3102
  2017-02-08       id.pinterest.com

Mau Kerja di Jepang ? Yuk Simak Informasinya!

Peluang kerja untuk warga negara Indonesia saat ini amatlah tinggi karena Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja asing.

Airin Karima Ahmad 4,046 views

Sebagai negara maju, masyarakat Jepang memiliki standar hidup yang lebih baik daripada masyarakat Indonesia. Namun, saat ini Jepang sedang memiliki masalahnya sendiri, yaitu kekurangan tenaga kerja usia produktif di masa depan. Maka dari itu sudah bisa kita lihat dari sekarang, banyak perusahaan-perusahaan Jepang merekrut tenaga kerja asing. Salah satu negara yang dinilai potensial sebagai pemasok tenaga kerja adalah Indonesia.

Bekerja di Jepang, negara dengan teknologi yang maju, dinamis, memiliki budaya pop culture yang sangat menarik, adalah impian yang dimiliki oleh banyak orang. Saat ini, dengan banyaknya lowongan kerja di Jepang untuk warga negara asing, impian bekerja di Jepang sangat mungkin kamu wujudkan! Mau tahu apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai kerja di Jepang? Yuk simak informasinya berikut ini!

Lowongan kerja untuk warga negara Indonesia di Jepang

• Pekerja Magang (KENSUSHEI) :

Lowongan kerja magang di Jepang yang tersedia jumlahnya yang relatif cukup besar. Lowongan pekerjaan ini tidak menuntut pendidikan yang terlalu tinggi atapun pengalaman kerja bertahun-tahun. Jenis pekerjaan yang dibutuhkan sebagian besar adalah untuk pekerja pabrik, operator mesin, otomotif, konveksi/garment, konstruksi, pertanian, serta peternakan. Birokrasi penyalurannya adalah melalui Dinas Tenaga Kerja yang bekerja sama dengan IM Japan ataupun dengan yayasan atau lembaga swasta. Satu kali kontrak kerja umumnya memiliki durasi selama 3 tahun.

Karena pemerintah Indonesia bertujuan mengirimkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menyelesaikan pelatihan dan keterampilan secara cemerlang selama 3 tahun di Jepang, maka akan dilakukan proses seleksi untuk menyaring calon pekerja magang terbaik.

- Administrasi : Pengecekan kelengkapan dokumen.
- Psikotes : Dilakukan tes tertulis mengenai kemampuan pengetahuan dasar, semangat mandiri, kelayakan untuk pelatihan, serta Tes Matematika Dasar.
- Pemeriksaan fisik dan Tes Fisik : Lari marathon jarak 3 km dalam waktu 15 menit, melakukan push-up lebih dari 35 kali, sit -up lebih dari 25 kali.
- Wawancara : dibobotkan pada tujuan ikut serta pelatihan, pengetahuan tentang Jepang, motivasi dan semangat terhadap pelatihan, rencana setelah kembali ke tanah air dan lain sebagainya

Didalam tahapan seleksi, akan diadakan pemeriksaan tes kesehatan yang harus dilewati oleh para calon pekerja magang. Apabila para calon peserta magang ternyata menderita penyakit tertentu sehingga tidak mampu melanjutkan pelatihan, maka akan dinyatakan gagal.

Agar nantinya para pekerja magang tidak mengalami kesulitan setelah tiba di Jepang, mereka diberikan pelatihan antara lain pelatihan bahasa jepang, pelatihan adat kebiasaan Jepang, pendidikan jasmani, disiplin, dan lain-lain selama 1 bulan di daerah dan 3 bulan di pusat pelatihan. Sesampainya di Jepang, para peserta magang akan mengikuti pelatihan kursus selama 4 minggu di Pusat Pelatihan IM JAPAN.

Calon peserta pemagangan ke Jepang dapat mendaftarkan diri di kantor dinas yang membidangi ketenagakerjaan tingkat provinsi/kabupaten/kota, dimana calon peserta berdomisili dan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk Pelaksanaan Program Pemagangan ke Jepang.


• Tenaga Perawat (KANGOSHI) dan Careworker (KAIGOFUKUSHISHI)

Penyaluran tenaga kerja ini diatur melalui kerjasama antara pemerintah (Goverment to Goverment), jadi birokrasi penyalurannya bersifat resmi. Untuk lowongan ini, syarat minimalnya adalah calon pekerja harus memiliki gelar D3 Keperawatan dan telah memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun.

Apa perbedaan antara tenaga perawat (nurse) dan careworker?

Perbedaannya antara lain di penempatannya. Tenaga perawat ditempatkan di rumah sakit, sedangkan careworker ditempatkan di panti lansia.

Untuk menjadi Junkanggo atau asisten perawat, orang Jepangnya sendiri harus menempuh pendidikan formal untuk asistan perawat selama 1 tahun. Kalau di Indonesia, mungkin setara dengan SPK (Sekolah Kejuruan Perawat). Tugasnya bagaimana? Secara garis besar, tugas seorang asisten perawat adalah melaksanakan tindakan keperawatan sesuai dengan perintah perawat yang telah memiliki lisensi tingkat nasional. Mereka tidak bisa semaunya memberikan asuhan keperawatan tanpa ijin atau perintah dari perawat.

Nah, lalu bagaimana dengan perawat Indonesia yang belum memiliki lisensi sebagai asisten perawat maupun lisensi perawat nasional? mereka belum bisa melakukan tindakan keperawatan seperti perawat Jepang. Tindakan yang bisa dilakukan antara lain adalah memberikan kebutuhan nutrisi pasien secara oral, mobilisasi, kebutuhan eliminasi urin dan fekal, merawat personal hygiene : menjaga kebersihan mulut dan gigi, badan, rambut, kuku dll, mencuci peralatan medis, dan lain sebagianya. Disini skill keperawatan belum terpakai. Setelah lulus ujian asisten perawat, baru bisa melakukan tindakan keperawatan, namun masih dibawah perintah perawat. Sedangkan jika telah lulus ujian perawat tingkat nasional, maka kedudukan, tugas, hak, serta tanggung jawabnya disetarakan dengan perawat Jepang pada umumnya dan bisa bekerja di Jepang sampai batas waktu yang tidak ditentukan, kecuali batas usia pensiun.
Jadi tugas Careworker bagaimana? Tugasnya antara lain adalah membantu dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi secara oral (secara langsung dari mulut) , memberikan obat oral atas anjuran perawat, dukungan personal hygiene : kebersihan gigi dan mulut atau pembersihan gigi palsu, kebersihan anggota badan lainnya seperti kebersihan kepala, rambut, kuku, mata dan telinga, kebutuhan eliminasi urin dan fekal, kebutuhan istirahat dan tidur, mempertahankan kesehatan lansia, mencegah penurunan kesehatan lansia, misal: ketika ada lansia yang lumpuh dan perlu perawatan serta bantuan pemenuhan kebutuhan secara total, Careworker mempunyai peran untuk bisa mencegah terjadinya dekubitus (Kerusakan/kematian kulit akibat adanya penekanan secara terus menerus). Pemenuhan rasa aman dan nyaman juga tak kalah pentingnya, banyak sekali lansia mengalami disorientasi, penurunan kemamapuan dalam mengingat atau Demensia, sehingga mereka akan mudah panik, cemas, dan gelisah. Careworker dituntut untuk memahami hal ini, dan harus memiliki seni dalam berkomunikasi dengan lansia yang mengalami gangguan Demensia. Careworker juga wajib melakukan dokumentasi, membuat perencanaan, dan Masih banyak lagi tugas careworker yang lainnya.

Walaupun proses dan tahapan yang harus dilalui para tenaga perawat dan careworker ini terdengar cukup sulit, perawat indonesia menempati peringkat 1 lho di Jepang!

Keunggulan Perawat Indonesia di Jepang telah mendapat pengakuan resmi. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyebutkan bahwa TKI Perawat di Jepang menduduki peringkat 1. Prestasi ini perlu mendapatkan perhatian lebih agar dapat dipertahankan. Pasalnya, Perawat Indonesia di Jepang lebih unggul daripada perawat Filipina dan perawat asal Jepang.

Source: il2.picdn.net

• LOWONGAN KERJA PROFESSIONAL

Untuk lowongan kerja professional di Jepang, dapat ditemui melalui agensi tenaga kerja atau website informasi lowongan kerja. Syaratnya untuk bekerja secara professional di Jepang cukup beragam, tergantung dengan posisi apa yang hendak dilamar. Namun secara garis besar, kemampuan berbahasa Jepang dan Inggris yang baik, serta university degree yang relevan dengan posisi pekerjaan, menjadi persyaratan utama.

Lowongan kerja sebagai instruktur bahasa asing adalah lowongan yang paling umum bisa ditemui untuk warga negara asing, disusul nomor dua yaitu IT engineer.

Recruitment company yang memberikan informasi mengenai lowongan kerja terkini di Jepang antara lain RGF Indonesia. Sedangkan kalau mau mencari informasi lowongan kerja sendiri, bisa melalui website gaijinpot atau linkedin. Sedikit catatan, apabila kamu hendak mencari kerja tanpa agensi, pastikan lowongan yang mau kamu lamar, terbuka untuk orang asing.

Apabila kamu dapat menggunakan bahasa Jepang, buatlah curriculum vitae atau working resume dalam bahasa Jepang (walaupun misalnya pekerjaan yang kamu lamar adalah instruktur/guru bahasa inggris).

Interview biasanya akan dilakukan secara online dengan menggunakan video call. Apabila kamu berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengurus visa kerja sesuai dengan kategori pekerjaan dan berapa lama kamu akan tinggal untuk bekerja di Jepang. Visa yang bisa kamu dapatkan untuk bekerja di Jepang adalah untuk profesi-profesi berikut ini:

- Diplomat / Official : Pekerja untuk kedutaan besar dan konsulat.
- Professor : Menjadi staff Research and education di Universitas atau institusi pendidikan.
- Instruktur : Menjadi instruktur bahasa asing atau pendidikan lainnya di institusi pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menegah pertama, sekolah menengah atas.
- Seniman : Pekerjaan seni yang dapat mendatangkan penghasilan (painter, sculptor, fotografer, penulis, komposer, penulis lagu, dan lain-lain)
- Keagamaan : Pekerja misionnaris
- Jurnalis : Menjadi jurnalis untuk perusahaan media internasional
- Legal / Accounting Services : Pengacara, akuntan publik yang telah memiliki sertifikat legal qualifications.
- Pelayanan Medis : Dokter, dokter gigi atau spesialisasi medis lainnya (harus memenuhi kualifikasi dari Jepang)
- Peneliti : Menjadi peneliti yang memiliki kontrak dengan organisasi publik atau swasta di Jepang.
- Pekerja di bisnis entertainment : Pekerja untuk pertunjukan teater, musik, olahraga atau bisnis entertainment lainnya.


Source: i.huffpost.com

• HIGHLY SKILLED PROFESSIONAL

Lowongan high skilled professional ini ditujukan untuk orang-orang dengan keahlian khusus yang telah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun. Lowongan ini diberikan untuk pekerja high skilled professional dengan kategori berikut ini:

- Advanced academic research activities
Aktivitas kerja yang dilakukan berkaitan dengan penelitian, bimbingan penelitian, ataupun pendidikan berdasarkan kontrak dengan organisasi publik atau swasta di Jepang.
- Advanced specialized/technical activities
Aktivitas kerja yang dilakukan membutuhkan ilmu atau keterampilan khusus di bidang natural sciences atau humanities berdasarkan kontrak dengan organisasi publik atau swasta di Jepang.
- Advanced business management activities
Aktivitas kerja yang dilakukan berkaitan dengan operasional manajemen dari organisasi umum atau swasta yang ada di Jepang.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pekerjaan High Skilled Professional antara lain:
- Memiliki pengalaman 3-10 tahun kerja
- Memiliki academic background mulai dari bachelor degree hingga doctoral degree

Lowongan pekerjaan High Skilled Professional mengincar para pekerja senior dibidang IT, technology engineers, peneliti, dan eksekutif bisnis.

Apakah ada pekerjaan umum seperti pembantu rumah tangga atau kasir swalayan?

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS