3105
  2017-02-23       fan-force.com

Review Film The Road Within 2014

Mereka berjuang demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik!

Deane Lene 201 views

Tentang film

Source: i.ytimg.com

The road within adalah sebuah film yang mengangkat dunia psikologis sebagai ide cerita utama. Film yang resmi rilis pada tahun 2014 ini disutradari oleh Gren Wells yang juga merangkap sebagai penulis sekenario. Film asal Negara Amerika ini awalnya hanya merupakan film festival saja hingga kemudian pada tahun 2015 diangkat menjadi film layar lebar.

Sinopsis

Setelah kematian sang ibu, Vincent dititipkan pada sebuah panti rehabilitasi khusus bagi orang-orang yang mengalami gangguan psikologis. Vincent yang terdiagnosis memiliki sindrom Tourette secara tidak langsung ia membahayakan posisi sang ayah yang sedang mencalonkan diri untuk menjadi seorang gubernur. Dengan kata lain Vincent disingkirkan oleh ayahnya sendiri karena perasaan malu.

Di pusat rehabilitasi, Vincent bertemu dengan seorang therapist yang akan membantunya meminimalisir sindrom tersebut muncul. Selama di tempat tersebut, Vincent diberikan sebuah kamar yang didalamnya terdapat seseorang dengan gangguan obsesif komlpusif terhadap kebersihan, Alex.

Alex menentang keras kedatangan Vincent dikamar tersebut dan membenci sang dokter karena menurutnya, dia lah yang mendatangkan kuman-kuman di kamarnya. Namun mau tidak mau Alex harus berbagi kamar dengan Vincent.

Dihari berikutnya, Vincent kedatangan seorang teman baru. Seorang perempuan bernama Marie. Marie yang sekilas tidak terlihat memiliki gangguan ternyata ia mengalami gangguan makan, anorexia. Tubuhnya yang hanya tingga kulit dan tulang, matanya yang cekung dan pipinya yang begitu tirus juga postur tubuhnya yang sedikit membungkuk.

Marie mengajak Vincent untuk berkeliling tempat tersebut hanya sekedar memberikan informasi bagian-bagian dari tempat tersebut saja. Setelah makan siang selesai, Vincent duduk dibawah pohon dan tidak lama Marie datang menghampiri dirinya. Suasana yang tenang seketika menjadi tegang ketika seorang anak diluar pagar yang sedang merekam Vincent dan Marie. Seketika Vincent menghampiri anak tersebut dengan sangat marah dan mengambil paksa handphone milik anak tersebut.

Akibat kejadian tersebut, Vincent dan Marie dipanggil oleh sang therapist untuk mempertanggungjawabkan peruatannya. Vincent yang diperkenankan untuk meninggalkan ruangan tersebut terlebih dahulu, meninggalkan Marie untuk berbicara dengan sang therapist karena permasalahan makan siangnya.

Setelah hal itu berlalu, Marie seketika masuk kedalam kamar Vincent dan langsung masuk kedalam kamar mandi saat Vincent sedang menggosok gigi. Marie merencanakan untuk melarikan diri menggunakan mobil sang therapist malam hari. Namun sayangnya rencana mereka gagal saat Alex mengetahui dan berniat untuk melaporkan perbuatan mereka. Mau tidak mau, Marie dan Vincent membawa Alex untuk ikut pergi secara paksa.

Sepanjang perjalanan, mereka mulai mengakrabkan diri satu sama lain dan mengenal satu sama lain dengan baik. Pada perjalanan itu pula mereka mengenali dan belajar untuk memperbaiki gangguannya masing-masing.

Review Film

Source: img.wowmovie.me

Jika dilihat dari sudut pandang psikologis, film ini hampir dikatakan bisa cukup menggambarkan tentang kondisi seseorang dengan gangguan psikologis. Namun sangat disayangkan bahwa dalam film ini tidak menjelaskan tentang gangguang psikologis itu sendiri secara mendetail atau setidaknya ada informasi khusus dari sang therapist. Walaupun ada beberapa bagian yang menjelaskan bahwa perilaku ketiga orang tersebut menggambarkan gangguannya, tetapi lagi-lagi tidak spesifik. Sayangnya peran therapis tersebut tidak banyak. Mungkin akan lebih memiliki dinamika yang cukup menyenangkan jika sang therapis memiliki cukup banyak peran.

Penjiwaan para pemerannya tidak terlalu kuat sehingga emosi yang ditampilkan terkesan biasa-biasa saja. Ada pula beberapa bagian yang tidak sesuai dengan keilmuan psikologis.Namun film ini sudah cukup menggambarkan hampir 80% dunia gangguan psikologis.

Jika ingin melihat permasalahan utama dalam film ini ada pada Vincent, sepertinya para penonton akan tertipu. Fokus permasalahan yang sebenarnnya adalah diri mereka sendiri. Mereka yang memiliki gangguan tersebut. Usaha mereka untuk melawan gangguannya itu harus diapresiasikan. Karena sediki usaha mereka untuk melawan, besar peluang mereka untuk sembuh.

Rating

Film ini sejujurnya bagus, namun aku hanya bisa memberikan rating 7.0/10 untuk film ini karena aku menganggap ada hal yang kurang dalam film ini. Mungkin yang berkaitan dengan emosi para pemainnya.

Para Pemain

- Robert Sheehan sebagai Vincent
- Dev Patel sebagai Alex
- Zoë Kravitz sebagai Marie
- Robert Patrick sebagai Robert
- Kyra Sedgwick sebagai Dr. Mia Rose

The Road Wihtin - Official Trailer

Nonton Online

Apakah direkomendasikan?

Film ini aku rekomendasikan untuk kalian tonton. Terlebih jika kalian memang suka dengan dunia psikologi. Film ini cocok untuk menambah wawasan kalian dan membuat kalian lebih mengerti juga lebih memberikan toleransi pada mereka yang mengalami gangguan psikologis.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS