3163
  2017-02-23       www.thenlpcompany.com

Waspadai 5 Dampak Negatif Sebuah Kegagalan

Jika mengalami sebuah kegagalan, jangan terlalu bersedih. Segera bangkit dan ambil nilai positifnya agar kalian terhindar dari dampak negatifnya.

Deane Lene 253 views

Source: media.licdn.com

Setiap manusia di dunia ini pasti pernah mengalami sebuah kegagalan. Baik dalam penididikan, pekerjaan, percintaan, dan sebagainya. Seringkali kegagalan dianggap sebagai akhir dari segalanya. Semua yang telah diperjuangkan seperti sia-sia dan tidak lagi berharga. Harapan yang telah di pupuk sejak lama, kandas seketika.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kegagalan adalah suatu hal yang begitu menyakitkan. Namun tidak baik jika rasa penyesalan itu terus menerus ada didalam diri kalian dan melupakan kenyatan bahwa perjalanan hidup kalian masih panjang.

Moeslemates, jika kalian terus menerus beranggapan bahwa kegagalan adalah akhir dari segala-galanya, waspadalah! Ada dampak buruk yang secara tidak langsung akan menyerang kalian secara perlahan-lahan bahkan mungkin tidak kalian sadari. Dampak buruk ini tentunya merusak persepsi kalian tentang nilai diri kalian sendiri.

Berdasarkan hasil sejumlah penelitian terkait dalam bidang psikologi klinis dan sosial mengungkapkan ada lima dampak negatif yang sering kali tidak dirasakan secara langsung atau bahkan tidak sadar sama sekali. Lima dampak tersebut diantaranya:

1. Merendahkan diri sendiri

Memang benar, ketika mengalami suatu kegagalan, hal yang harus pertama kali disalahkan adalah diri sendiri karena ada banyak hal yang dirasa kurang maksimal dan sering kali hal ini terjadi secara berlebihan. Waspadalah jika hal ini terjadi secara berlebihan dan tidak segera dihentikan, akan sangat berbahaya sekali dampaknya.

Akan timbul suatu persepsi dimana diri kalian tidak mampu untuk menyelesaikan hal apapun yang telah kalian mulai. Persepsi ini akan terus berkembang saat kalian belum bisa berhenti menyalahkan diri sendiri dan akan semakin besar dan terus berkembang hingga pada akhirnya kalian tidak memiliki kepercayaan diri sama sekali.

Kehilangan kepercayaan diri tidak berasal dari hal-hal yang besar tetapi justru dari hal-hal yang sangat kecil dan sering kali dianggap sepele oleh kalian lah yang ternyata penyebab utama dari perasaan bersalah tersebut muncul hingga akhirnya menghilangkan kepercayaan diri kalian sendiri.

2. Memutus hubungan sosial

Ketika sedang bersedih, hampir sebagian besar orang di dunia ini sulit untuk berpikir secara rasional. Akan keluar sebuah ucapan atau keputusan yang di dasari oleh emosi yang bersifat negatif sehingga pada akhirnya akan timbul sebuah penyesalan baru yang akan semakin memperburuk keadaan.

Sering kali hal ini mengakibatkan putusnya sebuah hubungan sosial seseorang. Mereka yang sedang mengalami sebuah kegagalan beranggapan bahwa tidak ada orang lain selain dirinya yang bisa mengeluarkan dia dari keadaan yang tidak menyenangkan tersebut. Namun pada kenyataannya, orang lain yang datang menghampirinya untuk memberikan bantuan bukan untuk mengolok-olok dirinya dan kegagalan yang ia alami. Namun niat baik orang lain sering kali disalah artikan oleh orang-orang yang sedang dalam fase ini nih moeslemates karena mereka masih menganggap bahwa segala hal yang ada pada dirinya adalah sebuah kegagalan termasuk dunia sosialnya.

3. Mudah menyerah

Ketika kepercayaan diri sudah tidak ada, maka segala hal yang akan terjadi selanjutnya tidak akan diperjuangkan semaksimal mungkin. Mungkin ini adalah sebagian kecil dari sebuah trauma. Bahkan dalam kondisi terparahnya, orang tersebut tidak mau mencoba untuk kedua kalinya karena sejak awal mereka beranggapan bahwa apa yang dia lakukannya adalah sia-sia dan apa yang menjadi targetnya tidak akan mungkin tercapai.

4. Menyalahkan keadaan

Source: espion.org

Ada dua tipe kepribadian yang merespon suatu kegagalan. Ada yang menerimanya dan kemudian mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut, sedangkan kepribadian lainnya menentang kegagalan tersebut berasal dari dirinya dan lebih menyalahkan orang lain atau keadaan.

Kepribadian yang menentang sebuah kegagalan berasal dari dirinya dan lebih memilih untuk menyalahkan orang lain atau keadaan biasanya dimiliki oleh mereka yang sulit untuk menerima kritik dan saran dari orang lain. Mereka akan beranggapan bahwa dirinya selalu benar. Sisi baik dari mereka yang memilih jalan ini adalah secara tidak langsung mereka menolong dirinya sendiri agar tidak terjatuh dalam kesedihan. Namun sejujurnya orang-orang yang memilh jalan ini sebagai cara mereka menghadapi kegagalan adalah kesalahan besar. Sebab mereka tidak mempelajari hal baru dan kehidupannya akan terus menerus seperti itu hingga kapanpun.

5. Menyakiti diri sendiri

Kehilangan harga diri, kehilangan kepercayaan diri dan kehilangan kepercayaan akan masa depan yang lebih baik membuat seseorang semakin tenggelam dengan perasaan bersalah dan ketidak berdayaannya. Semakin seseorang merasa bahwa dirinya adalah penyebab utama dari semua kegagalan dan apabila hal tersebut terjadi secara tidak terkontrol maka akan berpeluang besar bagi seseorang untuk mulai menyakiti dirinya sendiri.

Tidak ada perasaan takut, ataupun perasaan lain untuk menghalagi niatnya menyakiti diri sendiri. Bahkan dalam kondisi terburuk pun tidak menutup kemungkinnan mereka mengakhiri hidupnya karena mereka menggap bahwa hidupnya tidak bernilai lagi.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS