3116
  2017-02-20       blog.cheetahmedialink.com

6 Tips Ampuh Menghadapi Lingkungan Kerja Baru

Rasa canggung berada di lingkungan baru akan sulit dihindari. Butuh tips lebih? Simak artikel berikut :)

santi lisnawati 38 views

Assalamualaikum, moeslemates!

Menjadi pendatang baru tentu akan membuatmu merasa like a perfect stranger. Banyak wajah baru yang belum kamu kenal bisa membuat sedikit nervous, terutama saat masuk ke tempat kerja baru. Tapi jangan panik, kamu cuma perlu lakukan tips ini agar bisa lebih berbaur dengan lingkungan baru. Stay tuned!

1. Pelajari situasi di tempat kerja baru

Source: www.cmich.edu

Pelajari semua hal yang berhubungan dengan tempat kerja baru. Mulai dari sejarah dan visi misi perusahaan, bagan organisasi perusahaan, serta materi publikasi seperti brosur, annual report atau artikel ulasan di media. Dengan begini, kamu tidak akan merasa terlalu asing dengan lingkungan kerja baru.

2. Jangan memaksakan diri masuk dalam kelompok baru

Waktunya makan siang tapi tidak ada yang mengajak makan bareng? Santai saja kalau belum ada karyawan lain yang mengizinkanmu berbaur dengan mereka. Sebaiknya kamu tanyakan saja rekomendasi tempat makan di sekitar kantor yang bisa kamu pilih. Be strong on the first day is must!

3. Bersikap ramah pada setiap orang

Bersikap ramahlah pada setiap orang di kantor baru. Tak hanya pada atasan dan sesama karyawan, tapi juga pada office boy bahkan satpam kantor. Dengan begini kamu akan lebih cepat dikenal dan diingat.

4. Usahakan ikut berbaur dengan obrolan menarik

Source: gymjunkies.com

Coba cari celah agar kamu bisa ikut ngobrol asik dengan karyawan lain. Jika mereka sedang membicarakan topik yang kamu paham betul, cobalah ikut memberikan tambahan menarik agar kamu bisa diterima dalam kelompok itu. Ketertarikan yang sama dalam obrolan akan lebih mudah mencairkan suasana yang canggung, Try it!

5. Bentuk brand image diri sendiri

Source: www.lucaspsg.ca

Tentukan karakter yang akan kamu bangun di tempat baru ini. Putuskan apakah kamu ingin dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan detail, atau orang yang ceria dan easy going. Ini adalah langkah awal untuk menjalin hubungan dengan karyawan lain yang merasa memiliki kesamaan dengan dirimu.

6. Tidak usah ambil pusing dengan omongan orang lain

Di minggu pertama masuk kantor baru, mungkin kamu akan jadi objek pembicaraan karyawan lain. Wajar lah, namanya juga anak baru. Untuk hal satu ini tidak usah diambil pusing ya, moeslemates. Lebih baik kamu fokus saja pada pekerjaan daripada sibuk memikirkan hal yang kurang penting :)

Itu tadi tips agar kamu bisa survive di tempat kerja baru. Mungkin di awal kamu akan merasa tidak nyaman dengan perubahan dari suasana kantor sebelumnya. Belum lagi jika tidak mendapatkan sambutan ramah dari lingkungan baru. Yang terpenting, jangan sampai mematahkan semangat kerjamu dan teruslah berusaha untuk berbaur dengan karyawan lainnya. Cheers! :)

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS