3131
  2017-03-25       lagiberbagi.files.wordpress.com

Sejuta Khasiat Serai

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Apakah kamu tahu khasiat yang dikandung nya?

Tia Djamal 133 views

Assalamualaikum !

Source: populery.com

Ya, kali ini saya akan membahas tentang salah satu tumbuhan yang termasuk rumput-rumputan yaitu Serai. Ternyata serai banyak manfaat nya selain untuk menyedapkan masakan lho! Berikut kami rangkum untuk kamu.

Dikalangan para ibu yang sering ke dapur, mungkin tanaman ini bukan hal asing lagi. Tanaman yang lebih sering dipanggil 'sereh' ini menjadi barang penting untuk menyempurnakan masakan. Serai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.


Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat aneka manfaat dan khasiat batang Serai untuk kesehatan. Oleh karena itulah, banyak orang yang mengkonsumsi batang tanaman ini dalam bentuk wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu sebagai minyak atsiri. Beberapa manfaat dan khasiat batang serai yang mungkin belum Anda ketahui adalah sebagai berikut :

1. Anti Kanker
Manfaat dan khasiat batang serai yang pertama adalah sebagai anti kanker. Batang serai mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal. Uniknya lagi, senyawa citral akan membiarkan sel sehat tetap hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

2. Mengatasi Diabetes
Meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh serai dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia
Anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin. Batang serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang serai secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

4. Mengatasi Bakteri dan Jamur
Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri. Hampir semua jeis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk batang serai dan menggunakannya sebagai obat oles.

5. Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung
Teh yang terbuat dari campuran batang sereh dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, meminum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya. Selain batangnya dapat diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang juga dapat menghangatkan tubuh.

6. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh
Batang tanaman ini juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan membantu organ hati dan ginjal kembali bersih. Efek yang ditimbulkan jika Anda menggunakan batang tanaman ini sebagai media detoksifikasi adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan batang serai bersifat diuritik. Adapun air seni yang keluar merupakan air seni yang bercampur luruhan racun dalam tubuh.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat
Batang serai dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman serai akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga. sifat anti-aterosklerosis pada batang tanaman serai juga kan menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir.

8. Menguatkan Sistem Saraf
Batang serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh akan lebih mudah melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta mengolah informasi.

9. Mengobati Penyakit Kulit
Sifat anti jamur dan antiseptik pada batang serai mampu mengobati penyakit kulit secara tuntas. Caranya, ambil batang serai lalu gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi jamur. Mungkin akan sedikit terasa perih, namun cara ini akan membersihkan penyakit kulit secara total tanpa meninggalkan noda.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Saat diolah menjadi teh, batang serai akan menghasilkan potasium dalam jumlah besar. Potasium ini nantinya akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, yaitu proses penurunan tekanan darah dengan cara mengeluarkan natrium melalui urine.
Source: khasiat.co.id

Resep Wedang Sereh

Dengan cuaca yang sekarang cenderung dingin dan hujan, wedang sereh ini cocok banget buat nemenin kamu duduk santai sambil makan sepotong kue. hmm...

Bahan :

1 liter air bersih
5 batang sereh
100 gr jahe segar
200 gr gula batu

Cara Membuat Minuman Wedang Sereh Hangat :

1. Jahe dan batang sereh dicuci terlebih dahulu dengan air sampai benar-benar bersih, tiriskan
2. Kupas kulit jahe kemusdian dimemarkan dengan cara digeprek
3. Ambil semua batang sereh lalu memarkan juga sampai setengah hancur
4. Siapkan satu buah panci ukuran sedang untuk merebus bahan
5. Masukkan air kedalam panci yang sudah disiapkan lalu rebus sampai mendidih
6. Masukkan jahe dan batang sereh yang sudah dimemarkan kedalam panci yang berisi air mendidih, aduk-aduk
7. Tambahkan gula batu kedalam rebusan jahe dan sereh, aduk terus sampai gula batu menjadi larut dan tercampur rata
8. Matikan api lalu diamkan rebusan wedang sereh selama 5 menit supaya uapnya tidak terlalu panas
9. Siapkan satu buah gelas saji kemudian tuang wedang sereh kedalam gelas saji
10. Wedang sereh siap untuk dinikmati

(recipe by http://resepmembuat.com)

Sereh obat anti nyamuk?

Source: bp.blogspot.com

Betul! Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, Indonesia termasuk tempat yang paling banyak didiami nyamuk yang termasuk jenis pembawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah, chikungkunya. Nyamuk-nyamuk tersebut sulit dibasmi karena masing-masing punya siklus dan daya bertahan hidup yang berbeda. Ternyata sereh juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk lho sebagai pengganti obat anti nyamuk yang alami !

Cara menggunakannya :

Bisa kalian gunakan saat mengepel lantai, caranya :

1. Rebus air +/- 1 liter
2. Geprek sereh sampai mengeluarkan aroma (bisa juga di iris)
3. Lalu masukkan kedalam air, tunggu hingga mendidih
4. Saring, lalu siap digunnakan.

(recipe by personal experience)

Kamu bisa mengepel lantai kamarmu saat sore hari, sebelum tidur. Agar efektif, kamu juga bisa menggunakan potongan sereh lalu masukkan kedalam wadah terbuka kemudian letakkan di sudut ruangan. Dengan begitu, nyamuk akan enggan masuk ke dalam kamar mu.

Selamat mencoba!

Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS