3118
  2017-03-04       pixabay.com

Serba Serbi Halal Beauty

Yakin, produk kosmetik yang kamu gunakan benar-benar halal? Yuk ketahui serba serbi mengenai halal beauty di artikel berikut!

virly ka 74 views

Sebagai muslimah, tentu boleh kita berusaha tampil cantik dan merawat kulit. Justru itu bagus karena merawat diri merupakan wujud dari rasa syukur atas karunia-Nya. Lagipula, islam adalah agama yang mencintai keindahan.

Sebagian dari kita yang sangat aware terhadap kecantikan kulit tentu menggunakan berbagai produk skin care dalam usaha merawat diri itu tadi. Trial and error dalam menemukan skin care terbaik sudah menjadi kawan sehari-hari. Mencoba berbagai macam produk dari berbagai merek yang berasal dari berbagai negara sudah seperti kebiasaan.

Namun, apakah Moeslemates ingat bahwa tidak semua produk kecantikan berasal dari bahan yang halal ? Terutama produk yang berasal dari negara bukan muslim. Produsen yang mendistribusikan produk di negara yang mayoritas penduduknya non muslim seringkali abai terhadap kehalalan produk. Kita sebagai konsumen muslimah lah yang harus memfilter sendiri produk yang kita pakai.

Berikut bahan-bahan dalam produk kecantikan yang perlu kita waspadai.

Source: pixabay.com

Collagen

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya mencapai 30 % dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit yang memiliki daya tahan kuat terhadap tekanan.

Karena faktor umur, kolagen dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan keriput dan mengurangi kekenyalan kulit. Oleh karena itu sejumlah kosmetik memberikan kandungan kolagen untuk produk mereka. Karena kandungan kolagen ini dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit sehingga menangkal timbulnya keriput.

Nah, yang berbahaya adalah jika kolagen yang terkandung itu terbuat dari jaringan babi yang jelas haram.

Animal Oil

Source: pixabay.com

Atau kadang juga disamakan dengan animal fat, adalah senyawa yang disarikan dari bagian tubuh binatang muda. Oil untuk yang berbentuk cairan, fat untuk material yang padat. Animal oil ini sering ditemukan dalam berbagai kosmetik. Kalau tidak dari merek bersertifikat halal, bisa jadi animal oil yang digunakan berasal dari babi. Atau mungkin juga diperoleh dari hewan halal yang disembelih tanpa menyebut nama Allah SWT.

Placenta

Plasenta adalah suatu organ dalam kandungan pada masa kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan plasenta penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Fungsi plasenta adalah pertukaran produk-produk metabolisme dan produk gas antara peredaran darah ibu dan janin, serta produksi hormon


Lagi-lagi, karena berasal dari bagian tubuh binatang. Sebaiknya Moeslemates menghindari kosmetik berbahan plasenta. Bisa jadi itu plasenta yang didapat dari binatang haram, atau yang didapat dari binatang halal namun disembelih tanpa menyebut nama Allah. Lebih ngeri lagi kalau ternyata itu plasenta manusia !

Jika ragu, Tinggalkan !

Bukan hanya tiga jenis komposisi di atas yang perlu diwaspadai haram-halalnya. Ada lagi glycerin, AHA, carmine (pewarna), bahkan vitamin.

Oleh karena itu, Moeslemates hendaknya lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Pastikan produk yang digunakan memiliki cap halal atau vegan, ya ? Lebih baik berhati-hati daripada menyesal nantinya.

Prinsipnya adalah : jika ragu-ragu, tinggalkan !

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS