat Nathan semakin tertutup dengan dunia sosialnya.

Sang ibu yang khawatir dengan keadaan Nathan mencoba untuk menolong duniannya untuk mendaftarkan Nathan kekelas matematika lanjutan. Nathan mendapat kesempatan untuk mengikuti salah satu kejuaraan matematika bergengsi. Ia harus melewati serangkaian seleksi ketat untuk mendapatkan posisi kandidat perwakilan negaranya.

Ia berhasil menjadi salah seorang kandidat Inggris. Ketika ia menjadi salah seorang kandidat, duniannya berubah drastis. Ia yang sulit bersosialisasi, mencoba untuk melawan kesulitannya tersebut. Hingga ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Zhang Mei, teman belajarnya selama di Sanghai.

Review Film

Aku sangat suka dengan film ini terlebih pada saat-saat terakhir dari film ini. Harus aku akui bahwa memahami seseorang yang memiliki perbedaan sudut pandang untuk melihat dunia yang sama, sangat sulit sekali. Terkadang apa yang kita pikirkan tidak sama dengan apa yang mereka pikirkan atau bahkan pemikiran tersebut bertolak belakang. Terlebih ketika mereka memiliki kesulitan dalam hubungan sosialnya.

Nathan adalah salah satu contoh dari sekian banyak kasus yang memiliki sudut pandang lain untuk melihat dunia. Kehidupannya yang teratur dan sulit untuk menerima dan melakukan perubahan dalam aktifitas sehari-harinya menjadikan dirinya kaku terlebih ia memiliki kesulitan dalam hubungan sosial. Sehingga dalam diri Nathan tersimpan sejuta perasaan yang sulit untuk diungkapkan.

Hampir semua orang yang mengalami kesulitan dalam hubungan sosial sebenarnnya membutuhkan orang lain untuk membantunya agar kesulitannya teratasi. Namun sebagian dari mereka enggan untuk mengutarakannya karena berbagai alasan dan sejujurnya, mereka yang memiliki kesulitan ini kehidupannya penuh dengan rasa kesepian dan terus bertanya-tanya tentang dirinya sendiri. Mereka menciptakan "bom waktu" yang dapat meledak kapanpun.

Kondisi nathan yang memiliki kesulitan dalam bersosial diperparah dengan adanya trauma. Hal ini yang menyebabkan dirinya sulit untuk menerima kenyataan. Dalam film tersebut Nathan terlihat bingung dengan identitas dirinya sendiri. Keberadaan ibunya pun tidak terlalu berpengaruh dengannya.

Nathan yang pada saat itu sedang beranjang dewasa mulai merasakan ada hal yang berbeda dengan dirinya setelah ia berdekatan dengan Zhang Mei. Namun sayangnya ia tidak mengetahui perasaaan tersebut. Hal ini disebabkan karena Nathan tidak pernah mempelajari hal tersebut dari siapapun bahkan ibunya pun tidak memiliki kesempatan untuk mengenalkan perasaan tersebut padanya. Perasaan yang disebut "cinta" baru ia sadari dan ia ketahui ketika Zhang Mei pergi meninggalkan dirinya dan pada saat itulah ia merasa bahwa luka lama akibat kehilangan ayahnya menyeruak kembali kepermukaan.

It must be so hard to lose someone that you love so much

Film ini pada dasarnya lebih menonjolkan konflik dalam diri si tokoh utama dalam film ini. Film ini bisa digolongkan dalam konflik yang ringan namun rumit. Film ini mengajarkan untuk bagaimana kita bisa memberikan toleransi lebih kepada orang lain dengan segala keunikannya.

Durasi film ini yang hampir mencapai 2 jam, tidak akan terasa ketika menonton film ini karena alurnya begitu ringan dan mudah untuk diikuti. Emosi para pemainnya yang tepat sehingga cukup menggambarkan suasana dalam film itu, walaupun ada beberapa yang terlihat datar biasa-biasa saja.

Rating

Aku sangat yakin memberikan film ini nilai yang cukup tinggi. Film ini mendapatkan nilai 8.5/10 dan film ini adalah salah satu film yang masuk kedalam daftar film favoritku.

Para Pemain

- Asa Butterfield sebagai Nathan Ellis
- Rafe Spall sebagai Martin Humphreys
- Sally Hawkins sebagai Julie Ellis
- Eddie Marsan sebagai Richard
- Jo Yang sebagai Zhang Mei
- Jake Davies sebagai Luke Shelton
- Alexa Davies sebagai Rebecca
- Martin McCann sebagai Michael Ellis
- Alex Lawther sebagai Isaac Cooper
- Edward Baker-Close sebagai Nathan Ellis

A Brilliant Young Mind - Official Trailer

Apakah direkomendasikan?

Pelajaran berharga yang sangat penting untuk diingat :

"ketika kamu ingin mengenal dunianya, maka mulailah untuk mendengarkan keluh kesahnya.
Kemudian kamu selami duniannya. Sehingga kamu mengetahui bagaimana cara dia berpikir dan memandang dunia melalui sisinya."

Aku sangat merekomendasikan kalian untuk menonton film yang satu ini. Kalian akan mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga tentang kehidupan dari film ini. Jadi untuk kalian yang belum pernah menoton film ini, janan lupa masukkan kedalam daftar list wajib tonton kalian ya.

Selamat menonton moeslemates...

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS