3122
  2017-02-21       3.bp.blogspot.com

Waspadai 5 Ciri Seseorang Terobesesi Social Media

Sosial media saat ini sudah tidak bisa lagi lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, jangan sampai kamu terobsesi dengan social media ya! Yuk waspadai 5 ciri-cirinya :)

Deane Lene 157 views

Fakta menarik

Source: wersm.com

Sosial media saat ini sudah tidak bisa lagi lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan setiap harinya, berbagai perusahaan berlomba-lomba menciptakan sebuah aplikasi sosial media dengan segala fitur-fiturnya yang menarik.

Seiring perkembangan dunia sosial media, tentunya memiliki dampak secara langsung bagi para individu yang juga telah mengenal dan menggunakan gadget sebagai penunjang aktivitas sehari-harinya. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi sosial media yang digunakan dalam keseharian kita seperti misalnya BBM, path, line, whatsapp, snapchat, instagram dan lain sebagainya.

Semakin banyak seseorang memiliki aplikasi sosial media dalam gadgetnya, maka akan semakin sering orang tersebut akan melihat gadgetnya untuk mengecek satu persatu aplikasi tersebut. Ada beberapa aplikasi sosial media yang memperlihatkan jumlah pengikut, like dan sebagainya. Sebut saja salah satunya instagram.

Jika dilihat pada aplikasi instagram, terdapat kolom yang memberikan keterangan berapa banyak jumlah pengikut, berapa banyak like dalam suatu unggahan foto, berapa banyak komentar dalam satu unggahan foto dan sebagainya.

Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian memberikan suatu fakta yang mengejutkan bahwa seseorang yang mengunggah sesuatu hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya ke media sosial dengan itensitas yang cukup sering akan memiliki kecenderungan "social media popularity obsession". Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Biasanya orang-orang yang melakukan hal tersebut adalah orang orang yang kurang mendapat perhatian di kehidupan yang sebenarnnya. Kemudian pencarian identitas dan jati diri juga bisa menjadi hal yang melatar belakangi seseorang mengunggah segala hal yang terjadi dalam kehidupannya. Kemungkinan terakhir adalah karena ingin dinilai sama dengan teman-teman sepermainannya.

Ciri-ciri social media popularity obsession

Jika hal ini tidak disadari dengan cepat, maka akan menimbulkan bahaya yang serius loh. Berikut ciri-ciri seseorang yang terkena social media popularity obsession:

1. Pemburu Likes

Source: www.thieme.de

Ada perasaan senang dan bangga pada diri sendiri karena postingan kita mendapat banyak like dan coment. Secara tidak langsung mereka memperhatikan dan menganggap postingan kita bagus dan menarik. Jika memang benar begitu adanya, kalian tidak perlu khawatir.

Ada suatu kondisi yang memang harus diperhatikan dan perlu diwaspadai ketika kalian sudah memiliki kecenderungan untuk meminta perhatian tersebut dari teman-teman ataupun orang lain yang tidak kalian kenal dengan menggunakan berbagai cara. Contohnya seperti #likeforlike.

Siapa yang tiak mengenal hash tag yang satu ini? Hash tag yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan like dari orang lain baik yang dikenal maupun tidak. Ini adalah sebuah hubungan timbal baik yang tidak sehat. Mereka like semua positingan kita ketika kita like beberapa foto miliknya dan hubungan tersebut terjalin sesama orang yang menggunakan hash tag tersebut.

Semakin banyak orang lain like postingan kita, semakin senang diri kita karena mendapatkan perhatian lebih dari orang lain bahkan orang-orang yang tidak kita kenal. Hati-hati ya moeslemates.

2. Try to hard

Source: pbs.twimg.com

Saat kita memiliki sosok yang diidolakan di sebuah sosial media, tidak menutup kemungkinan kita akan mengikuti apa yang sedang mereka gunakan, apa yang sedang ia sukai dan sebagainya. Hingga kita lupa siapa diri kita yang sebenarnnya. Bahkan dalam kondisi terburuk, kita akan mengikuti segala hal yang ada pada idola kita. Termasuk bentuk tubuh, wajah dan sebagainya kita rela melakukan segala cara agar kita bisa semirip mungkin dengan sang idola.

3. Memaksakan diri

Ketika seseorang sudah memliliki seorang idola, secara tidak langsung orang tersebut akan mencoba untuk mengikuti apa yang idolanya gunakan, apa yang idolanya pakai dan apa yang idolanya miliki. Dia tidak akan mempermasalahkan seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan demi mendapatkan barang yang sama dengan idolanya. Bahkan obsesinya tidak masuk akal. Kondisi keuangan yang tidak mendukung, dia akan melakukan berbagai cara untuk tetap mendapatkan barang yang sama. Hati-hati ya moeslemates, obsesi ini bisa menimbulkan kebiasaan buruk dari seseorang seperti mencuri, berbohong dan sebagainya demi mendapatkan pengakuan sosial yang sama dengan sang idola.

4. Rajin minta follback

Seseorang yang dikatakan terkenal adalah mereka yang memiliki jumlah followers banyak. Bahkan ada yang rela membeli followers demi mendapatkan tampilan bahwa mereka terkenal. Mereka juga tidak malu dan segan untuk rajin minta follow back ke teman-teman nya secara ekstrim atau memkasa. Semua hal-hal tersebut mereka lakukan demi mendapatkan popularitas semata

5. Sosial media addiction

Ketika seseorang mengunggah suatu foto atau moment, hampir 70% mereka ingin melihat responnya. Seberapa banyak komentar dan likes yang didapatkan dari unggahan tersebut. Semakin sering mereka mengunggah semakin sering mereka mengecek gadgetnya untuk memastikan hal tersebut. Keinginan untuk populer berbanding lurus dengan sosial media addiction. Pada kasus tertentu, seseorang akan memiliki kemungkinan bahwa mereka lebih memilih gadgetnya dibandingkan kehidupan nyatanya.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS