3117
  2017-02-17    

Serba Serbi Istinja Dalam Islam

Moeslemates sudah tahu istinja’ itu apa? Kalau belum tau yuk simak serba serbi dari Istinja dalam Islam berikut ini :)

virly ka 151 views

Istinja’, yang ditranslasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi cebok, adalah kegiatan membersihkan qubul atau dubur setelah berhadas. Membersihkan dari najis supaya tubuh tetap bersih karena agama islam menyukai kebersihan. Bahkan kebersihan adalah sebagian daripada iman.

Soal istinja’, pasti Moeslemates sudah mengerti karena sudah dipelajari sejak masih anak-anak. Namun untuk merefresh ingatan, tidak ada salahnya membaca lagi.

Hukum Istinja’

Istinja yaitu membasuh dubur dan qubul dari najis dengan menggunakan air yang thohir-muthohir (suci lagi mensucikan) atau batu yang suci, atau benda-benda lain, yang dilakukan setelah buang air. Hukumnya adalah wajib.

Yang paling utama adalah istinja’ menggunakan batu kemudian diikuti air. Namun sebagian ulama’ mengatakan air lah yang paling utama karena lebih mensucikan qubul dan dubur. Akan tetapi jumhur ulama sepakat istinja’ dapat dilakukan menggunakan air saja, atau tiga buah batu saja, atau bahkan kertas atau kain atau benda-benda lain yang suci kecuali makanan dan benda berharga.

Dalil Tentang Istinja’

“Janganlah kamu sholat dalam masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar taqwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih”. (QS At Taubah : 108)

Adab Istinja’

Source: pixabay.com

Pada dasarnya adab istinja’ tidak berbeda dengan adab buang air, yaitu :
• Tidak di air yang menggenang.
• Tidak di bawah pohon yang berbuah.
• Tidak di jalan.
• Tidak di tempat berteduh.
• Tidak berbicara.
• Tidak menghadap atau membelakangi matahari atau bulan.
• Tidak menghadap atau membelakangi kiblat.
• Tidak dengan tangan kanan.

Sariayu Feminie Hygine

Di zaman modern seperti sekarang tentu agak aneh menggunakan batu untuk beristinja’. Jika dalam perjalanan atau sedang kesulitan air, dapat juga menggunakan tisu basah. Gunakan tiga helai untuk memastikan kebersihan dubur dan qubul.

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS